4 Tanda Anda Sudah Kehilangan Passion dalam Berbisnis – Sebagai pendiri, Anda adalah orang pertama yang harus mencintai bisnis Anda.

Namun seiring berjalannya waktu, apakah Anda masih memiliki passion terhadap bisnis Anda? Masihkah Anda mencintai bisnis Anda seperti pada masa Anda memulainya?

Baca Juga: Anda Tidak Berani Memulai Bisnis? Yuk Coba Tips Ini!

Jika Anda sendiri tidak lagi menikmati bisnis Anda, maka lama-lama Anda akan sangat tertekan. Sehingga bisnis Anda pun tidak akan bisa berjalan secara maksimal.

Ingat, semangat Anda dalam berbisnis akan mempengaruhi orang lain, khususnya para pegawai atau karyawan. Itulah sebabnya kenapa Anda harus selalu menjaga passion Anda.

Baca Juga: 5 Hal yang Menyebabkan Kegagalan Pebisnis Pemula

Maka dari itu, coba cek diri Anda sendiri. Berikut tanda-tanda jika passion bisnis Anda sudah mulai hilang.

Baca Juga: Inilah 3 Skill Penting yang Harus Dikuasai oleh Pengusaha


4 Tanda Anda Kehilangan Passion dalam Berbisnis

1Anda Sering Membiarkan Kesalahan

Orang yang bekerja dengan passion akan berusaha melakukan yang terbaik. Anda punya standar kerja yang tinggi bagi diri sendiri maupun karyawan Anda.

Namun, saat passion Anda mulai hilang, Anda akan bekerja dengan setengah hati. Anda juga tidak lagi mempermasalahkan kinerja karyawan yang menurun.

Padahal, dulunya Anda tidak senang jika ada hal yang tidak sesuai. Namun, sekarang Anda seolah bodo amat atau tidak peduli dan sering membiarkan kesalahan terjadi.

Baca Juga: 5 Kiat Sukses Menjalankan Bisnis untuk Entrepreneur Pemula

2Anda Malas Menceritakan Bisnis Anda

Saat Anda bertemu orang baru atau teman lama, pasti kalian akan saling menanyakan kabar masing-masing. Soal bisnis dan pekerjaan pun biasanya menjadi bagian dari percakapan.

Namun, jika sekarang Anda menghindari topik soal bisnis dan pekerjaan, bisa jadi Anda tidak lagi memiliki passion terhadap bisnis Anda. Anda malah merasa tidak nyaman membahasnya lebih lanjut.

Padahal, membicarakan bisnis itu seharusnya disukai oleh pebisnis. Orang yang bangga dengan bisnisnya pasti ingin menceritakan hal-hal menarik yang ada pada bisnisnya.

Baca Juga: 5 Tips Agar Anda Tak Kehabisan Ide untuk Kembangkan Bisnis

3Anda Selalu Tidak Sabar Menyambut Weekend

Orang yang kehilangan passion tidak lagi kelihatan bahagia di hari-hari kerja. Semangat kerja menurun dan Anda selalu tidak sabar menghabiskan waktu di weekend atau akhir pekan.

Jika Anda mengalaminya, maka segeralah mengevaluasi diri Anda. Rutinitas memang terkadang bisa menjenuhkan, tapi jangan sampai membuat Anda malah tidak fokus bekerja.

Ingat, level Anda adalah seorang bos. Jangan sampai Anda bersikap seperti karyawan biasa yang tidak bersemangat di kantor gara-gara menunggu weekend yang masih lama.

Baca Juga: Lakukan 5 Hal Ini untuk Mengatasi Rasa Jenuh Bekerja

4Anda Lebih Fokus pada Urusan Lain

Tidak salah jika Anda punya berbagai kesibukan di hidup Anda. Namun, jika urusan yang lain membuat Anda menduakan prioritas pada bisnis Anda, maka passion Anda patut dipertanyakan.

Maka dari itu, coba cek apakah benar Anda sudah menjalankan bisnis sesuai dengan passion Anda? Jika semakin hari Anda semakin tak bersemangat, maka kemungkinan besar bisnis Anda yang sekarang tidak cocok untuk Anda.

Baca Juga: Tanpa Disadari, 5 Hal Ini Menimbulkan Masalah pada Bisnis Anda


Nah, itulah beberapa tanda bahwa Anda sudah kehilangan passion dalam berbisnis. Ingat, passion itu sangat penting agar Anda mencintai bisnis Anda dan bisa berhasil menjalankannya.

Namun, jika passion Anda menghilang, maka saatnya memutuskan apakah Anda akan melepaskan bisnis Anda atau membangkitkan semangat Anda dan kembali mencintai apa yang Anda kerjakan.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.