Stop Mengulangi Kesalahan yang Sama, 6 Hal Ini Jangan Dilakukan Lagi!  Setiap orang melakukan kesalahan, tapi tidak semua orang belajar dari kesalahannya.

Ada pebisnis yang berulang kali mengulangi kesalahannya dan terus gagal dalam berbisnis. Namun, ia tidak juga menyadari apa penyebab kegagalannya.

Baca Juga: Agar Tak Salah Melangkah, Ini 8 Tips Penting Saat Membuka Usaha Pertama

Memang jika seseorang berbuat salah, terkadang agak sulit untuk langsung berani mengakuinya dan berubah. Ego yang tinggi membuat orang tersebut enggan mengakui kelemahannya, karena merasa hal itu akan semakin menjatuhkan harga dirinya.

Namun, sikap seperti itu hanya akan membuatnya tidak menyadari penyebab kesalahannya. Ia pun cenderung akan kembali melakukan kesalahan yang itu-itu lagi.

Baca Juga: 10 Macam Masalah Bisnis yang Sering Dialami Pengusaha

Oleh sebab itu, khususnya bagi Anda pebisnis, hal-hal berikut ini jangan sampai terulang lagi, supaya bisnis Anda bisa berjalan dengan lebih baik dan sukses mencapai tujuannya.


6 Kesalahan yang Sama yang Dilakukan Pebisnis

1Bekerja dengan Orang yang Salah

gambar: bizjournals.com

Hati-hati dalam memilih mitra bisnis maupun karyawan. Tidak semua orang layak diberikan kesempatan kedua dalam hubungan profesional. Anda tidak bisa mengubah hal buruk dalam diri orang lain, kecuali orang itu sendiri.

Untuk itu, Anda harus lebih selektif dalam memilih orang-orang di lingkungan internal bisnis Anda. Mereka adalah aset penting untuk memajukan bisnis Anda.

Namun, jika Anda dikelilingi oleh orang-orang yang salah, maka masalah yang akan lebih banyak muncul dibandingkan keberuntungan.

Baca Juga: 5 Contoh dan Cara Menghadapi Karyawan Nakal yang Sulit Diatur

2Terlalu Percaya dengan Orang Lain

Menjalin kerja sama membutuhkan kepercayaan. Namun, Anda harus hati-hati dalam mempercayai siapa pun, agar tidak mudah tertipu.

Ada orang-orang yang sangat karismatik dan terlihat cerdas saat bertemu. Mereka pandai berbicara dan menawarkan peluang kerja sama yang tampak terlalu bagus untuk menjadi kenyataan.

Mungkin penawaran yang diberikan sebagus itu. Namun, Anda jangan naif dan langsung percaya. Pikirkan dua kali dan cari tahu apakah memang orang tersebut dapat diandalkan untuk bekerja sama.

Baca Juga: 5 Alasan Pentingnya Kejujuran dalam Berbisnis Jika Anda Ingin Sukses

3Melakukan Hal yang sama untuk Hasil yang Berbeda

gambar: entrepreneur.com

Anda tidak bisa mendapatkan hasil yang berbeda jika terus melakukan suatu hal dengan cara yang sama. Anda harus belajar dari pengalaman agar bisa lebih realistis dan tidak terjebak pada kesalahan yang sama.

Misalnya, jika cara pertama tidak berhasil, maka coba lakukan cara kedua. Jika cara kedua juga belum sesuai harapan, maka coba pikirkan cara yang lain.

Anda harus terus mengembangkan rencana dan strategi bisnis untuk memperoleh hasil yang berbeda. Cobalah berpikiran luas agar Anda bisa lebih kreatif dan berani melakukan suatu gebrakan.

Baca Juga: 6 Kesalahan dalam Memulai Bisnis di Media Sosial

4Tidak Disiplin dalam Mengatur Anggaran

Bisnis Anda akan mengalami masalah keuangan jika Anda tidak bisa disiplin terhadap anggaran. Anda harus berpegang pada anggaran yang dibuat, agar Anda bisa menentukan pilihan yang bijaksana mengenai keinginan dan kebutuhan.

Untuk itu, hindari melakukan hal melebihi anggaran. Lakukan perhitungan tentang anggaran belanja dengan tepat. Rencanakan seluruh biaya dan pendapatan, agar bisnis dapat terus berjalan tanpa mengalami kesulitan dana.

Baca Juga: 8 Tips Agar Anda Bisa Sukses Memimpin Perusahaan

5Suka Menunda-nunda Pekerjaan

gambar: hrdailyadvisor.blr.com

Jangan mengharapkan kesuksesan tanpa kerja keras. Hindari kemalasan seperti sikap yang suka menunda pekerjaan, karena hal tersebut dapat menghambat perkembangan potensi Anda maupun bisnis Anda.

Jadi, kebiasaan buruk ini harus dihentikan. Belajarlah lebih disiplin dalam menggunakan waktu. Tetaplah fokus pada prioritas agar Anda bisa tetap menjaga produktivitas selama bekerja.

Baca Juga: 6 Tips Menjadi Pemimpin yang Disukai dan Disegani

6Berusaha Menyenangkan Semua Orang

gambar: clickhowto.com

Mencoba menyenangkan semua orang adalah upaya yang sia-sia. Urusan pekerjaan jadi tidak efektif jika Anda terus mencoba membuat semua orang setuju dengan Anda.

Sebagai pemimpin, Anda harus berani mengambil keputusan yang mungkin kontroversial. Namun, jika itu adalah yang tepat, maka beranilah dalam memutuskannya, sekalipun banyak orang yang tidak menyetujuinya.

Baca Juga: Wajib Dihindari! 3 Kesalahan Pebisnis Ini Bisa Bikin Bisnis Stagnan


Nah, itulah beberapa kesalahan yang kerap dilakukan pebisnis berulang kali. Hindari melakukan kesalahan yang sama tersebut, karena dapat berakibat fatal bagi bisnis Anda.

Jadi, berhati-hatilah dalam menjalankan bisnis Anda ke depannya. Belajarlah dari pengalaman, agar Anda tidak sampai jatuh gara-gara kesalahan yang pernah dilakukan sebelumnya.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.