6 Kesalahan dalam Kepemimpinan yang Harus Anda Hindari –┬áSetiap pemimpin punya cara masing-masing dalam memimpin demi kesuksesan bisnisnya.

Namun mungkin tanpa Anda sadari, selama ini Anda masih melakukan hal-hal yang kurang tepat. Gaya kepemimpinan Anda membuat lingkungan kerja menjadi kurang kondusif dan membuat karyawan merasa tidak nyaman.

Baca Juga: 6 Sikap Seorang Pemimpin Perusahaan yang Diharapkan Karyawan

Padahal sebagai pemimpin, peran Anda sangat besar dalam mempengaruhi kinerja karyawan. Maka dari itu, coba perhatikan beberapa kesalahan kepemimpinan berikut ini, supaya Anda menyadari kesalahan Anda dan bisa memperbaikinya.


6 Kesalahan dalam Kepemimpinan Bisnis

1Anda Pikir Anda Harus Bisa Segalanya

pemimpin yang disegani bawahan

Gengsi yang terlalu tinggi membuat pemimpin ingin selalu terlihat hebat. Sikap menjadi kurang rendah hati untuk mengakui kekurangan dan belajar dari orang lain.

Padahal, Anda tidak harus bisa segalanya untuk menjaga kredibilitas. Jika Anda merasa ada hal yang tidak Anda kuasai, Anda tidak perlu mengada-ada.

Sebaliknya, mengakui kekurangan malah bisa membuat tim Anda lebih respek pada Anda. Jangan paksakan diri untuk selalu tampak sempurna di depan tim Anda.

Ingat, Anda memiliki tim yang berfungsi untuk membantu Anda. Jadi, jalinlah kerja sama yang baik dan saling melengkapi demi kebaikan bersama.

Baca Juga: 6 Cara Sederhana untuk Belajar Tentang Dunia Bisnis

2Tidak Percaya dengan Tim Anda

pemimpin yang disegani - bekerja

Memang sulit untuk memberikan kepercayaan pada orang lain. Mungkin karyawan Anda tidak sehebat diri Anda dalam menyelesaikan pekerjaan.

Namun, untuk bisa mencapai banyak hal, akan lebih baik hasilnya jika dikerjakan bersama tim. Jangan cuma mengandalkan diri sendiri, karena Anda akan kewalahan.

Maka dari itu, penting untuk merekrut tim yang dapat diandalkan. Selektiflah dalam membentuk tim dan setelah itu belajarlah percaya pada mereka.

Delegasikan tugas-tugas sesuai porsinya. Arahkan mereka dengan baik dan perlakukan mereka dengan bijaksana, supaya semua pekerjaan dapat beres dan bisnis pun berhasil.

Baca Juga: 7 Kata yang Bikin Karyawan Tidak Percaya Diri

3Bersikap Emosional di Tempat Kerja

cara menghadapi karyawan nakal dan sulit diatur
gambar: bizjournals.com

Sebagai pemimpin, level Anda memang paling tinggi. Anda ingin orang lain mengikuti apa kata Anda dan mengerjakan tugasnya dengan baik.

Namun, jika ada masalah dan karyawan Anda melakukan kesalahan, bersikaplah dewasa dalam menegurnya. Ingat, tegas dan emosional itu berbeda.

Pandailah membawa diri, karena emosi Anda sangat mempengaruhi kenyamanan di tempat kerja. Jika Anda sering marah-marah tak terkendali, siapa yang bakal tahan bersama Anda?

Maka dari itu, ubah sikap Anda dalam mengatasi permasalahan. Anda harus belajar mengontrol mood Anda dan tetap profesional, meskipun kondisi sedang tidak baik.

Baca Juga: 6 Cara Ampuh Menghilangkan Pikiran Negatif yang Bikin Stres

4Menetapkan Terlalu Banyak Target

multitasking

Karyawan Anda bukan robot dan hanya manusia biasa. Memang Anda menggaji mereka setiap bulan. Anda mengeluarkan uang yang tidak sedikit untuk mempekerjakan mereka.

Namun, jangan menguras tenaga karyawan tanpa peduli keadaan mereka. Bersikaplah realistis dalam menetapkan target yang harus dicapai oleh karyawan.

Jangan sampai terlalu banyak target dan akhirnya membuat mereka kelimpungan karena bingung mana yang harus didahulukan. Akibatnya, karyawan malah menjadi stres dan tidak bisa memenuhi semua target dengan maksimal.

Untuk itu, cobalah bersikap manusiawi. Bisnis perlu meraih keuntungan, tapi jangan sampai berlebihan dalam menetapkan target, tanpa memperhatikan kemampuan karyawan dan kenyataan di lapangan.

Baca Juga: Anda Bisa Sukses Jika Mau Belajar Menghargai 9 Hal Ini

5Kurang Tegas dalam Mengambil Keputusan

penyebab karyawan hilang semangat kerja di kantor - kesalahan dalam bisnis - takut jadi pemimpin perusahaan

Sikap yang kurang tegas termasuk contoh kesalahan dalam kepemimpinan. Sebab, Anda harus ingat bahwa jika iya, katakan iya dan jika idak, katakan tidak.

Namun, jika Anda sendiri ragu-ragu, bagaimana dengan orang lain? Karyawan Anda juga pasti akan bingung dengan sikap Anda.

Maka dari itu, pikirkan baik-baik setiap keputusan yang akan dibuat karena Anda juga bertanggung jawab atas risikonya. Jangan gegabah dan plin-plan, tapi haruslah mantap berdasarkan pertimbangan yang jelas.

Baca Juga: 7 Kiat Ini Bisa Dilakukan untuk Memulai Percakapan yang Efektif

6Menerapkan Cara Kerja yang Terlalu Kaku

pemimpin dan karyawan senior yang lebih tua
gambar: moneycrashers.com

Terutama bagi pemimpin bisnis yang sudah tua atau berumur, mungkin tidak menyadari kesalahan dalam kepemimpinan ini. Padahal, menerapkan budaya kerja yang terlalu konvensional tidak cocok lagi di masa kini.

Terlebih lagi jika tim Anda banyak yang masih tergolong muda. Maka Anda perlu menerapkan budaya kerja yang lebih modern agar lebih relevan dengan perubahan zaman.

Sebab jika Anda terlalu ketat dalam menerapkan cara kerja yang kaku, biasanya akan kurang cocok dengan karyawan yang masih muda. Akibatnya, Anda akan kesulitan untuk bekerja sama dengan generasi muda.

Baca Juga: 5 Tanda Anda Tidak Disukai oleh Karyawan Anda Sendiri


Nah, itulah beberapa kesalahan dalam kepemimpinan yang harus Anda hindari. Semoga dapat menjadi masukan bagi Anda untuk memperbaiki cara Anda dalam memimpin.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.