7 Kata yang Bikin Karyawan Tak Percaya Diri, Sebaiknya Jangan Diucapkan! – Wahai para pemilik bisnis, akui saja, untuk mengembangkan usaha Anda, Anda tidak bisa bekerja sendiri kan?

Anda butuh karyawan yang bisa mengerjakan berbagai tugas di dalam perusahaan. Entah itu business development, marketing, IT, finance, dan sebagainya.

Baca juga: 6 Sikap Seorang Pemimpin Perusahaan yang Diharapkan Karyawan

Setiap karyawan yang Anda miliki sangatlah berharga. Karenanya, sebagai pemimpin yang baik, Anda harus bisa menghargai dan memberikan motivasi bagi karyawan-karyawan Anda.

Dengan demikian, seluruh pekerjaan bisa terselesaikan dengan baik. Bukan hanya karyawan saja yang mendapatkan keuntungan karena bisa mengeksplorasi atau mengaktualisasikan dirinya, bisnis Anda pun ikut maju.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda tidak mengucapkan 10 kata berikut karena hanya akan membuat karyawan merasa tidak percaya diri.

7 Kata yang Bikin Karyawan Tak Percaya Diri, Sebaiknya Jangan Diucapkan!

1Tidak

Kata negatif ini mampu memberikan dampak buruk hingga membuat karyawan jadi merasa tidak bersemangat. Sebuah penelitian menujukan bahwa cara seseorang merespon pada kata “tidak” cenderung lebih lambat dibandingkan kata “iya”.


2Tidak bertanggung jawab

gambar: moneycrashers.com

Faktanya, kata ini mampu membuat karyawan Anda merasa terintimidasi. Ini sama saja seperti tidak menghargai kerja keras atau hasil usaha yang sudah dikerjakan.


3Buruk

gambar: bizjournals.com

Menggunakan kata ini untuk mendeskripsikan perbuatan atau karakter seseorang sangat tidak disarankan.

Baca juga: 10 Akun Instagram yang Wajib Di-follow Setiap Pebisnis Profesional agar Makin Sukses

Kecuali kalau apa yang dilakukan karyawan Anda memang benar-benar buruk, lebih baik sampaikan hal tersebut dengan kritik membangun yang bisa membuat karyawan lebih termotivasi.


4Tidak berkompeten

gambar: hrdailyadvisor.blr.com

Ternyata, ini merupakan kata favorit yang sering digunakan para pemimpin perusahaan untuk menjatuhkan karyawan-karyawannya.

Baca juga: 5 Tips Mengatasi Karyawan Agar Mau Disiplin Dalam Bekerja

Kata ini sebenarnya digunakan untuk dua hal, supaya karyawan bisa bekerja lebih keras atau memang karena kualitas karyawan tidak sesuai ekspektasi Anda.


5Membosankan

gambar: theconversation.com

Apabila ada karyawan yang terlihat membosankan untuk Anda, tanyakan lagi pada diri sendiri, apakah mereka memang benar-benar membosankan? Bisa jadi, ini karena Anda belum mengenal karyawan Anda lebih jauh.


6Tidak berguna

gambar: baldwinsuccesscoaching.com

Well, kata yang satu ini juga cukup menyakitkan. Mungkin, Anda akan dicap sebagai bos yang menyebalkan yang tidak disegani para karyawan.

Baca juga: Pertimbangkan 5 Hal Ini Saat Merekrut Karyawan

Jika Anda merasa bahwa karyawan Anda kurang bekerja keras, jangan katakan bahwa mereka tiidak berguna. Lebih baik sampaikan pada mereka bahwa apa yang dikerjakan kurang efektif. Jangan lupa, berikan saran agar mereka bisa bekerja lebih maksimal.


7Kecewa

Ini adalah kata selanjutnya yang sebaiknya jangan dikatakan kepada karyawan Anda. Jika memang Anda tidak puas dengan apa yang mereka lakukan, Anda tetap harus menunjukan rasa hormat. Gunakan kata-kata yang lebih positif supaya karyawan tidak down.


8Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.