3 Hal yang Jangan Diucapkan Jika Anda Ingin Sukses Berbisnis – Ucapan adalah doa. Hati-hati dengan setiap perkataan Anda.

Pikirkan baik-baik setiap hal yang akan diucapkan. Jangan sampai asal mengucapkan sesuatu yang dapat memberikan dampak negatif terhadap diri Anda maupun orang lain.

Baca Juga: 5 Tips Mengatasi Rasa Takut untuk Memulai Bisnis

Perkataan Anda juga bisa menjadi cerminan siapa diri Anda. Orang-orang akan menilai seperti apa karakter dan kepribadian Anda dari apa yang Anda katakan.

Nah, jika Anda ingin menjadi entrepreneur yang sukses, maka hindari menggunakan kata-kata yang dapat membuat pesimis. Namun, gunakanlah kalimat yang dapat membangun semangat.

Baca Juga: Cara Pandang Orang Sukses vs Orang Biasa-biasa Saja, yang Manakah Anda?

Berikut beberapa hal yang tidak boleh diucapkan jika Anda ingin sukses.


3 Hal yang Jangan Diucapkan oleh Entrepreneur

1Itu Tidak Mungkin

“Tidak mungkin” adalah kata-kata yang pantang untuk diucapkan oleh pebisnis yang ingin sukses. Jika Anda mengatakan hal tersebut sebelum Anda memulai sesuatu, maka Anda bersikap layaknya pecundang.

Anda mungkin ragu dan tidak yakin. Anda menganggap itu tidak realistis. Padahal, belum tentu hal yang terlihat tidak mungkin untuk dijalankan itu tidak dapat dilaksanakan.

Baca Juga: 8 Tanda Anda Punya Mental yang Lemah dan Tak Siap Berbisnis

Lihatlah, pada zaman dahulu orang-orang tidak pernah membayangkan akan ada pesawat terbang. Namun, Wright Brothers berhasil menjadi penemu pesawat pertama kali.

Ini menjadi pelajaran bahwa apa yang dianggap tidak mungkin belum tentu mustahil. Sehingga apapun ide bisnis yang ada di benak Anda, cobalah kembangkan dan wujudkan menjadi kenyataan.

Baca Juga: Pertimbangkan 9 Hal Ini Sebelum Menjadi Solopreneur

2Saya Tidak Bisa

“Saya tidak bisa” adalah hal yang jangan diucapkan jika Anda ingin meraih tujuan Anda. Dalam bisnis, pasti harus ada target agar bisnis bisa terarah. Target akan membuat Anda terdorong untuk mencapainya.

Namun, jika Anda sering mengatakan “saya tidak bisa”, ini menunjukkan bahwa Anda adalah orang yang pesimis. Padahal, Anda belum sama sekali menjalankannya.

Rekan bisnis dan klien Anda pun akan menjadi malas bekerja sama dengan Anda. Sebab sikap Anda akan menjadi penghambat kesuksesan, karena sudah menyerah sebelum mencoba.

Baca Juga: Tak Ada Bakat Berbisnis Bukan Alasan untuk Tidak Sukses

Jika Anda sering tak percaya diri, maka Anda bisa belajar dari kisah sukses Jack Ma, pendiri bisnis Alibaba. Beliau tidak memilki latar belakang teknologi informasi, tapi dia yakin akan kemampuannya untuk berbisnis di bidang teknologi.

Kini Jack Ma pun menjadi salah satu orang terkaya di dunia berkat bisnis online marketplace, Alibaba. Ini membuktikan bahwa ternyata orang yang tidak paham IT juga bisa kok sukses berbisnis e-commerce.

Baca Juga: 5 Hal yang Jangan Dilakukan Jika Nanti Anda Sudah Sukses

3Kesempatan Sudah Lewat

Anda mungkin terlambat mencoba, tapi bukan berarti kesempatan untuk sukses sudah berlalu. Sebab kesuksesan masih bisa diraih, walaupun peluangnya sangat kecil.

Selama Anda masih hidup, Anda masih sempat untuk menjadi orang sukses. Ingat, jangan menganggap “itu tidak mungkin” atau “saya tidak bisa”.

Namun, jadilah orang yang optimis. Jangan menunggu, tapi buatlah kesempatan untuk diri Anda sekarang. Teruslah melangkah, karena Anda masih bisa mewujudkan impian Anda.

Baca Juga: 7 Cara Agar Anda Bisa Bangkit dari Kegagalan Bisnis


Nah, itulah tiga hal yang jangan diucapkan jika Anda ingin sukses. Apapun keadaan yang Anda alami sekarang, Anda bisa memilih apakah akan diam di tempat atau bergerak melakukan perubahan.

Jadi, semangati diri Anda dengan kata-kata yang positif setiap hari, sehingga Anda akan lebih termotivasi untuk melakukan sesuatu yang luar biasa dalam hidup maupun bisnis Anda.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.