Jangan Takut Rugi Berbisnis! Jika Anda Khawatir, Coba 5 Tips Jitu Ini – Siapa sih yang mau bisnisnya rugi? Tidak ada seorang pun yang mau mengalami kerugian.

Namun, kerugian adalah bagian dari bisnis. Setiap pebisnis pernah mengalaminya. Anda yang akan memulai usaha tidak perlu ketakutan sebelum mencoba terjun ke dunia bisnis.

Baca Juga: 6 Kendala Usaha yang Kerap Dialami Saat Ingin Memulai Bisnis

Bagaimana jika bisnis tidak laku? Tentu ada solusi untuk setiap masalah. Anda jangan terlalu khawatir, sebelum Anda menghadapinya sendiri. Lebih baik Anda melakukan hal-hal berikut ini jika Anda takut bisnis merugi.

Baca Juga: Wajib Dihindari! 3 Kesalahan Pebisnis Ini Bisa Bikin Bisnis Stagnan

Jangan Takut Rugi! Coba 5 Tips Ini Saat Memulai Bisnis

1Coba Buka Usaha Patungan

Anda tidak mau menanggung risiko sendirian? Coba Anda mencari partner untuk membuka usaha patungan bersama. Cari orang yang tepat dan sevisi dengan Anda. Anda bisa mengajak anggota keluarga atau sahabat untuk diajak bekerja sama.

Terutama jika modal Anda terbatas, maka membuka usaha dengan orang lain dapat jadi pilihan. Sehingga Anda tidak akan menanggung beban bisnis sendirian.

Baca Juga: 7 Tips Memperkecil Resiko Usaha Bagi Anda yang Baru Memulai Bisnis

2Jalankan Bisnis dengan Modal Minim

Semakin besar modal yang dikeluarkan, semakin besar pula risikonya. Jika Anda belum siap untuk menanggung kerugian saat usahanya tidak berjalan lancar, maka sebaiknya cari ide bisnis yang murah.

Anda tak harus memulai bisnis mahal, dalam artian bisnis yang membutuhkan modal besar. Coba saja mulai dengan bisnis bermodal minim. Lalu, kembangkan bisnis tersebut perlahan-lahan.

Namun, jika merugi, maka tidak terlalu memberatkan hidup Anda. Karena Anda tidak menguras seluruh uang Anda untuk menjalankan bisnis tersebut.

Baca Juga: 10 Usaha Sampingan Tanpa Modal yang Patut Dicoba Sekarang

3Fokus Pikirkan Keuntungan

Jangan takut rugi dan selalu memikirkan kerugian. Pikiran sangat mengontrol semangat Anda. Jika Anda sering memikirkan hal negatif, maka tindakan Anda juga cenderung menjadi negatif.

Lebih baik fokus memikirkan profit atau keuntungan. Pikirkan bagaimana cara membuat produk Anda laris dan membuat usaha Anda terus beruntung. Ini akan membuat Anda termotivasi dan menemukan ide-ide cemerlang.

Baca Juga: 8 Sikap Negatif Pemimpin yang Harus Dihindari di Tempat Kerja

4Ingat, Sukses Itu Butuh Proses

gambar: bryantarchway.com

Jika di bulan-bulan pertama Anda merugi, belum tentu di bulan selanjutnya Anda akan terus merugi. Biasanya, bisnis membutuhkan penyesuaian. Butuh waktu untuk mendapatkan banyak pelanggan.

Jangan mengharapkan kesuksesan yang instan. Buat rencana dan jalankan semampu Anda. Jika rencana A tidak berhasil membuat bisnis Anda laku, maka jalankan strategi lain. Belajarlah dari kesalahan hingga Anda menemukan cara yang tepat dalam memasarkan bisnis Anda.

Selalu lakukan yang terbaik dan hadapi setiap tantangan dengan sikap optimis. Nikmati proses perjalanan bisnis Anda dengan penuh pengharapan.

Baca Juga: Hati-hati, Ini 10 Penyebab Bisnis Gagal di Tengah Jalan

5Miliki Tekad yang Kuat

Terkadang, kerugian terjadi bukan karena produk Anda buruk. Bisa jadi strategi promosi dan pemasaran Anda kurang jitu. Ada kalanya juga bisnis menjadi stuck dan pelanggan berkurang, karena daya beli masyarakat menurun.

Saat target penjualan tidak tercapai, Anda akan merugi, tetapi biaya operasional terus dikeluarkan. Ini akan membuat stres. Namun, itulah tantangan dalam dunia bisnis dan dari masalah tersebut bisnis Anda akan dibentuk menjadi lebih baik.

Hanya pebisnis yang memiliki tekad yang kuat yang mampu melaluinya. Sehingga jika Anda sama sekali tidak berani menghadapi kerugian, maka berbisnis bukan pekerjaan yang cocok untuk Anda.  Akan tetapi, jika Anda yakin, maka Anda tidak boleh menyerah begitu saja.

Baca Juga: Penting! 10 Persiapan Sebelum Memulai Usaha yang Harus Anda Perhatikan


Jadi, jangan takut rugi berbisnis. Kerugian bukan awal dari kegagalan. Peluang sukses masih terbuka lebar bagi Anda yang mau terus berusaha. Janganlah menyerah dan terus perjuangkan bisnis Anda.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (APR - %)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Total Bunga
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks


TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here