9 Keterampilan Komunikasi yang Harus Dikuasai untuk Jadi Pebisnis Sukses – Memimpin orang di tempat kerja harus dilengkapi dengan kemampuan dalam berkomunikasi atau communication skills.

Anda bisa saja menjadi yang terbaik dengan apa yang Anda kerjakan sendiri. Namun, jika Anda mau menjadi pemimpin bisnis yang hebat, Anda mesti mengembangkan kemampuan berkomunikasi yang baik.

Baca Juga: 8 Syarat Menjadi Wirausaha yang Wajib Dimiliki

Jika komunikasi yang terjalin tidak efektif antara Anda dengan karyawan, klien, atau pelanggan Anda, maka kesempatan untuk sukses bisa saja hilang. Sebab mengelola orang dan membangun hubungan dengan baik, memerlukan komunikasi yang tepat.

Maka dari itu, pastikan Anda terus meningkatkan kemampuan komunikasi Anda. Berikut jenis-jenis keterampilan berkomunikasi yang harus dikuasai agar bisa sukses.


9 Keterampilan Komunikasi yang Harus Anda Kuasai

1Komunikasi Kepemimpinan

hal yang perlu pemimpin lakukan setiap hari

Komunikasi kepemimpinan adalah proses komunikasi yang dilakukan Anda sebagai atasan kepada karyawan Anda sebagai bawahan. Komunikasi ini harus diperhatikan agar semua tugas dapat dikerjakan sesuai rencana dan selesai dengan baik.

Sebab, semakin banyak orang yang terlibat dalam bisnis, maka semakin banyak pesan atau informasi yang berputar. Komunikasi semakin kompleks, sehingga peran pemimpin sangat penting agar komunikasi tetap terarah demi tercapainya tujuan bisnis.

Baca Juga: 7 Ciri-Ciri Pemimpin yang Terampil dalam Bisnis

2Komunikasi Lisan

contoh pemimpin yang memiliki sikap empati di lingkungan kerja

Komunikasi lisan adalah proses komunikasi yang melibatkan pembicaraan secara verbal dan langsung kepada lawan bicara. Contohnya, saat mengobrol dengan rekan kerja, berkomunikasi melalui telepon dengan klien, dan melayani pelanggan yang datang ke toko.

Meski terbilang sangat sederhana, komunikasi lisan terkadang dapat menimbulkan kesalahpahaman. Anda mesti memperhatikan kondisi, lawan bicara, dan tahu tata cara berkomunikasi yang baik agar pesan dapat tersampaikan dengan benar.

Baca Juga: 6 Topik Pembicaraan yang Harus Dihindari di Tempat Kerja

3Komunikasi Tertulis

cara promosi yang murah tapi ampuh menjangkau konsumen

Komunikasi tertulis adalah proses penyampaian informasi yang dilakukan melalui tulisan. Contohnya, chatting melalui WhatsApp, mengirim email pemasaran, menulis artikel di website dan caption Instagram.

Anda mesti cermat dalam memilih kata-kata yang tepat agar pesan yang dibaca dapat langsung dipahami dan menarik perhatian. Hal ini sangat penting, terutama bagi bisnis online yang mengandalkan kata-kata dalam konten marketingnya.

Baca Juga: Beginilah Etika Berkomunikasi dalam Menulis Email Bisnis

4Bahasa Tubuh

kriteria pemimpin bisnis yang ideal

Body language atau bahasa tubuh adalah komunikasi pesan nonverbal tanpa kata-kata. Pesan yang disampaikan dapat berupa isyarat, pandangan mata, ekspresi wajah, sentuhan, gerakan tubuh, dan sebagainya.

Menguasai bahasa tubuh itu penting untuk belajar memahami orang-orang di sekitar Anda. Misalnya, karyawan Anda cemberut seharian, tandanya dia sedang punya masalah, sehingga dia tampak tidak bahagia di kantor.

Baca Juga: Selain Gaji, 5 Hal Ini Mempengaruhi Kenyamanan Kerja Karyawan

5Mendengarkan

cara menjadi pendengar yang baik untuk karyawan

Komunikasi bukan hanya tentang Anda yang berbicara dan mengirimkan pesan, tetapi juga tentang mendengarkan dan menerima pesan dari orang lain. Artinya, Anda juga berperan sebagai pendengar dalam proses komunikasi.

Hal ini penting agar Anda tahu kapan harus diam untuk mendengarkan. Anda akan tampak lebih bijaksana saat mendengarkan dan juga dapat lebih memahami maksud orang lain.

Baca Juga: 4 Langkah Menjadi Bos yang Baik Agar Karyawan Betah Bekerja

6Presentasi

presentasi produk baru - produk terbaru

Pebisnis akan melakukan banyak presentasi selama hidupnya. Menguasai keterampilan komunikasi akan membantu Anda dalam menjalankan presentasi saat rapat dengan karyawan dan rapat dengan klien untuk membangun kerja sama.

Kemampuan berbicara di depan publik atau public speaking akan membantu Anda untuk tetap percaya diri. Tentu saja, konten dalam slide presentasi juga harus bagus agar audiens tertarik dan menangkap pesan yang Anda sampaikan.

Baca Juga: 10 Cara Agar Percaya Diri Saat Presentasi di Depan Banyak Orang

7Negosiasi

tips melakukan negosiasi harga dengan pelanggan

Negosiasi adalah proses tawar-menawar untuk mencapai kesepakatan bersama. Semua bisnis akan melakukan negosiasi, seperti saat Anda meminta penawaran terbaik dengan supplier Anda, atau saat pelanggan meminta diskon kepada Anda.

Dengan bernegosiasi, Anda bisa mendapatkan apa yang Anda mau tanpa membuat Anda rugi, tetapi untung. Selama proses perundingan, kemampuan komunikasi yang akan menentukan kesuksesan negosiasi Anda.

Baca Juga: 6 Cara Meyakinkan Orang untuk Langsung Membeli Produk Anda

8Debat

pemimpin dan karyawan senior yang lebih tua
gambar: moneycrashers.com

Dalam berbisnis, pasti akan ada pedebatan. Saat rapat internal, Anda dan karyawan saling mendebatkan mana ide yang terbaik. Saat bertemu dengan klien, klien akan meminta revisi hasil kerja yang Anda buat dan kalian pasti akan berdebat soal itu.

Makanya, penting untuk memiliki kemampuan debat agar Anda dapat mengemukakan gagasan Anda dengan baik dan menghargai gagasan orang lain, tanpa harus terjadi konflik yang tidak perlu.

Baca Juga: 4 Tips Jitu Melakukan Pendekatan dengan Konsumen

9Mediasi

cara menghadapi orang iri hati di lingkungan bisnis
gambar: theconversation.com

Mediasi adalah proses penyelesaian suatu perselisihan dengan melibatkan pihak ketiga. Sebagai pemimpin bisnis, ada kalanya Anda akan berperan sebagai pihak ketiga atau mediator.

Misalnya, saat Anda mendamaikan konflik antar karyawan. Anda perlu kemampuan mediasi agar permasalahan dapat segera berakhir dengan adanya solusi yang baik.

Baca Juga: Lakukan 6 Hal Ini Saat Terjadi Konflik Antar Karyawan


Nah, itulah sembilan jenis keterampilan komunikasi yang penting dikuasai. Kiranya, Anda dapat mengembangkan kemampuan berkomunikasi Anda agar Anda dapat mengelola bisnis dengan baik dan menjadi pebisnis yang sukses.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.