7 Tips Penting Saat Menggunakan Jasa Pembuatan Website – Dalam menjalankan bisnis online, tidak cukup hanya dengan berjualan di media sosial atau di situs marketplace. Anda juga perlu membuat website toko online sendiri.

Jika Anda tidak punya kemampuan web programming, Anda bisa membayar programmer untuk membuatkan website bisnis Anda. Banyak kok freelancer profesional yang menawarkan jasa bikin web dengan biaya yang terjangkau.

Baca Juga: 6 Manfaat yang Diperoleh Jika UKM Melek Digital

Selain itu, sejumlah perusahaan teknologi e-commerce juga ada yang menyediakan platform pembuatan website toko online. Prosesnya pun cepat dan mudah, sehingga tidak akan terlalu membingungkan orang awam sekalipun.

Oleh sebab itu, buatlah website toko online Anda. Namun, sebelum Anda membuatnya, berikut tips penting yang perlu diperhatikan agar Anda bisa menemukan jasa pembuat website yang terbaik.


7 Tips Menggunakan Jasa Pembuatan Website

1Kunjungi Website Penyedia Jasa

tampilan website toko online

Hal pertama yang bisa dilakukan ialah mengunjungi website penyedia jasa. Lihat apakah situsnya punya tampilan yang bagus, mobile friendly, mudah diakses, dan sesuai dengan selera Anda.

Jika websitenya jelek, maka Anda boleh curiga dan tidak perlu buang-buang waktu. Anda langsung saja cari penyedia jasa lainnya yang lebih baik.

Baca Juga: Tips Sukses Berjualan Online untuk Pelaku UMKM di Indonesia

2Perhatikan Profil Pembuat Website

Perhatikan profil pembuat website. Jika itu adalah perusahaan IT, maka akan lebih gampang untuk mengecek kredibilitasnya.

Pelajari company profile untuk mengetahui legalitas dan pengalaman perusahaan. Cermati baik-baik apa saja yang pernah dikerjakan dan juga yang ditawarkan oleh perusahaan untuk Anda sebagai kliennya.

Baca Juga: 8 Syarat Menjadi Wirausaha yang Wajib Dimiliki Agar Bisa Sukses

3Perhatikan Portofolionya

mengelola toko online - website bisnis online

Setiap penyedia jasa punya kelebihan dan ciri khas masing-masing. Anda bisa mempelajarinya dengan memperhatikan portofolio website-website yang sudah pernah dibuatnya.

Lalu, coba kunjungi website tersebut untuk melihat kualitas situsnya secara langsung. Jika tidak sesuai dengan selera dan ekspektasi Anda, maka berarti Anda perlu mencari jasa pembuatan website yang lain.

Baca Juga: 4 Layanan yang Bisa Dimanfaatkan untuk Membuat Situs Gratis

4Pelajari Fitur-fiturnya

Tanyakan kepada penyedia jasa apa saja fitur-fitur yang akan ada dalam website toko online Anda. Apakah terdapat live chat, shopping cart, metode transaksi, tools untuk SEO, dan fitur lainnya.

Pastikan fiturnya lengkap agar website Anda benar-benar bagus. Konsultasikan kebutuhan dan keinginan Anda, sehingga penyedia jasa bisa membantu Anda dengan tepat.

Baca Juga: Alasan Kenapa Setiap Bisnis Harus Punya Akun Jejaring Sosial

5Pastikan Ada Support dan Garansi

jebakan dalam berbisnis yang dapat membuat anda gagal

Penyedia jasa pembuatan website yang profesional biasanya tidak hanya membantu sampai website toko online Anda jadi. Namun, mereka tetap bersedia melayani Anda setelahnya dan memantau keadaan website Anda.

Maka dari itu, pastikan jasa yang Anda pilih menawarkan support dan garansi. Hal ini penting agar website Anda bisa diperbaiki jika terjadi error dan juga terdapat proses maintenance atau perawatan secara berkala.

Baca Juga: Inilah 3 Website E-commerce Terbaik di Dunia

6Pilih yang Responsif

layanan pelanggan - customer care - support

Sebagai orang awam yang tidak memahami betul mengenai cara mengelola website, pastinya Anda akan mengalami sejumlah kebingungan. Anda butuh bantuan profesional untuk menolong Anda.

Maka dari itu, pastikan jasa pembuat website yang Anda pilih bisa memberikan pelayanan yang responsif. Sebab, komunikasi itu penting agar nantinya jika web Anda bermasalah, mereka bisa cepat tanggap untuk mengatasinya.

Baca Juga: 5 Tips Menarik Minat Pembeli Online untuk Tingkatkan Penjualan

7Pertimbangkan Harga

laba bisnis - profit - keuntungan - uang

Tentunya, pertimbangkan tarif pembuatan website. Bandingkan apakah harganya sesuai dengan fasilitas yang ditawarkan. Anda harus mencermatinya dan coba melakukan negosiasi agar bisa mendapatkan harga yang lebih sesuai.

Namun, jika jasa yang digunakan benar-benar terpercaya dan berkualitas, harga yang mahal sebenarnya tidak masalah. Sebab, hal tersebut lebih baik daripada Anda menggunakan jasa yang murah, tapi profesionalitasnya belum terjamin.

Baca Juga: 5 Kelebihan Website Toko Online yang Punya Desain Menarik


Nah, itulah sejumlah hal penting yang perlu diperhatikan saat membuat website toko online. Semoga Anda bisa menemukan jasa pembuatan website yang tepat agar bisnis online Anda bisa berjalan dengan lancar.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.