Peran Penting Customer Service Dalam Bisnis Online – Pelayanan kepada pelanggan atau customer service mempunyai peran penting dalam kemajuan bisnis.

Customer service atau yang biasa disingkat CS, adalah bantuan dan saran yang diberikan oleh pihak penjual kepada pihak pembeli yang menggunakan produk atau layanannya.

Pada bisnis apapun termasuk bisnis online, CS punya fungsi penting dalam menjaga hubungan baik dengan konsumen.

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Online di Media Sosial

Peran CS perlu diperhatikan demi membangun kepuasan konsumen baru maupun pelanggan lama.

Apalagi dalam bisnis online, Anda tidak saling bertatap muka dengan konsumen. Komunikasi berjalan secara tidak langsung, baik itu melalui telepon, aplikasi chat, media sosial, email, dan sebagainya.

Tanpa pelayanan yang baik, konsumen bisa dipastikan akan pergi. Sebaliknya, jika peran customer service berjalan secara maksimal, maka Anda bisa merebut hati pelanggan.

Dengan menjaga kepuasan pelangan, bisnis Anda bisa tetap kompetitif di tengah persaingan bisnis online yang kian ketat.

Baca Juga: Mau Memiliki Pelanggan Setia Untuk Bisnis Anda? Baca Tips Berikut!

Untuk itu, demi meningkatkan profesionalitas dan kepercayaan pelanggan, berikut perhatikan peran penting seorang customer service dalam bisnis online. 

Peran Penting Customer Service Dalam Bisnis Online

1. Memberi Informasi

informasi

Seorang CS berperan dalam memberikan informasi tentang produk dan layanan kepada calon pembeli.

Mungkin banyak yang hanya bertanya namun akhirnya malah tidak jadi membeli, namun Anda tetap harus memberikan pelayanan yang baik. Anda harus memberikan kesan yang ramah terhadap setiap orang.

2. Memasarkan Produk

memasarkan produk - marketing - promosi

Seorang CS biasanya juga berperan dalam pemasaran. Selain memberikan informasi sejelas mungkin terkait produk atau jasa, Anda juga harus mampu menggunakan kata-kata promosi yang dapat menggugah pembeli.

3. Memproses Pengiriman

memproses pengiriman barang - packaging

Setelah pembeli melakukan transaksi pembayaran, seorang customer service harus segera memproses pemesanan. Dalam pembelian produk, proses pengemasan dan pengiriman harus segera dilakukan.

Namun, jika ada kendala dan pengiriman tertunda, maka Anda harus langsung memberitahukannya pada konsumen dengan memohon maaf dan pengertiannya.

4. Menerima Keluhan

keluhan pelanggan

Pelanggan yang merasa tidak puas tentu akan kecewa dan mengeluhkannya. Namun Anda jangan defensif terhadap keluhan pelanggan.

Sebaiknya, tetaplah ramah menghadapi setiap pengaduan. Sebab customer service juga berperan dalam menerima pengaduan keluhan dan juga membereskan masalahnya.

5. Mempertahankan Pelanggan

layanan pelanggan - customer care - support

Peran customer service tidak berhenti sampai pada pengiriman barang. Namun, Anda juga harus mampu menjalin hubungan baik dengan setiap pelanggan agar ia mau kembali menggunakan produk Anda di kemudian hari.

Caranya, misalnya dengan mengucapkan terima kasih, meminta kritik dan saran kepada pelanggan, dan menyakinkannya bahwa Anda akan terus meningkatkan pelayanan dan kualitas bisnis Anda.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Total Bunga
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan



 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.