Kelebihan dan Kekurangan Jualan Online di Instagram – Perkembangan media sosial telah mengubah cara berbisnis di internet. Banyak orang kini memanfaatkan media sosial untuk menawarkan produk dan jasa. Instagram adalah salah satu media sosial yang ampuh untuk berjualan online.

Awalnya, Instagram hanya digunakan untuk mengambil dan berbagi foto. Tapi kini banyak orang membuka online shop atau toko online di Instagram untuk mencoba peruntungan bisnis. Media sosial yang dirilis pada 6 Oktober 2010 tersebut, memang tengah menjadi tren di kalangan para pebisnis online.

Baca Juga: 3 Cara Meningkatkan Follower Instagram Bisnis yang Efektif

Apakah Anda salah satu orang yang berjualan online di Instagram? Jika iya, yuk simak pembahasan berikut ini agar Anda mengetahui lebih lanjut tentang kelebihan dan kekurangan bisnis online melalui Instagram.

5 Kelebihan dan Kekurangan Jualan Online di Instagram

Kelebihan Instagram

tips berjualan di instagram

1. Display Produk yang Simpel

Anda bisa dengan mudah mengunggah foto atau video produk Anda di Instagram. Display produk yang simpel dengan layout dengan 3 kolom saja, membuat tampilan mudah untuk ditata sedemikian rupa. Anda pun bisa membuat konsep tertentu agar feed Instagram Anda rapi dan menarik, misalnya dengan menyamakan tone warna dalam satu baris.

2. Punya Fitur Efek Foto

Apakah foto atau video dalam galeri smartphone Anda kurang menarik? Sebelum Anda unggah, Anda bisa mengeditnya dengan mudah berkat fitur efek atau filter foto yang memiliki beragam pilihan menarik. Ini sangat membantu Anda yang tidak punya keahlian edit foto.

Baca Juga: Tingkatkan Eksposur, Ini 4 Strategi Media Sosial yang Harus Diketahui Pengusaha

3. Bisa Menautkan Media Sosial Lain

Anda bisa menautkan Instagram Anda dengan akun jejaring sosial lainnya, seperti Twitter, Instagram, dan Tumblr. Sehingga setiap postingan Anda di Instagram juga akan otomatis ter-update di media lainnya yang sudah terhubung. Anda bisa menentukan media apa saja yang terhubung dengan Instagram Anda.

4. Bisa Pakai Hashtag

Melalui pemakaian hashtag, konten Anda jadi lebih mudah ditemukan oleh para pengguna yang belum mengikuti akun Anda. Ini bisa jadi kesempatan untuk Anda terhubung dengan konsumen baru. Sebagai informasi, Anda bisa memakai hingga 30 hashtag pada caption Instagram.

Baca Juga: Manfaatkan Teknologi Mobile, Berikut Tips Meningkatkan Penjualan via Mobile

5. Bisa Membuat Profil Bisnis

Bagi Anda yang mengelola akun khusus untuk jualan online, Anda bisa membuat akun khusus profil bisnis agar terlihat profesional. Ini juga memberikan sejumlah manfaat untuk Anda mengamati kinerja akun Anda. Sebab Anda jadi bisa menambah tombol kontak, mengetahui demografi para pengikut akun Anda, mengetahui jumlah impression pada setiap postingan dan jumlah kunjungan ke profil Anda, dan lain-lain.

Kekurangan Instagram

media sosial instagram

1. Foto Profil Tidak Bisa Diklik

Foto profil akun Instagram Anda tidak bisa diklik. Ini sangat berbeda dengan media sosial lain seperti Facebook dan Twitter. Untuk itu, Anda harus memperhatikan pemasangan logo di profil Anda. Pastikan logo bisa terlihat jelas, meski tidak bisa diklik untuk diperbesar.

2. Deskripsi Bio Terbatas

Anda tidak bisa menulis panjang lebar deskripsi profil bisnis di bio Anda karena terbatas, maksimal 150 karakter saja. Sehingga Anda harus kreatif dalam memilih kata untuk menjelaskan kepada konsumen tentang bisnis Anda. Minimal Anda cukup menuliskan apa yang Anda jual, nomor kontak yang dapat dihubungi, nama akun media sosial yang lain, dan alamat website Anda.

Baca Juga: 4 Keuntungan Melakukan Kerja Sama Endorsement di Media Sosial

3. Resolusi Gambar Menurun

Resolusi gambar Anda akan menurun setelah diunggah. Kualitas foto atau video akan berkurang. Untuk itu, pastikan Anda tidak mengunggah konten yang buram, karena hasilnya akan terlihat jelek di Instagram.

4. Spamming

Komentar spam kini banyak ditemukan di mana-mana. Akun-akun robot dengan auto-comments dapat memenuhi kolom komentar Instagram. Bahkan tidak sedikit pengguna yang iseng ikut melakukan spamming komentar. Ini sangat menganggu kenyamanan menggunakan Instagram.

Baca Juga: 9 Tips Meningkatkan Engagement Audiens di Instagram

5. Persaingan Sangat Ketat

Saking mudahnya berjualan di Instagram, banyak orang yang membuka toko online bahkan yang sama persis dengan bisnis Anda. Jika bisnis Anda tidak punya sesuatu yang berbeda, maka Anda akan terancam kehilangan konsumen. Orang akan beralih ke toko online lain yang lebih baik dari Anda.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Total Bunga
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat & Ketentuan



 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here