Untung-Rugi Membolehkan Karyawan Kerja Remote – Remote working atau kerja remote adalah istilah untuk bekerja dari jarak jauh.

Pada zaman modern saat ini, bekerja secara remote sudah mulai menjadi tren. Banyak perusahaan startup yang mempekerjakan anak-anak muda kreatif yang menyukai sistem kerja ini.

Baca Juga: Keuntungan Merekrut Pekerja Lepas atau Freelancer

Tidak hanya untuk pekerja freelance, tapi karyawan tetap pun sekarang bisa bekerja remote. Karyawan tidak perlu datang ke kantor karena dizinkan untuk bekerja dari rumah, kafe, luar kota, luar negeri, dan dari mana pun.

Sebab dengan mengandalkan teknologi dan internet, karyawan bisa saling berkomunikasi dengan rekan kerja dan mengirimkan hasil kerjanya. Untuk pekerjaan-pekerjaan tertentu, cara bekerja remote memang memungkinkan.

Baca Juga: 5 Trik Merancang Kantor di Rumah yang Aman Bagi Privasi

Nah, apakah Anda tertarik menerapkan sistem kerja ini dalam bisnis Anda? Sebagai bahan pertimbangan, berikut beberapa keuntungan dan kerugian jika Anda mengizinkan karyawan bekerja remote.


Keuntungan dan Kerugian Sistem Kerja Remote

Keuntungan Sistem Kerja Remote

  • Jam Kerja yang Fleksibel

24 jam sehari tidak cukup, coba tips manajemen waktu ini

Karena tidak perlu datang ke kantor, karyawan bisa lebih bebas mengatur waktu. Jam kerja yang fleksibel cocok untuk karyawan yang tidak ingin terkekang.

Jika bekerja dari rumah, karyawan bisa lebih banyak waktu untuk keluarga. Cara kerja ini akan menguntungkan bagi mereka yang sudah berumah tangga.

Baca Juga: 4 Bisnis Online yang Cocok untuk Ibu Rumah Tangga

  • Hemat Waktu, Uang, dan Tenaga

mengelola bisnis online - bisnis rumahan

Bekerja tanpa harus ke kantor merupakan efisiensi. Anda tidak perlu mengeluarkan uang transportasi untuk karyawan. Karyawan juga bisa berhemat waktu dan tenaga yang dihabiskan di jalanan yang macet, karena mereka bisa bekerja dari rumah.

Dengan begitu, karyawan dapat langsung memulai aktivitas pekerjaan dari rumah. Tidak perlu terburu-buru untuk berangkat kerja, tapi cukup menyalakan laptop dan internet agar dapat mulai bekerja.

Baca Juga: 6 Cara Memaksimalkan Waktu Kerja di Kantor

  • Mencegah Kejenuhan

saat harus bekerja dari rumah, lakukan ini agar tetap produktif

Bekerja remote bisa dari mana saja. Bisa bekerja saat lagi liburan ke suatu tempat sehingga karyawan akan terhindar dari kejenuhan akibat rutinitas kerja harian di kantor.

Dengan bekerja ditemani suasana berbeda, karyawan tidak akan mudah stres dan tertekan karena mereka lebih leluasa dalam bekerja. Karyawan pun jadi lebih bersemangat dan dapat menghasilkan ide-ide segar.

Baca Juga: Kenali Perilaku Karyawan yang Bermasalah Sebelum Terlambat

Kerugian Sistem Kerja Remote

  • Minim Sosialisasi

Karyawan remote akan datang ke kantor saat ada keperluan tertentu saja. Hal ini tentu membuat rasa kedekatan antar sesama rekan kerja menjadi berkurang karena minimnya sosialisasi.

Padahal, kedekatan personal dengan rekan kerja dapat mempererat hubungan profesional yang dibangun. Kekompakan tim sangat penting karena setiap individu pasti akan saling membutuhkan.

Baca Juga: 8 Tips Jitu Meningkatkan Produktivitas Kerja di Kantor

  • Terjadi Miskomunikasi

tips agar selalu berpikir positif dalam berbisnis

Informasi tertentu lebih baik jika disampaikan secara langsung dan tatap muka. Sedangkan jika berkomunikasi menggunakan perantara seperti perangkat elektronik dan aplikasi berbagi pesan, malah dapat mengakibatkan terjadinya miskomunikasi.

Maka dari itu, jika Anda ingin menerapkan sistem kerja ini, aktivitas rapat langsung perlu diadakan secara berkala. Hal ini berguna agar setiap karyawan dapat membagikan informasi penting dengan lebih jelas.

Baca Juga: Tips Agar Tetap Produktif Saat Bekerja dari Rumah

  • Banyak Godaan
menonton film di rumah
gambar: risingbd.com

Bekerja di luar kantor memiliki banyak godaan. Karyawan bisa tergoda untuk menonton televisi, bermain game, dan jalan-jalan daripada mengerjakan tugasnya terlebih dahulu.

Karyawan yang tidak tahan godaan, bisa kompromi untuk menunda pekerjaan sehingga produktivitas dapat menurun. Jadi, Anda perlu bersikap tegas jika menemukan karyawan yang tidak bertanggung jawab.

Baca Juga: Untung-Rugi Menjalankan Bisnis Waralaba yang Perlu Diketahui


Nah, itulah keuntungan dan kerugian menerapkan sistem kerja remote. Bagi Anda yang ingin menerapkan sistem kerja ini dalam perusahaan Anda, maka pastikan Anda membuat peraturan yang jelas agar karyawan dapat lebih disiplin bekerja di mana pun mereka berada.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.