12 Hobi yang Menghasilkan Uang dan Cocok untuk Anak Muda – Banyak orang bingung ingin memulai usaha apa karena tidak menemukan ide bisnis yang cocok dengannya.

Jika Anda kesulitan dalam menentukan ide bisnis yang tepat, maka cobalah memulainya dari hobi Anda. Anda bisa mengubah hobi Anda menjadi sebuah peluang bisnis yang menjanjikan.

Baca Juga: 5 Tips Sukses Memasarkan Bisnis dari Hobi Anda

Dengan menjalankan usaha yang sesuai dengan hobi, Anda akan lebih mencintai apa yang Anda lakukan. Anda akan bekerja dengan senang hati seolah tidak memiliki beban.

Hal ini akan memudahkan Anda sebagai pebisnis pemula dalam menyesuikan diri dengan dunia bisnis. Sehingga tantangan pun dapat dilalui dengan antusias dan optimis.

Baca Juga: 5 Cara Memanfaatkan Waktu Luang untuk Menghasilkan Uang

Nah, bagi Anda yang ingin berbisnis, berikut sejumlah contoh hobi yang dapat menghasilkan pundi-pundi uang dan banyak ditekuni oleh anak-anak muda.


12 Contoh Hobi yang Menghasilkan Uang

1Hobi Main Game

gambar: youtube/rezaoktovian

Bermain game online bisa bikin kecanduan sehingga kerap dianggap sebagai aktivitas yang negatif. Namun, Anda bisa menghasilkan uang dari hobi bermain game.

Contohnya, PewDiePie dan Reza Arap Oktovian yang menyalurkan hobi main game menjadi sebuah konten bisnis di Youtube. Mereka pun kini menjadi terkenal dan kaya raya.

Baca Juga: 5 Dampak Positif Jika Berbisnis Sesuai Minat dan Bakat

2Hobi Menulis

Dari hobi menulis, banyak orang menjadi sukses. Seperti Aulia Halimatussadiah yang mendirikan NulisBuku.com atau para blogger profesional hingga penulis yang menerbitkan buku.

Maka dari itu, bagi Anda yang gemar menulis, asah terus kemampuan Anda. Sehingga nantinya Anda bisa menjadikan hobi Anda sebagai suatu pekerjaan atau bisnis yang menghasilkan.

Baca Juga: Kunci Penting dalam Membuat Konten yang Tepat untuk Bisnis Online

3Hobi Memotret

Harga kamera DSLR atau mirrorless yang semakin terjangkau membuat banyak orang membawa kamera ke mana-mana untuk mengambil gambar.

Mungkin hanya sebagai hobi. Tapi jika diseriuskan, Anda bisa menjadi seorang fotografer profesional yang mendapatkan bayaran yang mahal.

Baca Juga: 6 Cara Menangkap Peluang Usaha yang Tepat dan Berpotensi

4Hobi Membuat Video

Membuat video mungkin agak susah. Tapi jika Anda punya keahlian dalam menciptakan konten video yang menarik, maka Anda punya peluang untuk menghasilkan uang.

Contohnya, para youtuber. Mereka rutin membuat video dengan tema tertentu setiap hari atau setiap minggu. Lalu mendapatkan uang dari Google Adsense atau dari pihak yang mensponsori video mereka.

Baca Juga: 13 Konten Video Youtube yang Bisa Mendapatkan Banyak Pengunjung

5Hobi Bermusik

gambar: smallbiztrends.com

Kepandaian Anda dalam bermusik bisa menjadi profesi atau peluang bisnis. Anda bisa menjadi guru les musik atau membuat karya dan tampil dari panggung ke panggung.

Maka dari itu, gunakan waktu luang Anda untuk meningkatkan kemampuan bermusik Anda. Siapa tahu Anda bisa menjadikan dunia musik sebagai sumber pendapatan utama Anda.

