5 Hal yang Menyebabkan Kegagalan Pebisnis Pemula – Menjalankan bisnis apapun pasti memiliki resiko untung atau rugi.

Bagi pebisnis pemula, Anda pasti mengharapkan keberuntungan berpihak pada Anda. Namun, kegagalan adalah hal juga mungkin terjadi pada bisnis Anda. Sehingga Anda harus meminimalisir risiko dengan menghindari kesalahan dalam berbisnis.

Baca Juga: 5 Prinsip Agar Menjadi Pribadi yang Sukses

Nah, berikut beberapa penyebab kegagalan yang sering dialami oleh pebisnis pemula yang harus Anda hindari.

Baca Juga: Tips Jitu Menjalankan Bisnis Sambil Kerja


5 Hal Penyebab Kegagalan Pebisnis Pemula

1Perencanaan yang Buruk

gambar: legalservicesincorporated.com

Banyak orang gagal menjalankan bisnis pertamanya karena tidak menyiapkan rencana bisnis yang baik. Dengan perencanaan yang buruk berarti Anda sendiri yang merencanakan kegagalan bisnis Anda.

Padahal, penting sekali persiapan bisnis agar Anda tahu apa saja yang harus Anda lakukan untuk mengelola bisnis Anda. Buatlah perencanaan tertulis yang detail agar tidak ada hal yang luput dari perhatian Anda.

Perencanaan bisnis meliputi menetapkan tujuan bisnis, membuat SOP bisnis, perhitungan keuangan, menentukan target pasar maupun teknik pemasaran, dan sebagainya.

Baca Juga: 8 Tips Penting Saat Membuka Usaha Pertama Agar Tak Salah Melangkah

2Hanya Semangat di Awal Saja

Pebisnis pemula yang panas-panas tahi ayam akan penuh semangat di awal, tapi tak lama kemudian ogah-ogahan menjalankan bisnisnya. Ini adalah contoh sikap orang yang belum serius berbisnis.

Padahal, bisnis harus dijalankan dengan penuh komitmen. Diperlukan dedikasi untuk membuat sebuah bisnis baru bisa berhasil di tengah persaingan.

Maka dari itu, jangan cepat patah semangat, walau mungkin Anda mulai bosan dan belum ada hasil yang memuaskan. Ingatlah, tidak ada proses yang instan untuk menuju sebuah kesuksesan.

Baca Juga: Untuk Anda yang Punya Mimpi Besar, Begini Cara Agar Selalu Optimis

3Peluang Bisnis yang Kecil

Banyak pebisnis pemula yang berpikir keras untuk membuat sebuah bisnis yang berbeda dari yang lain. Namun, tidak semua ide bisnis yang unik akan memiliki prospek yang baik.

Maka dari itu, lakukanlah riset pasar sebelum bisnis dimulai untuk mengetahui kebutuhan dan pendapat konsumen, serta mendapatkan gambaran apakah ide Anda memiliki peluang atau tidak.

Sehingga jika ternyata peluangnya kecil, Anda harus siap dengan risiko kegagalan apabila Anda tetap nekat menjalankannya.

Baca Juga: 5 Tips Memulai Usaha Rumahan Agar Cepat Sukses

4Terlalu Banyak Kompetisi

Kegagalan pebisnis pemula juga bisa terjadi karena memilih bisnis yang sedang tren. Peluangnya memang besar, tapi risiko persaingannya pun besar.

Sebab menjalankan bisnis yang sama dengan banyak orang berarti tingkat kompetisinya juga sangat tinggi. Sebagai pebisnis baru, apakah Anda sanggup merebut konsumen yang ada di pasaran?

Maka dari itu, hindari memulai bisnis yang sudah memiliki terlalu banyak kompetisi. Lebih baik Anda jangan ikut-ikutan bisnis yang sedang ramai, tapi cobalah cari bisnis lain yang kompetisinya lebih kecil tapi juga menjanjikan.

Baca Juga: 5 Penyebab Anda Tidak Bisa Kaya Walau Sudah Lama Berbisnis

5Tidak Yakin dengan Bisnisnya

Keyakinan sangat menentukan usaha Anda. Jika Anda tidak yakin dengan bisnis yang Anda pilih, bagaimana mungkin Anda bisa meyakinkan orang lain dengan bisnis Anda?

Tentu saja tidak ada bisnis yang berjalan dengan sempurna. Pasti akan ada konsumen yang komplain terhadap produk Anda.

Namun, Anda sendiri harus tetap yakin dengan pilihan Anda. Jika ada kekurangan, segera perbaiki tanpa menghakimi diri sendiri bahwa Anda tidak cocok berbisnis.

Yakinlah bahwa bisnis Anda bisa punya masa depan. Sehingga Anda tidak akan mudah menyerah saat ada masalah yang dihadapi.

Baca Juga: 5 Kiat Sukses Memulai Bisnis untuk Entrepreneur Pemula


Nah, itulah beberapa penyebab kegagalan pebisnis pemula. Bagi Anda yang baru terjun ke dunia wirausaha, kiranya Anda bisa menghindari kesalahan dalam berbisnis seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Selamat berbisnis dan semoga Anda berhasil!


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.