10 Contoh Karyawan yang Harus Dipecat Secepat Mungkin – Punya karyawan yang kompeten dan berperilaku baik tentu menjadi dambaan setiap pengusaha. Hanya saja, ada saja karyawan yang sulit diatur dan menyebalkan.

Anda tentu tidak dapat memberikan toleransi berulang kali terhadap karyawan yang sering bermasalah. Anda tidak boleh membiarkan karyawan terus-menerus berulah karena akan membawa pengaruh negatif dalam lingkungan kerja.

Baca Juga: 5 Cara Memecat Karyawan Secara Baik-baik dan Profesional

Tegaslah terhadap karyawan yang buruk dalam bekerja dan bersikap. Anda berhak untuk memberhentikan karyawan yang menjadi batu sandungan dalam bisnis Anda. Berikut contoh tipe karyawan yang layak untuk segera dipecat.

Baca Juga: 8 Cara Membangun Pikiran Positif Agar Bisa Jadi Orang Sukses

Hati-Hati, Ini 10 Contoh Karyawan yang Harus Dipecat

1Karyawan yang Sering Berpikiran Negatif pada Siapapun

Sebagai manusia biasa, setiap orang pasti pernah menghakimi atau tidak suka dengan orang lain. Namun, ada orang yang suka berpikiran negatif pada siapapun. Karyawan seperti ini biasanya tidak suka melihat orang lain senang. Hal ini tidak baik bagi keharmonisan hubungan sosial di kantor.

2Karyawan yang Suka Menyalahkan Orang Lain

Karyawan ini sukanya dibela dan merasa paling benar. Ada saja alasan untuk menjatuhkan orang lain. Dia ingin terlihat baik dengan membuka keburukan orang lain. Bahkan dia tidak segan untuk melindungi diri sekalipun dirinya yang melakukan kesalahan. Anda jangan mau dipermainkan karyawan seperti ini.

Baca Juga: 6 Topik Pembicaraan yang Harus Dihindari di Tempat Kerja

3Karyawan yang Suka Menggosipkan Orang Lain

Ketegangan di kantor bisa terjadi karena gosip. Jangan percaya dengan karyawan yang suka membicarakan orang lain di belakang. Jika ada karyawan yang suka mengadu kesalahan orang lain, karyawan tersebut bukanlah orang yang bisa diandalkan. Karena di belakang Anda pun, dia tidak segan menggosipkan Anda.

4Karyawan yang Bohong Berulang Kali

Sekali berbohong, orang akan terus berbohong. Anda tidak mungkin dapat mempercayai karyawan yang suka berbohong. Jika Anda tidak waspada, Anda akan diperdaya olehnya. Jadi, jangan mau terus menjalin kerja sama dengan pembohong, karena berbisnis itu membutuhkan kejujuran.

Baca Juga: 6 Karakter yang Jadi Ciri Khas Pemimpin Bisnis yang Sukses

5Karyawan yang Paling Sok Tahu

Karyawan ini suka mengomentari berbagai hal dengan alasan yang terdengar “jenius” . Padahal, komentarnya tidak masuk akal dan menyesatkan. Namun, dia tidak mau menerima pandangan orang lain dan merasa paling jago. Sedangkan hasil kerjanya tidak bagus-bagus amat dan seringkali hanya omdo alias omong doang.

6Karyawan yang Tidak Tahu Etika

Karyawan yang tidak tahu etika adalah karyawan yang harus dipecat. Karyawan ini suka bersikap seenaknya terhadap rekan kerja bahkan Anda sebagai atasannya. Dia tidak bisa menempatkan diri dalam lingkungan pekerjaan yang profesional dan bahkan melanggar norma. Seperti suka berpakaian yang tidak sopan, sering mengucapkan kata-kata kasar, dan tidak menghormati orang lain.

Baca Juga: 8 Hal yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan Terhadap Bisnis Anda

7Karyawan yang Bersikap Buruk Terhadap Konsumen dan Klien

gambar: affirmx.com

Konsumen dan klien adalah orang-orang yang sulit dipertahankan. Perusahaan Anda harus dapat menjaga kepercayaan mereka demi kemajuan dan keberlangsungan bisnis. Namun, jika ada karyawan yang bersikap buruk terhadap mereka, wajar saja jika Anda memecatnya. Sebab karyawan tersebut sudah merusak nama baik perusahaan dan membuat bisnis Anda rugi.

8Karyawan yang Ketahuan Mencuri

foto: linkedin.com

Tidak ada alasan untuk mempertahankan pencuri. Pastikan lingkungan kerja Anda aman dari karyawan yang berniat mencuri barang perusahaan maupun rekan kerja. Jika ada yang diam-diam mengambil barang yang bukan haknya, segera ambil tindakan. Bahkan silakan Anda menempuh jalur hukum jika kasus pencurian tidak dapat diselesaikan secara kekeluargaan.

Baca Juga: 7 Ciri-Ciri Pemimpin yang Terampil dalam Bisnis

9Karyawan yang Sering Melanggar Peraturan yang Berlaku

gambar: redbranchmedia.co

Setiap perusahaan memiliki aturan yang wajib dipatuhi. Jangan biarkan karyawan Anda mengabaikan peraturan. Jika ada yang berulang kali melanggar peraturan, Anda tentu harus memberikan sanksi yang tegas. Bahkan jika sudah keterlaluan, langsung saja ambil sikap untuk memecatnya.

10Karyawan yang Kinerjanya Terus Menurun

Anda pasti memantau perkembangan setiap karyawan setiap bulan. Lakukan evaluasi kinerja dan berikan penilaian yang objektif. Jika ada karyawan yang terus kehilangan semangat kerja dan tidak mencapai target, maka Anda berhak menggantinya dengan yang baru.

Baca Juga: Para Ekstrovert Wajib Coba 9 Pilihan Karier Menjanjikan Ini


Nah, itulah 10 contoh karyawan yang harus dipecat. Namun, sebelum Anda memecat karyawan Anda, pastikan keputusan Anda sudah tepat sesuai dengan kebijakan perusahaan. Lalu, lakukan pemecatan secara baik-baik dan profesional agar karyawan tersebut dapat menerimanya dengan lapang dada.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Total Bunga
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.