5 Keuntungan Memberikan Diskon Saat Menjual Produk Anda – Menawarkan diskon atau potongan harga adalah cara cepat untuk membuat calon pembeli mengunjungi toko online Anda. Kapan pun Anda memberikan penawaran berupa diskon, saat itu juga bisnis Anda mendapatkan perhatian banyak orang.

Dengan alasan ingin berhemat, banyak orang suka memburu barang-barang yang diberi diskon. Namun, terkadang diskon membuat mereka kecanduan berbelanja dan akhirnya membeli barang yang sebenarnya tidak diperlukan. Makanya, banyak pebisnis yang kerap menjalankan program diskon secara berkala untuk menjangkau konsumen potensial.

Baca Juga: 8 Tips Meyakinkan Konsumen untuk Belanja Online

Pada dasarnya, diskon berarti Anda akan menurunkan harga jual produk dengan pertimbangan jika kuantitas penjualan pada produk tersebut akan meningkat. Margin akan menurun, tetapi jumlah produk yang terjual akan bertambah. Penerapan diskon tidak akan merugikan Anda jika tidak salah perhitungan dalam menetapkan besaran potongan harganya.

Bagi Anda yang menjalankan bisnis online, penawaran diskon akan membuat konsumen mengunjungi website toko online dan akun media sosial Anda. Mereka akan melihat-lihat produk-produk yang ditawarkan. Nah, jika strategi diskon Anda berhasil, tentunya ada beberapa keuntungan yang akan Anda dapatkan. Antara lain:

Baca Juga: Jangan Ragu Jualan Online, Ada 5 Keuntungan yang Bisa Didapatkan

5 Keuntungan Menawarkan Diskon di Bisnis Online Anda

1Mendapatkan Konsumen Baru

Diskon dapat membuat konsumen baru tertarik untuk mencoba produk Anda. Alasannya, harga yang lebih murah berarti resikonya lebih sedikit bagi mereka. Daripada membeli di toko online lain yang lebih mahal, mereka akan memutuskan untuk membeli dengan Anda yang memberikan harga miring. Apalagi jika masa promosi diskon memiliki batas waktu, maka mereka jadi punya pertimbangan untuk mencoba produk Anda sekarang daripada terlewatkan.

Baca Juga: Ikuti 7 Tips Ini Agar Konsumen Baru Jadi Pelanggan Setia

2Mempertahankan Pelanggan Setia

gambar: idea-factor.com

Loyalitas pelanggan perlu diberikan apresiasi. Anda perlu memberikan perhatian khusus kepada pelanggan yang telah setia menggunakan produk Anda. Sesekali Anda bisa memanjakan mereka, salah satu caranya dengan memberikan diskon. Misalnya, diskon khusus bagi pelanggan yang sudah berbelanja lebih dari 10 kali.

3Meningkatkan Penjualan

Penawaran diskon akan menarik perhatian calon konsumen potensial. Konsumen baru akan melirik dan konsumen lama akan tertarik untuk kembali berbelanja. Jika usaha Anda berhasil, penjualan dapat meningkat pesat. Banyak konsumen baru maupun lama yang akan memborong produk Anda.

Baca Juga: Jika Usaha Sedang Sepi, Lakukan 5 Hal Ini Sekarang Juga

4Menghabiskan Stok Lama

Jika Anda memiliki suatu jenis produk yang tidak ingin Anda jual lagi, atau Anda ingin menghabiskan stok lama yang tidak laku, maka Anda bisa menghabiskannya dalam waktu cepat dengan cara menjualnya lebih murah. Dengan memberikan potongan harga besar-besaran, produk tersebut kemungkinan besar bisa segera terjual. Makanya, banyak pebisnis yang suka memberikan diskon saat akan melakukan cuci gudang.

Baca Juga: 5 Hal Penting Dalam Mengatur Keuangan Toko Online

5Membangun Reputasi

Anda bisa membangun reputasi yang  baik bagi bisnis Anda dengan cara melakukan program diskon. Caranya dengan memberikan diskon khusus di hari yang spesial untuk orang-orang tertentu. Misalnya, diskon di Hari Guru untuk para pengajar di Indonesia. Dengan memberikan diskon pada guru yang ingin berbelanja produk Anda, publik akan menilai bahwa Anda peduli terhadap keberadaan guru. Orang-orang akan menganggap bahwa bisnis Anda punya niat yang mulia dan tidak hanya sekadar untuk mencari keuntungan.

Baca Juga: 4 Tipe Konsumen dan Cara Menarik Perhatiannya

Nah, itulah beberapa keuntungan yang bisa diperoleh saat Anda menawarkan diskon pada bisnis Anda. Jadi, bagi Anda yang sedang membuat strategi pemasaran yang efektif, jangan lupa untuk mencoba menjalankan program diskon.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Total Bunga
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.