Gaji Pas-pasan? Cobalah 6 Usaha Sampingan Ini untuk Tambah Penghasilan – Kerja seharian dari hari Senin-Jumat menjadi rutinitas pekerja kantoran.

Anda mungkin menjalani karier yang Anda impikan atau malah kurang sesuai dengan harapan. Namun pastinya Anda harus bertanggung jawab dengan pekerjaan yang Anda pilih.

Baca Juga: Tips Agar Anda Siap Merintis Usaha dari Bawah

Masalahnya, jika Anda sudah bekerja keras tapi penghasilan Anda pas-pasan, Anda pasti akan kepikiran. Cari pekerjaan baru dengan gaji yang lebih besar tentu tidak mudah.

Daripada cuma mengandalkan gaji bulanan dari kantor, akan lebih baik jika Anda mulai mencari cara agar Anda punya sumber pendapatan tambahan. Seperti dengan menjalankan usaha sampingan sambil bekerja.

Baca Juga: 5 Tips Sukses Menjalankan Usaha Sampingan Bagi Karyawan

Nah, berikut ini beberapa peluang usaha sampingan yang bisa Anda coba.


Gaji Pas-pasan? Coba Buka 6 Usaha Sampingan Ini

1Buka Online Shop

gambar: herugan.com

Membuka online shop atau toko online bisa jadi pilihan, karena menjalankan bisnis online terbilang cukup fleksibel dan tidak akan mengganggu konsentrasi Anda di kantor.

Anda bisa mengurusnya di waktu luang, seperti pada saat jam makan siang untuk membalas chat dan mengecek pembayaran dari customer. Lalu setelah pulang bekerja dan tiba di rumah, Anda bisa mengemas pesanan dan mengirimkannya.

Baca Juga: 5 Cara Menambah Follower Instagram Tapa Menambah Following

2Ikut Bisnis MLM

gambar: affiliatemarketertraining.com

Bisnis MLM atau Multi Level Marketing masih menjanjikan hingga sekarang. Meskipun sejumlah orang memandang negatif bisnis ini karena cukup banyak perusahaan MLM yang melakukan penipuan.

Untuk itu, bagi Anda yang ingin bergabung dengan bisnis ini, selektiflah dalam memilih. Ikutlah MLM yang sudah kredibel selama bertahun-tahun dan punya nama baik di masyarakat.

Baca Juga: 5 Bisnis yang Cocok untuk Generasi Milenial

3Jadi Broker Properti

Gunakan waktu luang Anda untuk menjadi makelar atau broker properti. Anda bisa bergabung dengan agen properti di kota Anda untuk membantu memasarkan rumah, apartemen, dan tanah.

Jika ada properti yang terjual melalui Anda, Anda akan mendapatkan komisi yang lumayan. Di mana semakin mahal nilai propertinya, semakin besar pula komisinya, bahkan bisa melebihi jumlah gaji pas-pasan Anda.

Baca Juga: 5 Cara Menganalisis Potensi Pasar

4Jadi Agen Asuransi

Jika menjadi agen asuransi, Anda akan bertugas untuk mencari orang yang mau membeli produk asuransi. Imbalannya akan berupa bonus dan komisi dari perusahaan asuransi Anda sebesar 5-30 persen per polis.

Tugas Anda hanya perlu rajin menjual agar mendapatkan banyak nasabah. Untuk itu, Anda harus pandai berkomunikasi untuk meyakinkan orang-orang agar mau masuk asuransi Anda.

Baca Juga: 7 Hal Sepele yang Bisa Rugikan Bisnis Online Anda

5Cari Uang Lewat Blog

Bagi Anda yang hobi dan berbakat menulis, buatlah sebuah blog. Aktiflah menulis dengan tema atau topik bahasan tertentu yang dapat mengundang banyak pembaca.

Jika pengunjung blog Anda ramai, Anda bisa memonetisasi blog Anda dan mendapatkan uang. Bahkan jika konten Anda bagus, Anda bisa jadi seorang blogger atau influencer terkenal dan mendapatkan banyak kontrak kerja sama bisnis dari berbagai perusahaan.

Baca Juga: 12 Hobi yang Menghasilkan Uang dan Cocok untuk Anak Muda

6Jual Jasa Sesuai Keahlian

Anda bisa mendapatkan uang dengan memanfaatkan keahlian Anda. Misalnya, dengan menjual jasa desain grafis, jasa fotografi, jasa pembuatan website, jasa mengajar bahasa inggris, dan sebagainya.

Semakin hebat kemampuan dan hasil kerja Anda, orang-orang bahkan ada yang rela untuk membayar mahal. Anda hanya perlu percaya diri dan pandai mempromosikan diri sendiri agar orang-orang tertarik menggunakan jasa Anda.

Baca Juga: 5 Usaha yang Cocok untuk Anda yang Cari Kerja Sampingan Sabtu-Minggu


Nah, itulah beberapa ide usaha sampingan untuk Anda yang mau cari uang tambahan. Semoga dapat menginspirasi Anda untuk segera mencobanya. Sehingga Anda tak perlu lagi khawatir dengan gaji pas-pasan dari kantor.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.