4 Keuntungan Melakukan Kerja Sama Endorsement di Media Sosial – Bisnis online melalui media sosial tengah ramai digeluti oleh orang pribadi maupun perusahaan. Media sosial memang menjanjikan peluang bisnis yang besar karena sudah banyak orang yang aktif menggunakannya setiap hari.

Hal ini kemudian dimanfaatkan oleh banyak orang yang memiliki ribuan hingga jutaan follower atau pengikut di media sosial. Mereka menawarkan jasa endorsement, di mana Anda akan memberikan produk Anda secara gratis atau membayar sejumlah uang, kemudian mereka akan mempromosikan produk Anda di akun media sosialnya.

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Online di Media Sosial

Endorsement adalah salah satu strategi marketing atau pemasaran yang tengah menjadi tren.¬†Strategi ini dinilai efektif karena banyak orang yang suka memperhatikan postingan selebriti di media sosial. Seperti di Instagram, setiap postingan para selebriti selalu ramai dengan “like” dan komentar. Ini menjadi peluang bagus untuk melakukan endorsement.

Lalu apa saja keuntungan dalam melakukan kerja sama endorsement dengan para influencer atau selebriti di media sosial? Bagi Anda yang ingin menerapkan strategi endorsement, berikut 5 dampak kerja sama endorsement di media sosial bagi bisnis Anda.

Baca Juga: Tingkatkan Penjualan, Ikuti 5 Tips Menarik Minat Pembeli Online

5 Dampak Kerja Sama Endorsement Bagi Bisnis Online Anda

1Produk Anda Cepat Dikenal

 

Setiap influencer atau selebriti di media sosial umumnya sudah mempunyai basis penggemar. Mereka selalu ingin tahu apa saja yang diunggah oleh idolanya di akun media sosial. Termasuk postingan endorsement juga akan diperhatikan dan tidak akan diabaikan begitu saja. Produk Anda jadi cepat dikenal.

Baca Juga: 9 Tips Meningkatkan Engagement Audiens di Instagram

Anda hanya perlu memastikan jika nama akun Anda dicantumkan pada postingan dan tulisan pada caption atau keterangan sudah sesuai permintaan Anda. Sehingga saat pengikutnya melihat postingan produk Anda, mereka bisa menelusuri lebih lanjut tentang bisnis Anda.

2Meningkatkan Penjualan

Banyak orang suka mengikuti apa yang digunakan oleh para influencer atau selebriti idolanya. Makanya strategi endorsement bisa membuat mereka tertarik untuk membeli produk Anda.

Baca Juga: Tingkatkan Eksposur, Ini 4 Strategi Media Sosial yang Harus Diketahui Pengusaha

Ketika sang idola mengunggah produk Anda di media sosial, mereka pasti akan menuliskan kata-kata positif tentang produk Anda. Hal tersebut dapat membuat para penggemarnya tertarik. Tentunya, mereka tidak akan repot-repot mencari produk tersebut ke tempat lain, namun akan membelinya dari Anda. Dengan begitu, penjualan Anda pasti meningkat.

3Menambah Follower

Selebriti yang sudah memposting foto atau video endorsement di akun media sosialnya, pasti akan men-tag akun media sosial Anda. Sudah pasti ada sebagian follower-nya yang tertarik mencari tahu profil akun Anda, bahkan kemudian menekan tombol follow pada akun Anda.

Baca Juga: 3 Cara Meningkatkan Follower Instagram Bisnis yang Efektif

Maka dari itu, Anda harus mengelola postingan media sosial Anda semenarik mungkin, agar mereka tertarik untuk mengikuti Anda. Maksimalkan konten media sosial Anda untuk menarik perhatian pengguna sebanyak-banyaknya, karena follower media sosial bisa menjadi pelanggan setia Anda.

4Mempengaruhi Kredibilitas

Ketika influencer atau selebriti melakukan endorsement, dia akan merekomendasikan bisnis Anda kepada para penggemar atau pengikutnya. Hal ini akan mempengaruhi kredibilitas bisnis Anda, karena ternyata idolanya mau bekerja sama dengan Anda dan juga menggunakan produk Anda.

Baca Juga: Hindari 6 Hal Ini Saat Bekerja Sama dengan Influencer

Namun, Anda harus cermat saat menjalin kerja sama agar strategi pemasaran endorsement bisa tepat sasaran. Untuk itu, jangan asal memilih influencer. Pelajari dulu latar belakang mereka dan siapa saja mayoritas basis pengikutnya. Anda harus memilih influencer yang dapat merepresentasikan bisnis Anda dan memiliki pengikut yang sesuai dengan segmen Anda.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.