Jangan Takut Memulai Usaha Meski Anda Tak Punya Pengalaman – Banyak orang pernah berkeinginan untuk memulai bisnis, tapi tidak semuanya berani mewujudkannya.

Tidak adanya atau minimnya pengalaman menjadi salah satu penyebab keragu-raguan dalam berbisnis. Akhirnya, tidak semua orang berhasil mencoba menjalankan usaha yang diimpikannya.

Baca Juga: Tak Harus Cari Partner! Ini 7 Keuntungan Membangun Bisnis Sendiri

Jika Anda tidak memiliki kemampuan yang memadai, itu adalah hal yang wajar. Setiap pebisnis sukses saat ini juga dulunya merupakan pebisnis pemula yang tidak berpengalaman.

Untuk itu, bagi Anda yang ingin terjun ke dunia bisnis, janganlah khawatir berlebihan. Berikut alasan yang dapat menguatkan Anda untuk berani berbisnis.

Baca Juga: 5 Ketakutan dalam Berbisnis yang Harus Dilawan Sebelum Bisnis Dimulai


7 Alasan Kenapa Anda Jangan Takut Memulai Usaha

1Ide Bisnis Tak Harus Berbeda dari yang Lain

gambar: taishaaccountingservices.com.ng

Anda tidak harus punya ide bisnis yang benar-benar unik dan 100 persen berbeda dari yang lain. Anda boleh saja menawarkan produk atau jasa yang sama atau mirip dengan kompetitor.

Sejumlah bisnis dapat berjalan dengan menjual produk yang sudah umum. Hanya saja, perhatikan strategi pemasaran dan promosinya. Anda harus melakukannya dengan cara yang berbeda agar bisnis Anda dapat merebut hati konsumen.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Bisnis Sampingan untuk Karyawan yang Menjanjikan

2Anda Bisa Berbisnis dengan Modal Minim

Jangan takut memulai usaha karena masalah modal. Bisnis pertama tak harus muluk-muluk dan bermodal besar. Jika Anda belum berpengalaman, maka mulailah bisnis yang sederhana dulu untuk mengurangi risiko.

Ada banyak peluang usaha bisnis online atau offline yang bermodal kecil dan menjanjikan. Coba saja dulu sebagai permulaan dan percobaan. Jika berhasil, maka selanjutnya Anda bisa mengembangkannya secara bertahap.

Baca Juga: Jangan Mudah Percaya! Ini 5 Mitos Anggaran Keuangan yang Tidak Perlu Anda Dengarkan

3Anda Bisa “Learning by Doing”

Anda bisa memulai usaha sambil mempelajarinya. Ada istilah learning by doing atau belajar dengan melakukan, yang berarti kita bisa mempelajari sesuatu sambil mempraktekkannya secara langsung.

Dengan begitu, pemahaman akan bisnis bukan sekadar teori. Namun, proses learning by doing akan langsung mengajarkan dan memberikan pengalaman yang berharga untuk Anda sebagai pebisnis.

Baca Juga: Perhatikan 7 Hal Ini Agar Bisnis Anda Sukses Merebut Hati Konsumen

4Pendapat Orang Lain Belum Tentu Benar

gambar: theconversation.com

Anda mungkin akan mendengar beberapa omongan negatif dari orang-orang di sekitar Anda yang membuat Anda down. Namun, jangan langsung menelan pendapat mereka mentah-mentah.

Anda harus bersikap kritis dalam menerima masukan. Anda perlu berani menghadapi risiko. Pendapat yang baik boleh direnungkan. Namun, jangan mematahkan semangat Anda untuk mencoba.

Baca Juga: Agar Tak Salah Melangkah, Ini 8 Tips Penting Saat Membuka Usaha Pertama

5Jika Ada Masalah Bukan Berarti Bisnis Pasti Gagal

gambar: entrepreneur.com

Setiap pebisnis, baik itu pemula maupun yang sudah mapan, semuanya memiliki masalah masing-masing. Bisnis apapun pasti punya tantangan dan kendala yang mengganggu, sehingga permasalahan pasti akan selalu ada.

Namun, jika ada masalah, bukan berarti bisnis pasti diambang kegagalan. Sebab, jika Anda segera mengatasinya, maka masalah tersebut malah akan membuat bisnis Anda semakin kuat dan Anda pun semakin cerdas dalam mengelolanya.

Baca Juga: 6 Tips Sukses untuk Anak Jaman Now dalam Memulai Bisnis

6Kegagalan pun Bukan Akhir dari Perjuangan

gambar: careerbuilder.com

Bahkan sekalipun Anda akhirnya gagal pada bisnis pertama, bukan berarti pintu kesuksesan sudah tertutup sepenuhnya. Selama Anda belum menyerah, maka kesempatan itu masih ada. Anda bisa mencoba lagi berbisnis.

Lagi pula, setiap pebisnis sukses juga mencoba berkali-kali hingga berhasil. Sehingga Anda pun pasti bisa, asalkan Anda tetap berusaha dan belajar dari pengalaman, serta memperbaiki cara berbisnis Anda.

Baca Juga: Stop Mengulangi Kesalahan yang Sama! 6 Hal Ini Jangan Dilakukan Lagi

7Ketakutan Seharusnya Buat Anda Lebih Berjuang

gambar: ramiro.hr

Apa jadinya jika manusia tidak memiliki rasa takut? Tentu tidak akan ada kisah heroik dan inspiratif tentang melawan ketakutan. Manusia hanya akan terus berada dalam zona nyaman.

Maka dari itu, ubah ketakutan menjadi pemacu semangat untuk lebih berjuang. Perjuangan akan terasa lebih membara jika ada rasa takut yang dilawan. Jadikan rasa takut rugi, takut gagal, takut bangkrut, dan rasa takut lainnya untuk membuat Anda lebih tertantang dalam berbisnis.

Baca Juga: 7 Alasan Berbisnis yang Kurang Tepat dan Tidak Sesuai Realita


Nah, itulah alasan kenapa Anda jangan takut memulai usaha. Mencapai target apapun membutuhkan proses. Ada yang sebentar dan lama, tapi intinya membutuhkan waktu untuk bisa menghasilkan.

Jadi, mulailah bisnis Anda segera. Teruslah berusaha yang terbaik dan menjalani prosesnya dengan tekun. Niscaya, pengalaman berbisnis akan terbentuk dan membuat Anda menjadi pebisnis yang lebih tangguh.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.