7 Faktor Penting yang Mempengaruhi Kerja Sama Tim yang Solid  Bekerja dalam tim tidak selalu menyenangkan. Anda tidak akan selalu cocok dengan rekan kerja Anda.

Anda tidak dapat benar-benar menghindari konflik dalam tim. Perbedaan pendapat kerap terjadi. Kinerja salah satu anggota tim juga ada kalanya menurun.

Baca Juga: 5 Manfaat Teamwork Bagi Diri Sendiri dan Perusahaan

Namun, terlepas dari berbagai kekurangan yang ada, kekompakan dapat terwujud jika setiap orang mau memberikan kontribusi yang positif. Ini bukan hanya tugas pemimpin, melainkan tugas setiap anggota tim.

Untuk itu, perhatikan beberapa faktor berikut ini agar tim kerja dalam perusahaan bisa semakin kompak.

Baca Juga: Wajib Dihindari! 3 Kesalahan Pebisnis Ini Bisa Bikin Bisnis Stagnan

7 Hal yang Membuat Kerja Sama Tim Menjadi Solid

1Komunikasi yang Terjaga

Komunikasi menjadi landasan terciptanya hubungan kerja yang baik. Komunikasi yang terjaga akan membuat hubungan jadi terbuka. Setiap individu harus berusaha menjaga komunikasi dalam kondisi apapun.

Masing-masing orang harus belajar menjadi komunikator yang baik. Mau mendengarkan dan juga memberikan masukan. Tidak boleh ada yang pasif dan egois. Semuanya harus sama-sama terlibat dalam tim.

Baca Juga: 6 Topik Pembicaraan yang Harus Dihindari di Tempat Kerja

2Saling Menghormati

Setiap orang dalam tim pasti punya kapasitas yang berbeda-beda. Walau kemampuan kerja tak sama, tidak boleh ada yang merasa paling penting dan meremehkan yang lain.

Jika Anda ingin dihormati, maka Anda harus menghormati orang lain juga. Tanamkan sikap saling menghormati supaya hubungan kerja tetap harmonis.

Baca Juga: 8 Sikap Negatif Pemimpin yang Harus Dihindari di Tempat Kerja

3Rasa Memiliki

Rasa saling memiliki akan menciptakan kerja sama tim yang solid. Setiap orang jadi ingin berkontribusi sebaik mungkin. Ada komitmen di dalam diri untuk menyelesaikan tugas secara bersama-sama.

Rasa kekeluargaan juga tertanam, sehingga setiap orang akan berinisiatif untuk saling membantu. Tidak ada yang hanya fokus memikirkan kepentingan pribadi, tetapi lebih mengutamakan kepentingan kelompok.

Baca Juga: 10 Cara Agar Percaya Diri Saat Presentasi Bisnis di Depan Banyak Orang

4Membangun Rasa Percaya

gambar: nationaldailyng.com

Membangun rasa percaya antar anggota tim kerja akan membuat hubungan jadi lebih sehat. Tidak ada yang saling curiga, tapi setiap orang belajar untuk mempercayai satu sama lain.

Dengan adanya kepercayaan, bekerja akan jadi lebih nyaman. Berikan kesempatan setiap orang untuk menunjukkan kemampuannya, supaya tidak ada yang merasa tersudutkan atau disepelekan.

Baca Juga: 7 Kata yang Bikin Karyawan Tak Percaya Diri, Sebaiknya Jangan Diucapkan!

5Memahami Peran Masing-Masing

Setiap orang dalam tim kerja, memiliki peran masing-masing dan akan menjalankan tanggung jawab yang berbeda. Namun, semuanya akan berdampak pada pekerjaan anggota lain dan target dalam tim.

Untuk itu, setiap orang harus menyadari perannya dan melakukan yang terbaik untuk setiap tugasnya. Jangan ada yang menunggu perintah baru bekerja atau melalaikan tugasnya secara sengaja. Semuanya harus bekerja secara profesional.

Baca Juga: Kenali 7 Tanda Karyawan Akan Resign Karena Sudah Tidak Betah Bekerja

6Berkolaborasi

Anda mungkin bisa mencapai sesuatu seorang diri. Namun, jika Anda ingin berjalan jauh dan mencapai hal yang besar, maka Anda membutuhkan orang lain untuk membantu Anda. Itulah gunanya tim.

Bangun kolaborasi bersama. Memang setiap orang punya perannya masing-masing. Namun, penting untuk memiliki sikap saling melengkapi. Sehingga jika ada anggota yang sedang kesusahan, maka setiap orang bersedia untuk membantu.

Baca Juga: Tak Harus Cari Partner! Ini 7 Keuntungan Membangun Bisnis Sendiri

7Fokus pada Tujuan Bersama

gambar: clickhowto.com

Meski setiap individu mungkin punya kepentingan lain dalam pekerjaan atau kesibukan lain di luar pekerjaan, masing-masing harus belajar untuk fokus pada tujuan bersama. Jangan ada yang melenceng dari jalur pekerjaannya.

Untuk itu, selalu tekankan target bersama yang ingin dicapai. Hal-hal yang bersifat privasi dan masalah dalam kelompok, jangan sampai menjadi distraksi yang menghambat tercapainya tujuan.

Baca Juga: 7 Cara Mengembangkan Usaha Agar Bisa Sukses di Tengah Persaingan


Nah, itulah beberapa faktor yang mempengaruhi kerja sama tim yang solid. Jika perusahaan berhasil mewujudkan tim kerja yang solid, maka kemungkinan besar kinerja juga akan jauh meningkat.

Terutama bagi pemimpin, Anda yang harus terlebih dahulu menjadi panutan dan mengarahkan setiap anggota. Niscaya, jika Anda dapat memimpin dengan baik, maka anggota tim juga dapat bekerja dengan baik.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.