Selain Uang, Berikut 9 Contoh Reward untuk Karyawan Berprestasi – Perusahaan sering kali memberikan penghargaan atau reward kepada karyawan dalam bentuk uang. Seperti pemberian bonus atau kenaikan gaji.

Pemberian reward merupakan tanda bahwa Anda menghargai kinerja karyawan. Reward dapat mendorong karyawan agar bekerja lebih giat dan memberikan kontribusi yang lebih besar bagi perusahaan.

Baca Juga: 5 Contoh dan Cara Menghadapi Karyawan Nakal dan Sulit Diatur

Namun, reward tidak melulu harus berupa uang. Anda bisa menunjukkan apresiasi dengan berbagai cara. Ungkapkan rasa terima kasih melalui pujian dan pemberian hadiah seperti berikut ini.

9 Contoh Reward untuk Karyawan Selain Uang

1Liburan Gratis

Karyawan yang berhasil mencapai target, pasti sudah menghabiskan banyak waktu, tenaga, dan pikiran untuk melakukan pekerjaannya. Sebagai balas jasa, perusahaan bisa memberikan liburan gratis untuknya.

Memang biayanya agak mahal. Anda bisa memberikan ini setahun sekali pada karyawan terbaik. Sedangkan karyawan yang tak terpilih, pasti akan termotivasi untuk bekerja lebih baik di tahun berikutnya.

Baca Juga: 5 Cara Mempertahankan Karyawan Potensial Agar Bekerja Lebih Lama

2Menambah Jatah Cuti

gambar: n-va.be

Perusahaan tidak akan rugi jika memberikan cuti tambahan bagi karyawan yang berprestasi. Karyawan berhak mendapatkan perlakukan spesial atas kinerjanya yang sangat memuaskan dan menguntungkan perusahaan.

Dengan adanya jatah cuti tambahan, karyawan dapat menggunakannya untuk beristirahat atau jalan-jalan. Karyawan jadi bisa santai sejenak untuk melepas penat sebelum kembali bekerja.

Baca Juga: Lakukan 10 Hal Ini untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Karyawan

3Mengizinkan Karyawan Bekerja Remote

Bekerja secara remote dapat meningkatkan produktivitas pada sejumlah karyawan. Anda bisa mempertimbangkan hal ini saat memberikan reward pada karyawan yang memiliki prestasi.

Anda tak perlu ragu memberikan kebebasan pada karyawan untuk bekerja dari rumah dan tak perlu datang ke kantor. Karyawan pasti akan senang dan tetap bertanggung jawab jika diberikan keleluasaan selama beberapa hari.

Baca Juga: Karyawan Anda Malas Bekerja? Ini 7 Cara Menghadapinya

4Memberikan Tiket Suatu Event

Adakah acara bergengsi yang akan digelar dalam waktu dekat? Contohnya, event olahraga atau konser musisi luar negeri, pasti menjadi acara yang disukai dan ditunggu orang-orang.

Tiketnya pun pasti mahal dan jumlahnya terbatas. Sehingga karyawan pasti akan sangat senang jika mendapatkan hadiah tiket tersebut dari Anda.

Baca Juga: 5 Penyebab Karyawan Hilang Semangat Kerja di Kantor

5Mengadakan Kegiatan Outing Kantor

gambar: holidify.com

Anda bisa memberikan reward berupa kegiatan outing untuk tim atau divisi terbaik di kantor. Anda bisa menyewakan villa dan mengadakan sejumlah kegiatan yang menyenangkan saat outing berlangsung.

Outing bisa menjadi momen untuk rekreasi dan semakin mendekatkan hubungan antar karyawan. Kegiatan yang seru dan berkesan untuk dilakukan bersama-sama.

Baca Juga: 6 Cara yang Tepat Menghadapi Orang Introvert di Lingkungan Kerja

6Memberikan Piala dan Sertifikat

gambar: onehowto.com

Pemberian piala dan sertifikat adalah contoh reward untuk karyawan yang sederhana, tapi berkesan. Perusahaan bisa membuat sejumlah piala dan sertifikat untuk beragam kategori.

Misalnya, award untuk karyawan terbaik berdasarkan hasil kinerjanya, karyawan paling rajin berdasarkan absensi yang tidak pernah telat, dan karyawan favorit berdasarkan pilihan seluruh karyawan.

Baca Juga: 5 Risiko yang Dihadapi Pebisnis Sebelum Memperoleh Kesuksesan

7Traktir Makan di Restoran

Traktirlah seseorang atau beberapa karyawan terbaik Anda. Karyawan akan menyukai kesempatan untuk makan bersama Anda dan jajaran eksekutif perusahaan.

Karyawan merasa terhormat jika bisa punya waktu bersama menikmati hidangan di suatu restoran sambil membicarakan pekerjaan. Pasti ada kebanggaan tersendiri jika karyawan bisa sedekat ini dengan pemimpinnya.

Baca Juga: 6 Kendala Usaha yang Kerap Dialami Saat Ingin Memulai Bisnis

8Membelikan Barang Kesukaan Karyawan

Karyawan terbaik tentu layak mendapatkan perhatian spesial. Coba cari tahu barang yang disukai atau sedang diinginkan oleh karyawan terbaik Anda. Lalu, belikan barang tersebut sebagai hadiah atas prestasinya.

9Memberikan Voucher Belanja

gambar: edsbarandgrill.co.uk

Selain itu, voucher belanja senilai ratusan ribu rupiah bisa jadi lebih berharga daripada Anda memberikan uang yang nilainya sama. Karyawan pasti menghargai pemberian voucher tersebut, karena bisa dipakai untuk membeli barang kebutuhan.

Baca Juga: 5 Tips Agar Tidak Canggung Menghadapi Karyawan yang Lebih Tua


Nah, itulah contoh-contoh reward untuk karyawan selain uang. Sebagai pemimpin, Anda wajib memberikan apresiasi pada setiap karyawan. Terutama bagi karyawan yang berprestasi, hargailah pencapaian mereka dengan penghargaan yang layak sesuai kontribusinya bagi perusahaan.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Total Bunga
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.