5 Tips Membuat Email Newsletter yang Profesional untuk Pelanggan Anda – Email newsletter berisi informasi singkat mengenai bisnis Anda yang dikirimkan pada pelanggan secara rutin. Newsletter yang menjadi alat komunikasi elektronik untuk menyebarluaskan informasi seputar kepada pelanggan, sudah umum diterapkan oleh perusahaan.

Biasanya email newsletter berisi sejumlah informasi mengenai perusahaan, produk, promosi, penawaran spesial, survei pelanggan, artikel terbaru, dan hal-hal lain yang bermanfaat bagi pelanggan. Dengan adanya newsletter, pelanggan tidak akan ketinggalan informasi terbaru seputar bisnis Anda.

Baca Juga: 5 Tips Menjaga Loyalitas Pelanggan Anda

Namun, tentu saja Anda perlu strategi agar pelanggan Anda tertarik untuk subscribe atau berlangganan dan menerima email Anda secara berkala. Anda harus membuat email newsletter yang terlihat profesional agar informasi bisa tersampaikan pada pelanggan secara efektif. Berikut 5 tips yang bisa diterapkan.

5 Tips Membuat Email Newsletter yang Profesional untuk Pelanggan

1Newsletter Harus Terkonsep

Email newsletter umumnya akan dikirim setiap minggu atau bulan secara berkala. Dengan jarak waktu per minggu atau per bulan, Anda punya waktu yang cukup untuk membuat dan menyusun isi newsletter dengan baik. Pastikan semua newsletter terkonsep dengan baik. Mulai dari topik yang relevan dengan kebutuhan pelanggan, informasinya singkat dan jelas, hingga jadwal pengiriman newsletter.

Baca Juga: 5 Kesalahan yang Melanggar Etika Berbisnis Dengan Melakukan Spamming

2Jangan Kirim Terlalu Sering

Kotak masuk email milik pelanggan Anda pasti penuh dengan email dari berbagai alamat. Ini berpotensi membuat newsletter Anda terabaikan atau tidak dibaca oleh mereka yang terlalu sibuk untuk memeriksa satu per satu email yang masuk. Sehingga lebih baik Anda mengirim newsletter secara berkala, namun tidak terlalu sering seperti setiap hari atau seminggu tiga kali. Lebih baik fokus pada konten, agar pelanggan selalu menanti dan tertarik untuk membaca newsletter Anda. Maka dari itu, Anda harus membuat newsletter yang tersusun dengan baik agar mereka mau memperhatikan isinya sampai habis saat email Anda diklik.

Baca Juga: 4 Tips Agar Artikel Anda Mendapatkan Banyak Share

3Perhatikan Kualitas Konten

Jika pelanggan Anda puas dengan newsletter yang sudah dibacanya, kemungkinan besar mereka akan tertarik untuk membaca newsletter berikutnya. Dengan konten yang berkualitas, newsletter Anda dianggap bernilai untuk selalu dinantikan dan dibaca. Sehingga otomatis isi email Anda bisa tersampaikan dengan baik. Untuk itu, perhatikan keseluruhan konten dalam newsletter. Baik itu tulisan maupun desain visual juga harus bagus. Pastikan tidak ada salah penulisan dan gambar dalam newsletter didesain dengan menarik.

Baca Juga: 9 Etika Berkomunikasi Dalam Menulis Email Bisnis

4Judul yang Menarik

gambar: pebbledesign.com

Trik agar email Anda mau langsung diklik oleh pelanggan adalah dengan membuat judul yang menarik. Seperti Anda ketahui, kotak masuk email pelanggan Anda pasti berisi banyak email penting. Untuk itu, Anda harus pandai merangkai judul pada subjek email yang membuat penasaran dan berkesan personal. Sehingga email seolah ditujukan pada pelanggan perorangan, padahal dikirim secara massal ke semua pelanggan. Namun, hindari pembuatan judul yang berlebihan dan tidak sesuai konteks.

Baca Juga: Hindari Promosi di Media Sosial dengan 7 Cara Ini

5Permudah Unsubscribe

gambar: aolcdn.com

Pelanggan Anda berhak untuk melakukan unsubscribe jika mereka merasa tidak lagi tertarik untuk menerima email newsletter dari Anda. Untuk itu, Anda pastikan ada button unsubscribe yang bisa diklik di sisi bawah newsletter. Jika mereka melakukan unsubscibe, Anda bisa menjadikannya sebagai bahan evaluasi sehingga ke depannya dapat membuat newsletter yang lebih efektif lagi.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (APR - %)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Total Bunga
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks


TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here