8 Kesalahan Dalam Pemasaran Produk yang Harus Dihindari – Pemasaran produk adalah serangkaian kegiatan atau aktivitas penyebarluasan produk ke tengah-tengah masyarakat. Pada dasarnya, konsep pemasaran ialah tentang proses pemenuhan kebutuhan dan keinginan konsumen yang menjadi pangsa pasar dalam bisnis.

Sebagai pelaku usaha, strategi pemasaran produk sudah sepatutnya mendapat perhatian. Konsep pemasaran harus tepat agar bisnis Anda dapat menjangkau banyak calon konsumen potensial. Produk Anda harus dikenal dan dapat diterima, serta digunakan oleh konsumen. Bahkan kepuasan konsumen juga harus diperhatikan dalam pemasaran.

Baca Juga: Hati-Hati, Ini 10 Penyebab Bisnis Gagal di Tengah Jalan

Untuk itu, ada beberapa hal kesalahan yang harus dihindari dalam pemasaran produk. Simak pembahasan berikut ini agar strategi pemasaran produk Anda berhasil dan membawa keuntungan bagi bisnis Anda.

Jangan Lakukan 8 Kesalahan Ini Dalam Pemasaran Produk

1Kurangnya Uji Coba Pasar

Riset adalah bagian dari proses pemasaran. Tanpa riset yang baik, Anda tidak akan memahami kebutuhan pasar. Ternyata produk Anda tidak menarik dan bernilai jual. Mungkin saja Anda menawarkan produk yang inovatif, tetapi belum tentu produk tersebut dibutuhkan oleh konsumen saat ini. Untuk itu, lakukanlah uji coba pasar sebelum memasarkan produk Anda.

Baca Juga: 5 Dampak Buruk Jika Menjalankan Bisnis Tanpa Perencanaan

2Target Pasar Tidak Spesifik

Jika Anda menetapkan pangsa pasar yang luas dan ingin menjangkau semua orang, maka upaya pemasaran Anda tidak akan maksimal. Lebih baik Anda menargetkan konsumen yang spesifik dan memberikan nilai lebih pada produk Anda, sehingga menjadikannya unik di mata konsumen. Ini juga membuat Anda bisa lebih fokus saat memasarkan produk. Misalnya, Anda menjual produk susu. Agar lebih spesifik, buat produk susu untuk anak-anak dan satu lagi susu untuk orang dewasa.

3Meniru Cara Pemasaran Pesaing

Kreativitas dalam pemasaran itu wajib. Jangan sampai Anda meniru konsep pemasaran yang sudah dilakukan oleh pesaing atau kompetitor. Konsumen tidak akan mengapresiasi cara berbisnis Anda. Produk Anda akan dipandang sebelah mata. Untuk itu, lakukan pemasaran yang kreatif untuk mempromosikan keunggulan produk Anda.

Baca Juga: Jangan Lakukan 7 Hal Ini Agar Bisnis Anda Berhasil

4Tidak Membuat Anggaran Pemasaran

Jangan menganggap pemasaran sebagai beban bagi bisnis Anda, sehingga Anda tidak mau menyediakan dana yang besar untuk kegiatan pemasaran. Ingat bahwa sebagus apapun produknya, Anda butuh biaya dan perencanaan untuk promosi. Untuk itu, buatlah anggaran khusus untuk pemasaran, agar aktivitas pemasaran bisa dilakukan secara optimal.

5Tidak Memperhatikan Pelanggan Lama

gambar: idea-factor.com

Pelanggan lama sama berartinya dengan konsumen baru. Jangan mengabaikan pelanggan lama dan tidak memperhatikan keberadaan mereka. Anda memang harus melakukan berbagai kegiatan promosi untuk menjangkau konsumen baru sebanyak mungkin. Namun, pelanggan lama adalah aset bisnis yang berharga. Untuk itu, jangan lupakan mereka saat Anda melakukan pemasaran.

Baca Juga: 3 Tips Pemasaran Kepada Millenial Dari Taylor Swift

6Promosi Tidak Gencar

Jangan pernah berpikir bahwa konsumen akan datang dengan sendirinya karena yang terpenting adalah menyediakan produk yang berkualitas. Pemikiran tersebut kurang tepat, karena produk yang berkualitas tanpa promosi yang gencar, tidak akan menghasilkan penjualan yang signifikan. Jika Anda ingin meningkatkan penjualan, mulailah mempromosikan produk Anda secara terus-menerus.

7Pesan Iklan yang Membingungkan

gambar: wersm.com

Materi iklan harus diperhatikan dengan baik. Visualnya harus menarik dan bahasa yang digunakan juga mudah dipahami. Hindari menggunakan kata-kata yang bersayap karena konsumen jadi susah mencerna pesan yang disampaikan. Ingat bahwa iklan Anda akan dilihat oleh banyak orang dengan latar belakang berbeda-beda, sehingga perhatikan baik-baik copywriting-nya.

Baca Juga: 10 Manfaat Internet Marketing Bagi Bisnis Anda

8Hanya Promosi di Satu Media

Orang-orang akan menerima banyak iklan setiap hari dari televisi, radio, surat kabar, media sosial, dan internet. Jika Anda hanya mengandalkan satu jenis media untuk promosi produk Anda, maka Anda akan kalah saing dengan produk lain yang beriklan di mana-mana. Untuk itu, jika ada budget pemasaran yang mencukupi, manfaatkan untuk promosi di beberapa media sekaligus.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (APR - %)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Total Bunga
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks


TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here