6 Alasan Kenapa Harus Melakukan Desain Ulang Logo Perusahaan – Logo bisnis Anda tidak harus sama sepanjang waktu tanpa mengalami perubahan desain sama sekali.

Anda boleh saja mendesain ulang logo dari waktu ke waktu, tapi harus ada alasan kenapa Anda mau melakukannya. Sehingga Anda bisa memiliki logo baru yang lebih baik dalam merepresentasikan identitas brand Anda.

Baca Juga: 6 Cara Jitu Mempelajari Kompetitor untuk Memenangkan Persaingan Bisnis

Bagi Anda yang ingin mendesain ulang logo perusahaan, sebaiknya pertimbangkan beberapa alasan berikut ini supaya logo Anda bisa didesain ulang dengan tepat dan punya tujuan yang jelas di baliknya.


6 Alasan Pentingnya Desain Ulang Logo Perusahaan

1Menyesuaikan dengan Perkembangan Zaman

gambar: yahoo.com

Bagi perusahaan lama, desain yang dibuat pada puluhan tahun yang lalu, tentu akan terlihat kuno atau ketinggalan zaman pada saat ini. Untuk itu, Anda perlu membuat logo baru yang lebih modern.

Dengan tampilan yang baru, logo tak lagi terlihat usang. Ini adalah langkah sederhana untuk rebranding dan memberikan kesegaran pada merek perusahaan demi mengubah persepsi konsumen.

Contohnya, pada tahun 2013, Yahoo melakukan perubahan desain logo untuk pertama kali setelah 18 tahun berdiri. Tujuannya untuk merefleksikan Yahoo yang lebih modern di era internet yang semakin maju.

Baca Juga: 5 Keuntungan Jika Bisnis Anda Sudah “Go Online”

2Visi dan Misi Perusahaan Berubah

visi

Ketika bisnis Anda bertumbuh, biasanya akan ada nilai-nilai yang berubah. Sehingga visi dan misi perusahaan di awal berdiri mungkin sudah berbeda dengan yang sekarang ini.

Perubahan visi dan misi bisa terjadi karena berbagai faktor. Entah itu karena pergantian kepemimpinan atau dalam rangka menyesuaikan dengan perkembangan lingkungan perusahaan saat ini.

Jika visi dan misi telah berubah, sudah sepatutnya Anda mengubah logo yang dapat menggambarkan perubahan tersebut. Ini penting dilakukan untuk membentuk citra perusahaan yang baru.

Baca Juga: Pengusaha Online Harus Belajar 5 Hal Ini Agar Usaha Berkembang

3Bisnis Anda Telah Berkembang

logo website - logo facebook

Apakah perusahaan Anda sudah mengalami perkembangan yang bisa dibilang drastis? Perusahaan Anda sudah jauh berkembang dibandingkan pada awal Anda memulainya.

Misalnya, dulu Anda hanya menawarkan satu jenis produk. Tapi sekarang, Anda sudah memiliki beragam produk dan membuka beberapa kantor cabang.

Jika bisnis Anda telah berkembang dan berubah, Anda boleh mempertimbangkan untuk melakukan desain ulang logo perusahaan. Coba buat logo yang lebih efektif dalam merepresentasikan identitas bisnis Anda saat ini.

Baca Juga: 10 Peluang Bisnis yang Tak Ada Matinya dan Selalu Menjanjikan

4Perusahaan Melakukan Merger

desain ulang logo perusahaan
gambar: SBI

Jika perusahaan Anda melakukan merger atau penggabungan dua perusahaan menjadi satu, identitas perusahaan perlu diubah agar selaras dengan penggabungan tersebut.

Maka dari itu, perusahaan perlu melakukan rebranding untuk memberikan pembaharuan di benak konsumen, investor, dan juga kompetitor. Salah satu proses rebranding bisa dengan mengganti logo.

Dengan logo terbaru, perusahaan dapat memposisikan diri dengan citra yang baru yang melambangkan sinergi dua perusahaan yang dimerger. Ini juga bisa sebagai bentuk awal yang baru untuk perusahaan Anda.

Baca Juga: Bisnis Sedang Lesu? Atasi dengan 4 Tips Ini!

5Ingin Menjangkau Pasar yang Baru

cara menentukan target market untuk bisnis baru
thebalance.com

Bisnis Anda memang sudah memiliki pelanggan atau klien yang tetap. Namun, jika Anda ingin menargetkan pasar yang baru, Anda perlu membuat strategi branding untuk hal itu.

Salah satunya bisa dengan re-design logo untuk meningkatkan pencitraan merek. Logo baru yang dapat menghubungkan Anda dengan target market yang baru, tapi tetap mempertahankan basis pelanggan/klien Anda.

Namun, pastikan Anda menggunakan jasa desainer profesional. Sehingga desain benar-benar dibuat dengan pertimbangan seni dan juga keperluan promosi.

Baca Juga: Lakukan 6 Hal Ini Saat Negosiasi Harga dengan Pelanggan

6Logo Mirip dengan Perusahaan Lain

gambar: akurat.co

Logo adalah simbol pengenal perusahaan. Jika logo perusahaan Anda mirip dengan logo perusahaan lain, ini bisa membingungkan masyarakat yang melihatnya.

Jika itu terjadi, Anda sebaiknya mendesain ulang logonya. Sebab Anda pasti tidak mau dikait-kaitkan dengan perusahaan lain hanya karena kemiripan logo.

Lalu, saat mengubah logo, pastikan desainnya unik agar tidak lagi mirip dengan logo mana pun. Sebab keunikan logo akan memudahkan orang mengenalnya, hanya dengan sekali melihat.

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Resolusi Bisnis Anda Sering Gagal


Nah, itulah sejumlah alasan penting kenapa Anda harus melakukan desain ulang logo perusahaan. Jadi, sebelum Anda mendesain logo yang baru, pastikan Anda punya tujuan yang jelas untuk merepresentasikan identitas bisnis Anda.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.