5 Kiat Sukses Memulai Bisnis untuk Entrepreneur Pemula – Bagi Anda ingin terjun ke dunia bisnis, Anda pasti menghadapi kebingungan saat mau membuka usaha apa.

Belum lagi rasa khawatir akan kerugian dan kegagalan membuat Anda menjadi stres. Padahal, Anda sama sekali belum mencobanya.

Baca Juga: 3 Hal yang Jangan Diucapkan Jika Anda Ingin Berbisnis

Memang tidak boleh menggampangkan sesuatu. Tapi jangan membiarkan ketakutan menghalangi langkah Anda untuk berbisnis.

Nah, berikut beberapa hal penting yang bisa menjadi panduan Anda entrepreneur pemula supaya sukses menjalankan usaha.

Baca Juga: 7 Cara Menghilangkan Rasa Takut Gagal dalam Memulai Usaha


5 Tips Berbisnis untuk Entrepreneur Pemula

1Berani Memulai

Tak perlu berpikir terlalu muluk karena akan membuat Anda semakin khawatir sebelum mencoba. Keyakinan tidak akan terbentuk jika Anda cuma berdiam diri saja.

Yang penting, jika Anda sudah punya perencanaan awal, segeralah memulai bisnis Anda. Seiring berjalannya waktu, Anda juga akan lebih paham cara berbisnis dan terbiasa menghadapi setiap tantangannya.

Maka dari itu, beranikan diri Anda untuk memulai. Jangan biarkan ketakutan membuat Anda menunda bisnis yang sudah Anda rencanakan.

Baca Juga: 8 Tanda Anda Punya Mental yang Lemah dan Tak Siap Berbisnis

2Berbisnis Sesuai Passion

Bagi entrepreneur pemula, sebaiknya tekuni bisnis yang sesuai dengan passion Anda. Jika Anda menyukai bisnis yang Anda pilih, maka Anda tidak akan cepat bosan saat menjalankannya.

Maka dari itu, janganlah asal berbisnis. Pilih bisnis yang paling Anda minati agar Anda dapat menikmati proses berbisnis seolah tidak ada beban dan lebih mencintai setiap hal yang Anda kerjakan.

Baca Juga: 5 Risiko Bisnis Online yang Harus Diwaspadai dan Dihindari

3Produknya Berguna

Meski Anda ingin berbisnis sesuai passion, pastikan bisnis tersebut juga memiliki prospek yang baik dan menghadirkan kualitas untuk konsumen.

Anda harus yakin apakah produk Anda berguna. Jika berguna, berarti ada peluang untuk dikembangkan karena akan terus dicari oleh orang-orang yang membutuhkannya.

Maka dari itu, juallah produk yang memiliki nilai guna di mata konsumen. Sebab jika bisnis Anda menguntungkan orang lain, bisnis Anda pun mendapatkan keuntungan dari situ.

Baca Juga: Waspada, 4 Jebakan dalam Berbisnis yang Bisa Membuat Anda Gagal

4Amati, Tiru, Modifikasi

Jika Anda masih bingung mau menjual produk apa, cobalah metode amati, tiru dan modifikasi (ATM). Strategi bisnis ini boleh digunakan karena Anda tidak meniru 100 persen produk orang lain.

Anda hanya mengamati suatu produk di pasaran yang ingin Anda tiru. Lalu lakukan modifikasi untuk menciptakan sedikit keunikan yang membedakan produk Anda dengan produk orang lain.

Contohnya, Samsung Galaxy Tab yang mengekor kesuksesan iPad dengan membuat diferensiasi dan nilai tambah yang berbeda. Sehingga Samsung pun bisa diterima pasaran dan tak kalah dengan iPad.

Baca Juga: 4 Tips Jitu Melakukan Pendekatan dengan Konsumen

5Perhatikan Layanan Pelanggan

Sebagus apapun produk Anda, bisnis Anda akan sulit maju jika Anda tidak meningkatkan pelayanan sehingga mengecewakan pelanggan

Ingat, kepuasan pelanggan itu harus jadi prioritas. Mereka adalah raja yang harus dilayani dengan baik.

Apalagi untuk bisnis yang baru mulai, Anda belum mendapatkan kepercayaan dari masyarakat luas. Sehingga Anda harus berusaha keras meyakinkan mereka untuk mencoba produk Anda.

Maka dari itu, selalu perhatikan kualitas pelayanan agar Anda bisa mencuri hati pelanggan baru dan meyakinkan mereka untuk terus menggunakan produk Anda.

Baca Juga: 8 Tips Menjalankan Bisnis Sampingan dan Mendapat Penghasilan Tambahan


Nah, itulah beberapa tips berbisnis yang perlu diperhatikan oleh entrepreneur pemula. Semoga dapat menjadi panduan untuk Anda dalam memulai bisnis pertama Anda.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.