5 Manfaat Kemasan Produk yang Harus Anda Ketahui – Bagi Anda yang memasarkan produk, packaging atau kemasan produk adalah salah satu hal penting yang harus Anda perhatikan. Kemasan produk merupakan bagian dalam branding untuk mengenalkan produk Anda ke pasaran.

Namun, sejumlah pebisnis kurang memberi perhatian yang lebih pada packaging atau kemasan produk. Ada yang berpikir bahwa yang terpenting dalam pemasaran produk adalah kualitas produknya. Padahal, kemasan adalah salah satu hal yang dapat mempengaruhi penjualan.

Baca Juga: 8 Kesalahan Dalam Pemasaran Produk yang Harus Dihindari

Jika Anda ingin produk Anda mencuri perhatian, perhatikanlah juga tampilan pada kemasan produknya. Carilah desainer profesional dan berpengalaman untuk mendesain kemasan produk yang bagus. Sehingga produk Anda akan terlihat semakin menarik di mata konsumen.

5 Alasan Pentingnya Kemasan Produk Bagi Bisnis Anda

1Melindungi Produk

Fungsi terpenting kemasan produk adalah untuk melindungi produk agar tidak mudah rusak. Kemasan produk memberikan perlindungan agar isi produk tidak mudah tergores, basah, dan cacat. Apalagi saat pendistribusian atau pengiriman produk, terkadang produk berisiko rusak di dalam perjalan karena terjatuh atau tertimpa barang lain. Namun, dengan adanya kemasan yang baik, produk jadi lebih terjamin keamanannya.

Baca Juga: Perhatikan 7 Hal Ini Agar Bisnis Anda Sukses Merebut Hati Konsumen

2Membangun Kepercayaan

gambar: prodirector.net

Kemasan produk dapat meningkatkan kepuasan konsumen. Bagi bisnis online, konsumen Anda akan puas jika produk telah sampai ke tangannya dengan kondisi yang baik. Nah, kemasan pastinya akan berfungsi untuk melindungi seluruh bagian produk agar tidak mudah rusak. Jika konsumen puas, maka kepercayaan konsumen otomatis akan terbangun.

3Menambah Daya Tarik

Carilah desainer yang sudah berpengalaman dalam mendesain produk. Desainer akan lebih paham tentang desain, bentuk, dan material kemasan produk yang baik dan cocok untuk jenis produk Anda. Dengan rancangan desainer, tampilan produk akan terlihat menarik karena desain kemasannya yang kreatif. Kemasan bisa menambah daya tarik konsumen untuk membelinya. Bahkan jika desainnya unik, konsumen akan menyimpan kemasan tersebut dan tidak ingin membuangnya.

Baca Juga: 4 Tips Agar Generasi Millenial Mau Membeli Produk Anda

4Mempromosikan Produk

gambar: bluefountainmedia.com

Pada kemasan produk, Anda dapat mencantumkan sejumlah informasi tentang produk Anda. Seperti nama brand, logo, tagline, harga, alamat website, akun media sosial, manfaat, cara pembuatan produk, dan lain-lain. Informasi tersebut adalah bagian dari cara promosi untuk memperkenalkan keunggulan produk. Namun, pastikan informasi produk tidak sampai memenuhi desain kemasan, karena akan membuatnya jadi tidak menarik.

Baca Juga: Ikuti 7 Tips Ini Agar Konsumen Baru Menjadi Pelanggan Setia

5Membuat Perbedaan

gambar: praxispackaging.com

Jika Anda memasarkan produk yang sama dengan pebisnis lain, kemasan produk dapat jadi strategi untuk membuat perbedaan. Kemasan akan jadi identitas bisnis Anda. Jika kemasan produknya menarik, konsumen dapat lebih mudah mengingat bisnis Anda dan tahu apa yang membedakan bisnis Anda dengan bisnis lain yang menjual produk yang sama. Anda bisa membuat produk Anda terlihat spesial dengan adanya kemasan produk yang unik.

Baca Juga: 6 Bidang Manajemen Bisnis yang Harus Anda Ketahui

Nah, itulah lima manfaat packaging atau kemasan produk dalam pemasaran. Bagi Anda yang baru mau memulai bisnis, mulai siapkan desain kemasan yang terbaik. Sedangkan bagi bisnis lama yang sudah berjalan, perhatikan kembali desain kemasan produk Anda. Jika tampilannya kurang bagus, segera rancang kembali dengan desain yang lebih baik.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.