Anak Anda Masih Kecil Tapi Mau Berbisnis? Coba Saja 5 Ide Bisnis untuk Anak Ini – Anak-anak tidak berkewajiban untuk berbisnis. Namun, bukan berarti ayah atau ibu tidak boleh mengizinkan anaknya menjalankan usaha.

Sebagai orang tua, Anda harus bangga jika anak Anda punya keinginan untuk berbisnis. Apalagi jika Anda adalah seorang pengusaha sukses, maka hal yang wajar jika anaknya jadi terinspirasi.

Baca Juga: 7 Cara Mendidik Anak Tentang Bisnis Agar Dia Bisa Jadi Pengusaha Saat Dewasa

Lagi pula, ada peluang usaha yang tidak terlalu menguras tenaga, pikiran, dan waktu. Sehingga anak masih bisa tetap fokus sekolah dan berprestasi di bidang akademik, asalkan orang tuanya pandai mendidik dan mengawasi.

Nah, jika Anda memperbolehkan anak Anda untuk berbisnis, maka cobalah mulai dengan jenis usaha yang tidak sulit untuk dikerjakan oleh anak yang masih duduk di sekolah dasar sekalipun, seperti ide-ide bisnis berikut ini.

Baca Juga: 5 Kesalahpahaman Soal Bisnis yang Harus Dihindari Generasi Millennial

5 Ide Bisnis untuk Anak Kecil yang Bisa Dicoba

1Jualan Pulsa Telepon

gambar: niaga.tv

Berjualan pulsa telepon memungkinkan untuk dijalankan. Anak-anak kecil zaman sekarang sudah pandai menggunakan handphone bahkan sejak masih TK (Taman Kanak-Kanak).

Anda hanya perlu mendaftar menjadi agen pulsa elektrik atas nama Anda. Kemudian, biarkan anak Anda yang mengisikan pulsa ke pembeli, entah itu teman-temannya atau para tetangga di sekitar rumah.

Baca Juga: Penting! 10 Persiapan Sebelum Memulai Usaha yang Harus Anda Perhatikan

2Online Shop di Instagram

Pengguna media sosial Instagram minimal harus berusia 13 tahun. Jika usia anak Anda di bawah itu, Anda bisa membuatkannya sebuah akun yang akan digunakan sebagai online shop atau toko online.

Sementara untuk barang yang dijual, bisa dimulai dengan barang anak-anak. Seperti aksesoris anak dan mainan anak seperti slime. Tentunya, anak Anda tidak akan mengelolanya sendiri.

Mungkin ibu di rumah bisa mengawasi penggunaan media sosial, membantu persediaan barang jualan, mengecek pembayaran, dan mengirimkan pesanan. Sedangkan anak hanya bertugas untuk meng-upload, membalas komentar, dan mencatat pesanan.

Baca Juga: 10 Ide Bisnis Online yang Wajib Dicoba Sekarang Juga

3Bisnis Kerajinan Tangan

gambar: dirtybutter.com

Bisnis kerajinan tangan adalah ide bisnis untuk anak-anak yang kreatif. Bukan hanya dijalankan sebagai hobi, melainkan dapat dijadikan peluang bisnis yang menjanjikan.

Orang tua bisa membantunya untuk memasarkan karya-karya buatan tangannya. Ini akan jadi sebuah kebanggaan jika barang kerajinan tangan anak Anda dihargai oleh orang lain dan bisa terjual.

Baca Juga: Sebelum Memulai Bisnis Sesuai Hobi, Jawab 6 Pertanyaan Ini

4Menjadi Blogger

Anak-anak yang sudah mengenal internet sedari kecil, bisa diarahkan untuk berkarya melalui internet. Jika anak Anda suka menulis, coba ajari dia untuk membuat blog dan mengisi kontennya.

Contohnya, Evita Nuh, seorang fashion blogger di Indonesia yang sudah aktif blogging sejak berumur 9 tahun. Gaya busananya yang unik membuat banyak brand busana ternama mengajaknya berkolaborasi.

Baca Juga: 5 Tips Mengevaluasi Ide Bisnis yang Memiliki Potensi untuk Sukses

5Bisnis Sewa Buku

gambar: lifewithfingerprints.com

Sebagai orang tua, Anda pasti akan membelikan buku-buku bacaan yang mendidik dan menghibur untuk anak Anda. Daripada sehabis dibaca hanya disimpan di lemari, maka lebih baik coba disewakan.

Anak Anda bisa menyewakannya kepada teman-temannya di sekolah. Harga sewa tentunya jangan mahal, karena yang menyewa juga masih anak-anak. Anggap saja bisnis ini cuma sebagai usaha sampingan untuk menambah uang jajan anak Anda.

Baca Juga: Tak Harus Cari Partner! Ini 7 Keuntungan Membangun Bisnis Sendiri


Nah, itulah sejumlah ide bisnis untuk anak-anak. Sebagai orang tua, Anda hanya perlu mengawasi dan tetap mengingatkan bahwa prioritas anak adalah sekolah dan bukan berbisnis untuk mencari uang.

Jadi, memulai bisnis lebih diarahkan sebagai ajang untuk belajar dan menyalurkan kreativitas sang anak. Selama membawa dampak positif baginya, maka boleh saja Anda mengizinkannya untuk berbisnis sejak kecil.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (APR - %)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Total Bunga
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks


TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here