7 Tips Agar Karyawan Betah Bekerja dengan Anda – Karyawan adalah aset bagi bisnis Anda. Setiap orang yang bekerja dengan Anda mempunyai peran penting bagi keberlangsungan usaha. Anda wajib berupaya untuk mempertahankan loyalitas karyawan agar mereka dapat bekerja dengan baik untuk jangka waktu yang panjang.

Namun, suatu hari salah satu atau beberapa karyawan Anda bisa saja resign atau mengundurkan diri. Ini adalah hal yang lumrah, asalkan mereka keluar bukan karena tidak nyaman bekerja dengan Anda. Jika mereka tidak nyaman lagi, maka itu tandanya ada ketidakpuasan dan kekecewaan yang membuat mereka pindah ke perusahaan lain.

Baca Juga: Pertimbangkan 5 Hal Ini Saat Merekrut Karyawan

Anda memang tidak bisa menyenangkan dan memuaskan semua orang. Akan tetapi, Anda dapat berupaya untuk menjaga loyalitas karyawan Anda. Bagaimana caranya? Berikut ini silakan simak tips agar karyawan betah bekerja dengan Anda.

7 Tips Menjaga Loyalitas Karyawan Agar Mereka Betah Bekerja

1Berikan Hak Karyawan dengan Baik

Karyawan bertanggung jawab terhadap pekerjaannya dan kemudian berhak memperoleh hal-hal yang telah menjadi haknya. Anda wajib memberikan semua hak mereka, antara lain gaji bulanan, tunjangan, fasilitas kerja, jaminan sosial dan ketenagakerjaan, pelatihan, keamanan, dan lain-lain. Hak-hak tersebut dapat tercantum pada perjanjian tertulis dan resmi, yang telah ditandatangani oleh Anda dan karyawan.

Baca Juga: 6 Tips Menjadi Pemimpin yang Disukai dan Disegani

Jika semua hak mereka terima dengan baik, maka pastinya mereka akan termotivasi dalam bekerja. Mereka merasa diperlakukan dengan profesional sesuai kesepakatan kerja. Hak-hak tersebut adalah kebutuhan mereka yang harus Anda perhatikan dan penuhi.

2Ada Jenjang Karier yang Jelas

gambar: bryantarchway.com

Setiap orang ingin punya karier yang lebih baik. Menjadi suatu kebanggaan baginya jika karyawan Anda bisa memiliki karier yang terus menanjak. Dengan jenjang karier yang jelas, mereka dapat melakukan perencanaan agar kariernya dapat terus naik. Untuk itu, berikanlah jenjang karier yang jelas di perusahaan Anda agar mereka termotivasi untuk mencapai puncak kariernya.

Baca Juga: 10 Perilaku Seorang Bos Sejati yang Patut Anda Miliki

3Mempromosikan Karyawan

Karyawan Anda butuh diapreasiasi, apalagi jika sudah berprestasi. Mereka layak mendapatkan reward atau penghargaan dari Anda. Salah satu hal yang diharapkan mereka adalah promosi. Itu menjadi suatu kebanggaan karena tidak hanya jabatan yang meningkat, tapi juga gaji pokok akan bertambah. Mereka juga akan tertantang untuk terus mengeluarkan kemampuannya dalam bekerja.

4Memberikan Bonus

Bonus dapat menjadi bumbu penyemangat bagi karyawan. Mereka mendapatkan keuntungan tambahan atas kinerja terbaik mereka. Mereka merasa diberikan apresiasi melebihi yang diharapkan. Anda bisa memberikan bonus ketika mereka mencapai target, berupa pembagian keuntungan, bonus akhir tahun, tiket jalan-jalan, dan lain-lain.

Baca Juga: Pahami 5 Penyebab Karyawan Mengundurkan Diri

5Menampung Kreativitas

Berikan kesempatan bagi karyawan untuk memberikan ide-ide yang berbeda. Anda harus menghargai setiap ide dari mereka sebagai usulan-usulan yang kreatif. Jika Anda tidak mau menampung kreativitas, mereka akan merasa jenuh dalam bekerja, karena hanya bekerja sesuai kemauan Anda saja, sedangkan kemauan mereka selalu ditolak. Padahal, belum tentu ide Anda selalu benar. Anda juga butuh masukan dari karyawan.

6Ciptakan Suasana Kerja yang Nyaman

Atmosfir kerja yang nyaman membuat karyawan merasa senang datang ke kantor. Kenyamanan dapat diciptakan bersama-sama. Contohnya dengan bersikap saling menghormati, tidak ada karyawan yang saling menjatuhkan, komunikasi antara atasan dan bawahan yang lancar, Anda sebagai pemimpin tidak suka marah-marah, hingga membuat desain ruangan kerja yang menarik dapat mendukung suasana kerja yang nyaman.

Baca Juga: 5 Kesalahan yang Melanggar Etika Berbisnis

7Jalin Hubungan Baik

Sebagai pemimpin, Anda perlu menjalin hubungan yang baik dengan setiap karyawan. Anda tidak harus melulu membicarakan pekerjaan. Sesekali Anda bisa melakukan gathering ke luar kota untuk menjalin keakraban, atau makan malam bersama, bisa juga dengan mengunjungi karyawan yang sakit sebagai tanda bahwa Anda peduli, dan lain-lain. Tunjukkan bahwa Anda menghargai keberadaan karyawan Anda dengan memperlakukan mereka sebaik mungkin.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.