Tetap Hemat Uang Walau Penghasilan Meningkat, Ini Kiatnya – Banyak orang terjebak dalam gaya hidup boros dan membuat mereka tidak bisa berhemat dalam menggunakan uang.

Kondisi ini tidak hanya dialami oleh mereka yang penghasilannya pas-pasan. Bahkan tak jarang, orang yang penghasilannya di atas rata-rata juga mengalami kondisi keuangan yang buruk.

Baca Juga: 5 Sikap Pemimpin Perusahaan Ini Meningkatkan Penjualan Bisnis

Padahal, jika penghasilan meningkat, maka seharusnya tabungan juga bisa ikut meningkat. Namun jika kebiasaan hidup boros dipelihara, maka tabungan bisa terus menipis hingga menjadi minus.

Oleh sebab itu, bagi Anda yang ingin selalu hidup hemat, cobalah ikuti tips berikut ini.

Baca Juga: Kebiasaan-kebiasaan Buruk Pengusaha dalam Mengelola Uang


Lakukan 5 Hal Ini untuk Tetap Hemat Uang

1Susun Anggaran Keuangan

Apapun yang akan Anda lakukan di dalam keuangan, terlebih dahulu Anda perlu menyusun anggaran keuangan. Susunlah dengan tepat sesuai dengan kebutuhan dan kondisi penghasilan Anda.

Pastikan setiap anggaran diatur secara ketat untuk menekan jumlah pengeluaran yang berlebihan. Lalu, jalankanlah anggaran keuangan Anda dengan baik sebagaimana mestinya.

Baca Juga: Tips Agar Anda Siap Merintis Usaha dari Bawah

2Buat Rekening Khusus Tabungan

Sebaiknya, Anda memiliki rekening tersendiri untuk menyimpan dana tabungan Anda. Sehingga tabungan Anda aman dan tidak diganggu gugat. Kecuali ada kebutuhan mendesak, ya apa boleh buat.

Bila perlu, rekening tersebut tidak memiliki kartu debit dan kartu kredit. Dengan begitu, Anda akan lebih sulit tergoda untuk mengambil tabungan Anda untuk keperluan yang tidak jelas.

Baca Juga: Hal-hal yang Pantang Dilakukan oleh Orang yang Ingin Sukses

3Konsisten Menabung

gambar: indonesiaexpat.biz

Menabunglah secara konsisten setiap bulan. Pastikan Anda selalu menyisihkan sebagian penghasilan dari bisnis Anda untuk ditabung.

Supaya Anda tetap konsisten, Anda harus mengutamakan dana tabungan. Maksudnya, setiap akhir bulan, langsunglah mengamankannya dengan mentransfer sebagian penghasilan ke rekening tabungan Anda.

Baca Juga: 6 Hal Ini Bisa Membuat Anda Menjadi Kaya Raya

4Kendalikan Nafsu Belanja

Bedakan antara kebutuhan dan keinginan. Tetap hemat uang dan hindari menggunakan uang Anda untuk hal-hal yang tidak benar-benar penting.

Namun, bukan berarti Anda tak boleh membeli barang mewah atau bersenang-senang. Hanya saja, mengendalikan nafsu belanja itu lebih baik supaya keuangan Anda tetap terkontrol dengan benar.

Baca Juga: 6 Kesalahan Anak Zaman Sekarang dalam Menjalankan Bisnis

5Lakukan Investasi

Melihat uang yang banyak di rekening bisa membuat Anda ingin berbelanja. Supaya Anda tidak tergoda, Anda bisa mengubah sebagian uang berlebih Anda dalam bentuk aset.

Ada berbagai jenis investasi yang bagus, seperti reksanada, emas, properti, dan sebagainya. Pilih yang dianggap paling tepat dan berinvestasilah segera demi masa depan Anda.

Baca Juga: 5 Sikap yang Harus Ditunjukkan Saat Menghadapi Masalah dalam Bisnis


Nah, itulah kiat-kiat untuk tetap hemat uang. Meskipun penghasilan Anda kian meningkat, Anda harus selalu membiasakan diri untuk bergaya hidup hemat.

Sebab dunia bisnis serba tidak pasti. Mungkin saat ini bisnis Anda laris manis. Namun, jika suatu hari bisnis Anda mengalami masalah finansial, maka tabungan dan investasi yang bisa menjadi penyelamat.

Oleh sebab itu, aturlah keuangan Anda dengan baik dan cerdas. Sehingga Anda terhindar dari kesulitan keuangan dan masa depan pun menjadi lebih terjamin.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.