6 Kesalahan Anak Zaman Sekarang dalam Menjalankan Bisnis – Menjadi sukses tidak harus menunggu tua. Kini banyak anak muda yang berhasil membuktikan kemampuannya untuk berprestasi di bidang yang dipilihnya.

Apalagi anak zaman now sudah sangat akrab menggunakan internet. Mereka semakin gampang menerima informasi dan mendapatkan inspirasi dari tokoh-tokoh sukses di seluruh dunia.

Tak jarang, mereka pun jadi termotivasi untuk sukses di usia muda seperti sosok idola mereka. Bahkan mereka tak hanya berani bermimpi, tapi langsung mencoba mewujudkannya.

Baca Juga: Setelah Lulus Kuliah Langsung Kerja atau Buka Usaha?

Namun, bagi Anda anak muda yang ingin sukses dalam bidang bisnis, Anda perlu berhati-hati dalam melangkah. Minimnya pengalaman dapat membuat Anda melakukan sejumlah kesalahan.

Maka dari itu, perhatikan hal-hal berikut ini agar Anda dapat menghindari kesalahan dalam berbisnis yang dapat merugikan Anda.

Baca Juga: Merintis Usaha dari Bawah Itu Susah, Tapi Coba Tips Berikut Ini!


6 Kesalahan Anak Zaman Sekarang dalam Berbisnis

1Punya Ekspektasi yang Berlebihan

Anda boleh saja optimis, tapi dunia bisnis itu rumit. Apalagi anak muda cenderung idealis dan kurang realistis dalam menghadapi masalah.

Maka dari itu, saat Anda ingin berbisnis, rencanakan usaha Anda sebaik mungkin. Namun, jangan hanya membayangkan kesuksesan, tapi Anda juga perlu menyiapkan diri Anda untuk menghadapi kemungkinan terburuk.

Sehingga saat Anda berbisnis, Anda bisa lebih siap secara mental dalam menghadapi kerumitan dunia bisnis. Anda pun menjadi lebih rasional dalam menjalankan bisnis Anda.

Baca Juga: Waspada! 4 Jebakan yang Bisa Membuat Bisnis Anda Gagal

2Asal Mencari Rekan Bisnis

Jangan mentang-mentang dia adalah sahabat Anda, maka Anda langsung mengajaknya untuk memulai bisnis bersama. Anak harus selektif karena membangun bisnis itu tidak seperti membangun hubungan personal.

Sebab belum tentu orang terdekat Anda akan cocok menjadi partner bisnis Anda. Terutama soal visi, pastikan rekan Anda punya tujuan yang sama agar kalian bisa kompak dalam menjalankan bisnisnya.

Baca Juga: Perhatikan 7 Hal Ini Agar Bisnis dengan Teman Berjalan Lancar

3Salah Mengalokasikan Modal

Pertimbangkan baik-baik sebelum menggunakan uang Anda untuk suatu keperluan. Anda harus mengalokasikan modal usaha berdasarkan prioritas.

Contohnya, Anda memulai bisnis online. Supaya foto produk yang Anda upload memiliki hasil yang bagus, Anda lalu membeli kamera profesional. Alhasil, modal Anda banyak terpakai untuk satu keperluan.

Padahal jika modal awal terbatas, untuk sementara Anda bisa menyewa kamera saja. Anda harus menekan pengeluaran agar keperluan lainnya juga kebagian anggaran dan kondisi keuangan bisa tetap stabil.

Baca Juga: 3 Alasan Utama Kenapa Anak Muda Perlu Melakukan Investasi

4Mencampur Keuangan Pribadi dan Bisnis

Anak muda yang baru terjun ke dunia bisnis seringkali menggunakan rekening pribadi untuk rekening bisnisnya. Namun, sebaiknya Anda membuat rekening baru untuk bisnis Anda.

Dengan memisahkan keuangan pribadi dengan bisnis, pengelolaan arus kas bisnis Anda jadi lebih profesional. Anda bisa membuat anggaran pengeluaran dan pemasukan, serta mencatat uang masuk-keluar dengan lebih baik.

Baca Juga: 4 Alasan Pebisnis Muda Membutuhkan Mentor Bisnis

5Suka Gonta-ganti Bisnis

Banyak anak zaman sekarang yang kerap gonta-ganti bisnis. Misalnya, awalnya memulai toko online yang menjual pakaian, tapi beberapa bulan kemudian malah menjual produk lain.

Sikap inkonsistensi dalam berbisnis ini disebabkan karena anak muda tidak bisa sabar. Biasanya karena bisnisnya sepi, sehingga muncul ide untuk memulai bisnis lain.

Padahal, jika bisnis Anda kurang laris, coba dulu perbaiki strategi pemasarannya dan bukan langsung menutup atau mengganti bisnis Anda. Sebab selalu butuh waktu agar bisnis baru mendapat tempat di hati konsumen.

Baca Juga: Seorang Pengusaha Harus Punya 3 Skill Penting Ini

6Kurang Totalitas dalam Berusaha

Saat Anda memutuskan untuk berbisnis, kesibukan Anda akan bertambah. Risikonya, Anda tidak bisa seperti anak muda lain yang sibuk bermain atau pacaran saja.

Namun, pebisnis muda terkadang lupa akan hal tersebut. Sehingga semangatnya dalam berbisnis hanya terlihat di awal saja.

Padahal, jika ingin sukses, Anda harus totalitas dalam berusaha. Anda harus memprioritaskan bisnis Anda dan menjalankannya dengan penuh dedikasi setiap hari.

Baca Juga: Anda Bisa Sukses Jika Mau Belajar Menghargai 9 Hal Ini


Nah, itulah beberapa kesalahan anak zaman sekarang dalam berbisnis. Anda patut menghindarinya agar Anda bisa memulai bisnis dengan baik dan berhasil mengembangkannya.

Akhir kata, selamat berbisnis anak muda dan semoga bisnis Anda sukses!


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.