8 Fakta Menarik di Balik Kesuksesan Instagram – Jumlah pengguna Instagram yang aktif saat ini sudah mencapai lebih dari 800 juta orang di seluruh dunia. Keberhasilan aplikasi berbagi foto dan video ini tentu merupakan hal menarik di dunia teknologi dan bisnis. Namun, seperti apakah kisah pendirian media sosial buatan Kevin Systrom dan Mike Krieger tersebut?

Kevin Systrom adalah seorang pengusaha dan programer asal Amerika Serikat yang lahir pada 30 Desember 1983. Sementara Mike Krieger adalah seorang pengusaha dan insinyur perangkat lunak asal Brasil yang lahir pada 4 Maret 1986. Duo sahabat ini bertemu saat berkuliah di Universitas Standford, California dan kemudian mengembangkan Instagram bersama-sama.

Baca Juga: 7 Fakta Menarik Tentang Awal Berdirinya Facebook

Tentu saja banyak kisah menarik dibalik pembuatan Instagram. Nah, berikut beberapa fakta yang patut Anda ketahui. Semoga dapat menjadi inspirasi bagi Anda yang ingin menjadi pengusaha startup yang sukses.

8 Fakta Menarik Tentang Kisah Sukses Instagram

1Kevin Systrom Pernah Menolak Ajakan Mark Zuckerberg

Pada tahun 2004 saat Mark Zuckerberg berhenti dari Universitas Stanford, Mark pernah mengajak Kevin Systrom untuk bergabung mengembangkan website jejaring sosial. Namun, Kevin menolaknya dengan alasan ingin fokus menyelesaikan kuliahnya di Teknik dan Manajemen Sains. Kevin pun akhirnya lulus pada tahun 2006. Setelah itu, Kevin sempat bekerja di Google, Nextstop, dan Twitter.

Baca Juga: 6 Cara Mudah Dalam Meningkatkan Followers Instagram yang Efektif

2Kevin dan Mike Mendirikan Burbn

gambar: kissmetrics.com

Pada 2010, Kevin Systrom mengajak Mike Krieger untuk mendirikan perusahaan Burbn yang mengembangkan aplikasi untuk telepon genggam. Aplikasi Burbn berbasis lokasi seperti Foursquare yang saat itu sedang populer. Penggunanya dapat membuat rencana, mengunggah foto, dan bertemu dengan teman-teman. Meski cukup mendapatkan sambutan baik, aplikasi Burbn terlalu kompleks karena memiliki fokus yang sangat banyak. Melihat penggunanya yang gemar mengunggah foto yang sudah difilter, akhirnya keduanya pun memikirkan sebuah ide yang lebih bagus, yakni Instagram.

3Asal Usul Nama Instagram

gambar: pinterest.com

Nama unik Instagram berasal dari kata ”insta” atau ”instan” dan ”telegram”. Kata insta atau instan terinspirasi dari kamera polaroid yang pada masanya dikenal dengan sebutan foto instan. Sementara kata telegram terinspirasi dari telegram yang merupakan fasilitas untuk mengirimkan informasi secara cepat.

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Online di Media Sosial

4Instagram Dirilis Pada 6 Oktober 2010

gambar: peru.com

Kevin dan Mike mengembangkan Instagram hanya dalam waktu sekitar 8 minggu saja. Instagram kemudian dirilis perdana pada tanggal 6 Oktober 2010 dan langsung mendapatkan 25.000 pengguna di hari pertamanya. Saat itu, Instagram baru tersedia untuk pengguna perangkat iOS saja. Namun, dalam bulan pertama peluncuran, Instagram telah diunduh oleh 1 juta orang.

5Baru Rilis, Tapi Raih Berbagai Penghargaan

Meski baru dirilis, Instagram terpilih sebagai juara kedua pada kategori Aplikasi Mobile Terbaik oleh TechCrunch Series 2010. Lalu pada Mei 2011, memenangkan ”Best Locally Made App” di SF Weekly Wev Awards. Kemudian pada 2011, Apple memilih Instagram sebagai “iPhone App of the Year”. Prestasi tersebut membuat nama Instagram semakin terkenal dan mendapatkan 10 juta pengguna dalam waktu setahun.

Baca Juga: Terungkap, 3 Bisnis Online Milik Agnez Mo

62012, Instagram Hadir di Android

Instagram terus berinovasi dalam mengembangkan filter untuk mengedit foto dan memperbaiki berbagai bug yang dikeluhkan pengguna. Tak hanya itu, pada 2012 Instagram juga akhirnya tersedia di Google Play untuk para pengguna perangkat Android. Tentu saja, hal ini membuat pengguna Instagram semakin melonjak.

7Instagram Dibeli Facebook

Menariknya, Kevin Systrom yang pernah menolak ajakan Mark Zuckerberg untuk bergabung di 2004, ternyata malah menjual Instagram kepada Facebook di 2012. Facebook akhirnya berhasil mengakuisisi media sosial milik Kevin dan Mike Krieger tersebut senilai USD 1 miliar atau sekitar Rp 9 triliun. Mereka pun langsung kaya mendadak.

Baca Juga: 7 Tips Sukses Berjualan Produk di Instagram

8Nasib Instagram Setelah Diakusisi

Setelah diakuisisi oleh Facebook, Instagram semakin berkembang pesat dengan lebih dari 800 juta pengguna aktif setiap bulan. Instagram juga terus berinovasi. Tidak hanya mengganti desain logo, tetapi beragam fitur baru pun ditambahkan. Kini pengguna bisa mengunggah video berdurasi semenit, mengunggah foto landscape, membuat album, Instagram Stories, siaran live, boomerang, dan lain-lain. Mari kita tunggu gebrakan selanjutnya dari Instagram.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Total Bunga
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.