10 Jurus Sukses dalam Menjalankan Bisnis –Ā Banyak orang ingin mempunyai usaha sendiri, tapi bingung cara memulainya.

Persaingan yang berat di dunia bisnis juga membuat orang menjadi takut untuk mencoba. Padahal keinginan memang ada, tapi keraguan kerap menghantui, sehingga bisnis menjadi lambat terealisasi.

Baca Juga: 5 Cara Efektif untuk Memulai Bisnis Online Shop Anda

Bagi Anda yang tertarik memulai bisnis, mestinya Anda tidak perlu ragu untuk melangkah. Segera ambil keputusan dan bertindak, karena kesempatan untuk berbisnis jangan ditunda-tunda.

Nah, supaya Anda bisa berhasil, berikut jurus ampuh dalam berbisnis.


10 Jurus Sukses dalam Menjalankan Bisnis

1Realisasikan Ide Anda

Ketika Anda sudah memiliki ide bisnis, Anda harus segera merealisasikannya. Sekecil apapun ide tersebut, akan lebih baik jika dicoba daripada memiliki ide besar yang belum diwujudkan.

Memang Anda perlu mempersiapkan banyak hal sebelum bisnis dimulai, tapi pastikan Anda benar-benar ingin memulainya. Jangan sampai hanya sekadar menjadi wacana dan tidak pernah direalisasikan.

Baca Juga: Mengapa Anda Harus Jadi Pebisnis? Ini 8 Alasannya!

2Miliki Tujuan dalam Berbisnis

Seorang pebisnis yang ingin sukses tidak boleh bersikap pesimistis. Anda harus punya mimpi yang besar untuk masa depan Anda di dunia bisnis.

Pastikan setiap hal yang Anda kerjakan dibarengi dengan alasan kenapa Anda melakukannya. Artinya, Anda harus tahu tujuan di balik setiap rencana dan kejar tujuan tersebut sampai dapat.

Baca Juga: Hindari Lakukan 4 Hal Ini Saat Usaha Baru Dimulai

3Sabar Ikuti Proses

Segala hal yang didapatkan dengan mudah, akan menghilang dengan cepat. Bahkan memasak mie instan saja membutuhkan proses.

Maka dari itu, Anda harus mau belajar sabar karena kesuksesan membutuhkan proses yang tidak sebentar. Ada banyak hal yang akan dilalui sebelum Anda menguasai cara berbisnis yang tepat dan mencapai hasil yang dimau.

Baca Juga: 4 Hal yang Bisa Menimbulkan Kebosanan dalam Berbisnis

4Jaga Pikiran Positif

Memang tidak mudah untuk mengontrol pikiran. Ada kalanya, pikiran Anda akan dikuasai dengan kenegatifan, sehingga membuat hidup Anda menjadi tidak bahagia dan tertekan.

Namun, usahakan untuk tidak membiarkan pikiran negatif terus mengusai Anda. Perbanyaklah pikiran positif agar Anda menjadi orang yang lebih optimis dalam menghadapi setiap masalah yang terjadi.

Baca Juga: Tanpa Disadari, 5 Hal Ini Menimbulkan Masalah dalam Bisnis

5Kuatkan Kerja Sama Tim

Bohong jika ada orang yang sukses karena berkat kerja kerasnya sendiri. Pasti di balik setiap pencapaian ada bantuan dari orang lain, baik itu secara langsung maupun tidak langsung.

Itulah kenapa Anda harus membangun tim yang kuat. Pilihlah orang-orang yang tepat untuk bergabung ke dalam bisnis Anda, sehingga hubungan kerja sama lebih dapat diandalkan.

Baca Juga: Tanda-Tanda Karyawan Antusias Bekerja di Perusahaan Anda

6Kelola Keuangan dengan Baik

Bisnis butuh dana. Kondisi keuangan harus sehat, sehingga bisnis bisa terus beroperasi dan Anda punya modal yang cukup untuk mengembangkan usaha Anda.

Maka dari itu, pastikan Anda mengatur keuangan secara ketat. Kelola dengan baik agar arus kas bisa selalu lancar, di mana pemasukan selalu lebih banyak daripada pengeluaran.

Baca Juga: 5 Pertanda Anda Calon Miliarder di Masa Depan

7Pemasaran yang Tepat

Terapkan strategi pemasaran yang tepat agar bisnis Anda bisa menjangkau target pasar dan menghasilkan penjualan yang banyak. Jika strategi A tidak berhasil, jalankan strategi lainnya.

Anda harus terus mengembangkan strategi yang relevan untuk mengenalkan bisnis Anda kepada masyarakat yang luas. Ikuti perkembangan zaman agar Anda selalu punya cara promosi yang kreatif dan inovatif.

Baca Juga: Begini Cara Mengukur Kesuksesan Perusahaan Anda

8Pertahankan Kualitas Produk

Terdapat banyak produk di pasaran. Persaingan bisnis begitu ketat, sehingga sangat penting untuk menjaga kualitas produk, atau bahkan meningkatkan kualitasnya.

Pastikan produk Anda menawarkan keunggulan yang tidak dimiliki oleh kompetitor. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah membuat konsumen yakin untuk menggunakan produk Anda.

Baca Juga: Kiat-Kiat untuk Mempertahankan Pertumbuhan Bisnis

9Perhatikan Kualitas Pelayanan

Kualitas produk memang sangat penting bagi konsumen. Namun, jika pelayanan yang Anda berikan buruk, mereka juga akan malas untuk melanjutkan transaksi.

Sebab, konsumen pasti akan marah jika mereka dilayani dengan buruk. Jika mereka sampai kecewa, Anda akan sulit untuk meyakinkan mereka kembali.

Baca Juga: Anda Bisa Sukses Jika Mau Belajar Menghargai 9 Hal Ini

10Fokus pada Satu Bisnis

Jurus sukses yang terakhir adalah fokus pada satu bisnis. Sebaiknya Anda tidak terburu-buru untuk memulai beberapa bisnis. Fokus dulu pada usaha agar hasilnya bisa lebih maksimal karena Anda memberikan perhatian yang penuh.

Hingga nanti ketika bisnis pertama Anda sudah berkembang dan stabil, serta punya sistem yang baik, maka boleh saja Anda memulai bisnis kedua. Sebab, Anda sudah lebih siap secara mental dan juga waktu untuk mengurusnya.

Baca Juga: Lakukan 7 Hal Ini Agar Bisnis Cepat Untung Walau Baru Dimulai


Nah, itulah 10 jurus sukses dalam menjalankan bisnis. Silakan Anda menerapkannya ke dalam bisnis Anda. Semoga berhasil!


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.