Mau Sukses? Berhentilah Melakukan 5 Kesalahan dalam Bisnis Ini РMenjadi seorang founder startup pada kenyataannya tidaklah mudah.

Jika Anda tidak pandai membuat keputusan dalam pekerjaan, hati-hati Anda bisa mengorbankan karyawan atau perusahaan.

Jika Anda tidak bisa menghindarkan diri dari kesalahan dalam bisnis, hal tersebut juga sama saja seperti membahayakan perusahaan Anda sendiri.

Baca juga: 7 Cara Menghadapi Orang Iri Hati di Lingkungan Bisnis

Oleh karena itu, guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, ini dia 5 hal yang harus berhenti dilakukan oleh para founder startup.

Mau Sukses? Berhentilah Melakukan 5 Kesalahan dalam Bisnis Ini

1Berhenti menjadi sibuk sepanjang waktu

Banyak orang yang berpikir bahwa menjadi seoran founder startup harus terlibat dalam banyak hal. Apalagi, keputusan penting ada di tangan mereka.

Baca juga: Bisnis Lebih Terarah, Setiap Pengusaha Harus Selalu Memperhatikan 4 Hal Ini

Namun, perlu diketahui, jika terus-menerus melibatkan founder, hal tersebut hanya akan memperlambat proses pengerjaan sesuatu. Maka dari itu, cobalah untuk mendelegasikan tugas-tugas kepada rekan-rekan kerja Anda.

Ingat, Anda tidak bisa bekerja sendirian. Anda harus mengandalkan orang lain dan menaruh kepercayaan pada mereka yang sama-sama ingin membangun perusahaan Anda.


2Berhenti bekerja mati-matian

Sebagai seorang founder, mungkin Anda merasa bahwa semua pekerjaan dibebankan ke pundak Anda. Anda merasa bahwa Anda harus bekerja mati-matian demi memberi contoh yang baik untuk karyawan-karyawan Anda.

Ingat, startup itu memang seperti marathon, tetapi ini bukanlah perlombaan. Kesuksesan bisa diraih dalam waktu yang tak sebentar. Jika Anda tidak memberikan waktu lebih untuk diri Anda beristirahat, yang lain pun juga tidak.

Baca juga: Kurang Tidur? Hati-hati, 4 Hal Ini Bisa Memengaruhi Bisnis Anda

Maka dari itu, beristirahatlah sejenak, berliburlah saat akhir pekan, pergi massage, segarkan diri Anda kembali. Anda tidak akan bisa perhatian kepada orang lain jika Anda tidak perhatian dengan diri sendiri.


3Berhenti berpura-pura menjadi pahlawan

gambar: universityhealthnews.com

Seorang pemimpin tidak perlu menjadi orang yang sempurna. Seorang pemimpin juga tidak perlu berpura-pura bahwa segala yang terjadi baik-baik saja, bahwa Anda tidak pernah membuat kesalahan.

Baca juga: Bangkit Setelah Bisnis Gagal Memang Tak Mudah, tapi Anda Bisa Melakukan 5 Hal Ini

Mungkin, orang lain berpikir bahwa Anda adalah orang yang kuat dan berani. Anda adalah panutan. Pada realitasnya, Anda hanya menunjukkan kepalsuan.

Bukankah alangkah lebih baik Anda mengutarakan apa yang Anda alami kepada orang lain? Dengan demikian, orang lain bisa memberikan masukan kepada Anda mengenai apa yang harus dilakukan atau apa yang bisa diperbaiki.


4Berhenti menghindari pelanggan Anda

Kapan terakhir kali Anda berbicara dengan pelanggan Anda? Bukan, bukan untuk menjual produk atau jasa, bukan pula untuk memberikan bantuan.

Namun, untuk mendengarkan keluh kesah mereka, membangun hubungan yang baik, bisa juga mengajukan feedback.

Baca juga: 6 Hal Penting untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Pelanggan

Sebagai seorang founder, Anda harus tetap berkomunikasi dengan para pelanggan, mengingat betapa berharganya mereka demi perusahaan.


5Berhenti membandingkan perusahaan Anda dengan startup lain

Bila Anda iri dengan kesuksesan startup lain, hal tersebut hanya akan menurunkan motivasi Anda untuk berkembang dan melewati masa-masa sulit.

Seharusnya, Anda bangga terhadap perusahaan Anda sendiri, tanpa perlu membanding-bandingkannya.

Baca juga: 4 Kelebihan Wanita Saat Berbisnis yang Bikin Para Pria Sirik

Jika memang ada hal yang lebih istimewa dari startup lain, jadikanlah hal tersebut sebagai pemacu bagi Anda dan tim untuk terus melangkah lebih jauh, juga terus melakukan inovasi dan perubahan bermanfaat.

Apabila 5 hal di atas sudah dilakukan dengan baik, Anda pun bisa lebih fokus dalam menjalankan startup. Perusahaan Anda pun akan bisa lebih berkembang pesat.


6Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.