Waspada, Kenali 7 Ciri-Ciri Karyawan Penjilat di Tempat Kerja – Hati-hati dengan seorang penjilat di lingkungan kerja. Penjilat adalah orang yang berkepribadian buruk dan suka mencari muka.

Karyawan yang suka menjilat akan mendekati atasan supaya mendapatkan pengakuan dan diperlakukan dengan lebih baik. Anda akan sering mendapatkan pujian darinya, tapi dengan maksud terselubung.

Baca Juga: 10 Hal yang Menunjukkan Kualitas Karyawan di Tempat Kerja

Demi mendapatkan perhatian Anda, apa saja akan dilakukannya. Sebab karyawan ini ingin dekat dengan Anda agar mendapatkan fasilitas tertentu. Anda jangan sampai tertipu oleh aksinya.

Berikut ciri-ciri si penjilat di tempat kerja yang harus Anda waspadai!

Baca Juga: 10 Tips Menjadi Pemimpin yang Berwibawa di Tempat Kerja

7 Ciri-Ciri Karyawan Penjilat di Tempat Kerja

1Memberikan Barang Spesial untuk Anda

Pada hari spesial Anda, karyawan ini akan memberikan hadiah untuk Anda. Sementara karyawan lain hanya mengucapkan selamat atau membeli hadiah patungan, tapi dia menyiapkan hadiah tersendiri untuk Anda. Dia ingin mendapatkan perhatian Anda denna memberikan sesuatu yang berbeda dari orang lain.

Baca Juga: 10 Contoh Karyawan yang Harus Dipecat Secepat Mungkin

2Inisiatif Membantu Urusan Pribadi Anda

Tanpa diminta, karyawan ini akan dengan senang hati melakukan hal-hal yang bukan tugasnya dan tidak berhubungan dengan pekerjaan. Dia begitu memperhatikan kebutuhan pribadi Anda, mulai dari hal yang sepele. Seperti membuatkan minuman dan membereskan ruangan Anda. Tampaknya dia begitu baik, tapi kebaikannya hanya untuk mendapatkan pujian Anda.

3Membanggakan Prestasi Tim Sebagai Jerih Payahnya

Karyawan penjilat pandai memanfaatkan kehebatan orang lain untuk membuatnya terlihat cerdas. Seperti merebut pujian dari atasan dengan membanggakan hasil kerja tim sebagai jerih payahnya. Tak ragu dia menceritakan kinerjanya secara berlebihan untuk membuat Anda kagum padanya.

Baca Juga: 6 Topik Pembicaraan yang Harus Dihindari di Tempat Kerja

4Gemar Memuji Diri Sendiri

Karyawan ini suka menceritakan hal-hal baik tentang dirinya sendiri. Entah itu status pendidikannya, pengalamannya di kantor sebelumnya, dan kehebatan lainnya. Dia begitu bersemangat memuji pencapaiannya untuk membuat orang lain terkesan, terutama Anda dan para karyawan senior di kantor.

5Suka Mencari Kesalahan Rekan Kerja

gambar: theconversation.com

Karyawan ini suka mencari tahu aktivitas rekan kerjanya saat di kantor hingga di dunia maya. Dia ingin mengorek kekurangan orang-orang yang tidak disukainya. Dia tidak ingin ada orang lain yang lebih baik darinya. Sehingga dia akan sering melaporkan kesalahan atau kekurangan rekan kerja kepada Anda.

Baca Juga: 6 Cara Menghadapi Orang Introvert di Lingkungan Kerja

6Ingin Terlihat Paling Sibuk Bekerja

Karyawan ini begitu haus pengakuan dan pandai berpura-pura. Saat Anda berada di kantor, dia akan terlihat bekerja dengan serius. Bahkan dia rela pulang kerja paling terakhir agar dianggap paling sibuk bekerja. Namun, saat Anda tidak ada, dia malah mengabaikan tanggung jawabnya.

7Selalu Mengatakan Iya pada Anda

Demi menyenangkan hati Anda, karyawan ini akan selalu mengatakan iya di depan Anda. Padahal, dia tidak selalu setuju dengan pendapat atau perintah Anda. Dia hanya ingin terlihat sebagai karyawan yang paling patuh. Namun, kenyataannya dia akan membicarakan Anda di belakang.

Baca Juga: 4 Tips Agar Bisnis Anda Mendapatkan Perhatian Gen Z


Nah, jika Anda menemukan karyawan penjilat di perusahaan Anda, jaga jarak Anda dengannya. Jika sudah keterlaluan, ajak dia bicara untuk menegurnya. Ingatkan padanya bahwa perilakunya tidak etis dan Anda mengharapkannya untuk berubah.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Total Bunga
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.