Baca Juga: 15 Rekomendasi Bisnis yang Cocok untuk Mahasiswa Sambil Kuliah

6Hobi Jalan-jalan

Hobi jalan-jalan mungkin dianggap hobi yang mahal karena menghabiskan banyak uang. Namun, Anda bisa melakukan traveling sekaligus mendapatkan bayaran.

Contohnya, dengan menjadi travel blogger atau membuka bisnis open trip. Betapa menyenangkannya bisa pergi ke mana-mana, tapi juga dibayar.

Baca Juga: 6 Kesalahan Anak Jaman Now dalam Menjalankan Usaha

7Hobi Memasak

Hobi memasak tidak hanya untuk kaum wanita, tapi kaum pria pun banyak yang menyukainya. Apakah Anda salah satunya?

Jika iya, coba jalankan usaha kuliner yang terinspirasi dari hobi memasak Anda. Entah itu membuka katering atau tempat makan yang menyajikan makanan dan minuman yang unik.

Baca Juga: Manfaatkan 7 Bagian Rumah Ini untuk Mencari Uang

8Hobi Makan

gambar: youtube/Ria SW

Bagi Anda yang suka mencoba bermacam-macam kuliner, Anda punya potensi menjadi food blogger yang andal. Hobi unik Anda tersebut bisa mendatangkan uang dan bukan malah menghabiskan uang.

Jika nama Anda sudah terkenal, nantinya banyak kafe dan restoran yang akan tertarik bekerja sama dan membayar Anda untuk mengulas makanan atau tempat makan mereka.

Baca Juga: Tips Jitu Memulai Usaha Rumahan Agar Cepat Sukses

9Hobi Fashion

gambar: designers-re-edit.com

Anak muda zaman sekarang sangat memperhatikan penampilan dan suka mengikuti tren fashion. Kegemaran tersebut akan menghabiskan banyak uang untuk belanja busana terbaru.

Namun, hobi fashion Anda bisa mendatangkan uang. Misalnya, dengan Anda menjadi seorang fashion blogger, fashion stylistfashion designer, atau membuka clothing line.

Baca Juga: 7 Tips Sukses Menjalani Bisnis Sesuai Passion

10Hobi Desain Grafis

Desain grafis dapat menjadi hobi yang menghasilkan uang. Kreativitas Anda akan dibayar mahal oleh perusahaan-perusahaan yang memakai jasa desain Anda.

Maka dari itu, latih terus bakat Anda. Sehingga nantinya Anda bisa menjual keahlian desain Anda dengan nilai yang tinggi.

Baca Juga: Inilah Waktu yang Tepat untuk Resign dan Memulai Bisnis

11Hobi Makeup

gambar: youtube/Irna Dewi Official

Hobi yang satu ini mungkin lebih disukai oleh para wanita. Daripada hanya menghabiskan uang untuk mengoleksi produk makeup, lebih baik Anda menangkap peluang usaha dari hobi Anda tersebut.

Misalnya, Anda memproduksi makeup dengan brand Anda sendiri, menjadi makeup artist, atau menjadi seorang beauty blogger yang membahas dunia kecantikan.

Baca Juga: Keunggulan Wanita dalam Menjalankan Bisnis

12Hobi Fitnes

Ada banyak peluang usaha dari hobi fitness atau nge-gym. Jenis olahraga ini tidak hanya membuat fisik Anda tetap bugar, tapi juga bisa menghasilkan uang.

Misalnya, dengan menjadi personal trainer, berjualan produk yang berkaitan dengan fitnes, atau membuka tempat gym sendiri.

Baca Juga: Merintis Usaha dari Bawah Itu Sulit, Tapi Coba Tips Berikut Ini


Nah, itulah sejumlah contoh hobi yang menghasilkan uang. Apapun hobi Anda, Anda bisa mengembangkannya menjadi sebuah bisnis yang menarik dan menjanjikan.

Oleh karena itu, kenali minat dan bakat Anda. Sehingga Anda dapat menentukan ide bisnis yang paling sesuai dengan potensi Anda.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id