5 Hal yang Jangan Dilakukan Jika Nanti Anda Sudah Sukses – Ada banyak orang yang lupa diri setelah sukses. Kesuksesan membuat diri mereka tidak lagi bersahabat.

Sikap dan perilaku mereka malah membuat orang lain terganggu. Mereka merasa dirinya yang terbaik, karena bisnisnya maju dan hidupnya bergelimang harta.

Baca Juga: 5 Hal yang Tidak Boleh Anda Lakukan Saat Memulai Bisnis

Memang ada banyak contoh orang kaya baru atau OKB yang seperti itu. Mungkin kelihatannya mereka bahagia. Namun, dalamnya hati siapa yang tahu?

Lantas, bagaimana dengan Anda? Sebaiknya Anda tidak seperti mereka. Setidaknya, lima hal berikut ini jangan sampai Anda lakukan ketika Anda telah sukses dan kaya.

Baca Juga: Ingin Sukses? Jadilah Orang yang Lebih Baik dari Hari Kemarin!


5 Hal yang Jangan Dilakukan Saat Anda Sukses

1Sombong

gambar: pravsinfotech.com

Ketika Anda berada di atas, jangan merasa sombong. Roda kehidupan itu berputar. Anda bisa saja kembali berada di titik terendah.

Tidak ada yang bisa memastikan 100 persen tentang apa yang terjadi esok. Jika saat ini bisnis Anda sukses, maka mungkin saja tahun depan bisnis Anda seret.

Maka dari itu, janganlah sombong atas kesuksesan Anda. Jangan merasa Anda yang terhebat dan menganggap remeh orang lain.

Namun, tetaplah rendah hati kepada siapapun. Bahkan saat Anda bertemu dengan orang yang Anda tidak suka, tetaplah bersikap biasa-biasa saja agar Anda tidak memiliki banyak musuh.

Baca Juga: Orang-orang Penting yang Harus Didekati Agar Hidup Anda Sukses

2Menyia-nyiakan Keluarga

Banyak berita tentang masalah keluarga dan rumah tangga public figure maupun pengusaha terkenal di media massa. Karier dan bisnis mereka sukses, tapi kondisi keluarganya berantakan.

Salah satu penyebabnya adalah karena mereka menyia-nyiakan keluarganya. Mereka tidak lagi memperhatikan kesejahteraan dan keharmonisan keluarga sendiri, karena tenggelam dalam kesibukan di luar rumah.

Maka dari itu, perhatikan dan sayangi keluarga Anda. Sediakanlah waktu berkualitas dengan orang-orang terdekat dalam hidup Anda.

Baca Juga: 7 Alasan Anda Tak Perlu Ragu Meneruskan Bisnis Keluarga

3Berfoya-foya

Bisnis Anda berhasil dan penghasilan Anda berlimpah. Anda menjadi seorang jutawan bahkan miliarder dengan banyak tabungan dan deposito di bank.

Pastinya, Anda bisa menggunakan kekayaan Anda untuk apa saja. Namun, ada satu hal yang jangan dilakukan, yakni berfoya-foya dan menghamburkan uang.

Hindarilah pengeluaran yang berlebihan untuk membelanjakan keinginan yang tidak berguna. Anda harus tetap bijaksana dalam memakai uang Anda sehari-hari.

Baca Juga: 4 Alasan Pentingnya Manajemen Keuangan untuk Bisnis Anda

4Pelit Beramal

gambar: sathora.or.id

Apakah artinya hidup jika Anda hanya fokus dengan diri sendiri? Lihatlah dunia luar. Masih banyak orang yang membutuhkan uluran tangan Anda.

Sebagai manusia yang memiliki empati dan diberkahi rezeki, sudah sepatutnya Anda bergerak menolong sesama. Sisihkanlah sebagian uang Anda untuk membantu mereka yang berkekurangan.

Jangan sampai Anda pelit beramal. Sebab percayalah, amal dan ibadah Anda akan diperhitungkan oleh-Nya. Hidup Anda pun akan lebih bermakna setelah Anda melakukan kebaikan untuk sesama.

Baca Juga: 4 Manfaat Berdoa yang Dirasakan oleh Pebisnis

5Berhenti Belajar

Jangan pernah merasa sudah pintar dan sok tahu saat Anda sudah berhasil membangun usaha. Sebab di luar sana masih banyak orang lain yang lebih pintar dan sukses berbisnis.

Namun, Anda harus terus belajar. Jangan pernah berhenti mempelajari hal-hal baru. Karena zaman akan terus berkembang dan Anda perlu memperluas wawasan Anda agar dapat beradaptasi dengan baik.

Jika tidak, maka Anda akan kesulitan untuk bersaing dengan pebisnis lain yang selalu kreatif dan inovatif dalam mengelola bisnisnya. Akibatnya, kesuksesan Anda pun tidak akan bisa bertahan lama.

Baca Juga: 8 Tanda Anda Punya Mental yang Lemah dan Tak Siap Berbisnis


Nah, itulah hal-hal yang jangan dilakukan jika suatu hari nanti Anda sudah sukses. Semoga Anda dapat mengingat kelima poin di atas dan menjadi orang sukses yang kaya, bahagia, dan juga menginspirasi.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.