Inilah 5 Kelebihan Jualan Online di Facebook – Facebook adalah media sosial terbesar di dunia dengan 2 miliar pengguna aktif. Sementara jumlah pengguna Facebook di Indonesia telah mencapai lebih dari 100 juta orang. Ini menunjukkan bahwa situs jejaring sosial milik Mark Zuckerberg ini masih jadi favorit mayoritas pengguna internet.

Popularitas Facebook tentu menjadi daya tarik bagi para pebisnis untuk berjualan online. Jika bisa dimanfaatkan dengan baik, Anda bisa meraup keuntungan yang besar dengan berjualan melalui Facebook. Apalagi Facebook juga tidak memungut biaya bagi yang berjualan, kecuali Anda memasang iklan untuk mempromosikan bisnis Anda.

Baca Juga: 10 Manfaat Internet Marketing Bagi Bisnis Anda

Namun, Facebook memiliki kekurangan bagi Anda yang lebih suka menggunakan smartphone untuk berjualan, sebab peletakan button-button pada tampilan mobile tidak semuanya tampil di halaman homepage seperti saat Anda membukanya lewat PC. Ini mungkin akan sedikit lebih rumit jika Anda menggunakan Facebook via mobile.

Akan tetapi, banyak kelebihan atau keunggulan saat memasarkan produk atau jasa di Facebook. Silakan simak ulasannya berikut ini.

Baca Juga: 7 Fakta Menarik Tentang Awal Berdirinya Facebook

5 Keunggulan Bisnis Online Melalui Faceboook

1Bisa Buat Fanpage

facebook fanpage - bisnis online media sosial

Anda tidak perlu membuat akun baru untuk berjualan, lalu melakukan ”add friend” untuk mengumpulkan teman atau konsumen Anda. Cara yang kurang praktis dan jumlah teman terbatas hanya 5000 orang. Tapi cukup melalui akun pribadi, Anda bisa membuat laman Fanpage untuk bisnis Anda.

Baca Juga: 5 Kelebihan dan Kekurangan Jualan Online di Instagram

Dengan Fanpage, bisnis Anda terlihat lebih profesional. Anda bisa mengundang orang atau orang lain bisa dengan mudah me-like dan mengikuti Fanpage Anda. Kemudian Anda bisa bebas memposting konten produk Anda tanpa tercampur dengan konten pribadi. Bahkan jumlah fans atau pengikut Fanpage juga tidak terbatas, sehingga Anda bisa mengumpulkannya sebanyak-banyaknya.

2Kualitas Gambar Tidak Berubah

mark zuckerberg facebook

Anda bisa mengunggah banyak foto produk sekaligus ke dalam galeri. Foto produk yang Anda upload juga tidak akan berubah kualitasnya. Resolusi gambar tetap sama dengan original. Detail gambar jadi bisa terlihat dengan jelas sehingga memudahkan konsumen dalam menentukan keputusan pembelian.

Baca Juga: 8 Tips Meyakinkan Konsumen untuk Belanja Online

3Bisa Unggah Video Berdurasi Panjang

video iklan facebook
gambar: wersm.com

Strategi pemasaran melalui video promosi sudah jadi tren di internet. Anda bisa memanfaatkannya di Facebook Fanpage Anda. Buatlah konten video kreatif yang menarik. Durasinya bebas, sebab Facebook tidak membatasi durasi layaknya di Instagram yang hanya maksimal satu menit. Jadi, Anda bisa lebih nyaman mengunggah video promosi berdurasi panjang di Facebook.

Baca Juga: 4 Keuntungan Melakukan Kerja Sama Endorsement di Media Sosial

4Bisa Panjang Lebar Mengulas Produk

jualan online di facebook - media sosial

Anda bisa mengulas panjang lebar tentang produk Anda. Ini memudahkan Anda untuk menyampaikan kepada konsumen secara jelas tentang deskripsi produk, keunggulannya, harganya berapa, cara pembelian, dan lain-lain. Namun, perhatikan pemilihan kata agar orang tertarik membacanya sampai habis.

Baca Juga : Cara Membuat Blog Gratis, Mudah Dan Cepat

5Bisa Memasang Iklan

iklan facebook ads
gambar: socialmediaexaminer.com

Anda bisa memasang iklan berbayar jika Anda berjualan melalui Facebook Fanpage. Bagi Anda yang ingin meningkatkan penjualan dalam waktu cepat, silakan coba promosikan melalui Facebook Ads. Biayanya bisa disesuaikan dengan budget yang Anda punya. Anda tinggal mengatur berapa biaya iklan yang ingin Anda keluarkan.

Baca Juga: 8 Aturan Penting Agar Sukses Beriklan di Facebook

Dengan pemasangan iklan, Anda bisa menjangkau calon konsumen baru di luar fans atau pengikut Fanpage Anda. Anda bisa mengiklankan laman Fanpage untuk meningkatkan jumlah like, dan bisa juga mengiklankan postingan produk Anda. Bahkan menariknya, Anda bisa memilih audiens yang menjadi target iklan Anda berdasarkan lokasi, demografi, minat, usia, dan lain-lain.