8 Cara Komunikasi yang Baik di Lingkungan Bisnis – Keahlian komunikasi harus terus dilatih agar Anda dapat membangun percakapan yang efektif di mana pun Anda berada.

Dalam menjalankan bisnis, Anda akan berhubungan dengan banyak orang, mulai dari karyawan, pelanggan, klien, hingga pihak investor. Pada saat rapat hingga kegiatan komunitas bisnis akan Anda ikuti.

Baca Juga: Sikap-sikap Baik yang Perlu Dimiliki Seorang Pemimpin

Itulah sebabnya Anda harus mampu membangun komunikasi yang baik dengan siapa pun. Sehingga tidak terjadi kesalahpahaman yang dapat merugikan Anda maupun orang lain.

Nah, supaya komunikasi dapat berjalan dengan baik dan lancar, maka cobalah perhatikan hal-hal berikut ini.


8 Cara Membangun Komunikasi yang Baik

1Percaya Diri Saat Berbicara

Saat Anda berbicara, Anda pasti ingin pesan Anda dimengerti oleh orang lain. Makanya, Anda harus melakukannya dengan sikap yang percaya diri agar orang lain menaruh perhatian pada Anda.

Kepercayaan diri Anda akan membuat orang tertarik mendengarkan kata demi kata yang Anda sampaikan. Sehingga pesan Anda pun akan bisa diterima dengan baik.

Baca Juga: 10 Cara Agar Percaya Diri Saat Presentasi di Depan Banyak Orang

2Dengarkan Lawan Bicara

Anda akan berperan sebagai pemberi dan juga penerima pesan. Saat lawan bicara Anda menyampaikan sesuatu, giliran Anda yang harus mendengarkannya.

Dengan begitu, Anda dapat menanggapi lawan bicara dengan tepat. Demikian juga saat Anda yang berbicara, orang lain dapat meresponsnya karena telah menyimak dengan teliti.

Baca Juga: Lakukan 5 Hal Ini untuk Bisa Menjadi Pendengar yang Baik

3Jangan Potong Pembicaraan

Jangan memotong pembicaraan atau ikut berbicara saat orang lain berbicara. Sekalipun orang itu adalah bawahan Anda, Anda perlu belajar untuk menjadi pendengar yang baik.

Kalaupun mau menyela atau menyampaikan interupsi, Anda bisa mengacungkan jari atau memberikan tanda agar lawan bicara Anda berhenti. Setelah itu, baru Anda bisa mulai berbicara.

Baca Juga: 5 Sikap yang Harus Ditunjukkan Saat Menghadapi Masalah Bisnis

4Berikan Pertanyaan

gambar: kenh14cdn.com

Jangan cuma diam jika ada sesuatu hal yang membuat Anda bingung. Jangan juga mengira-ngira sendiri maksud dari orang lain agar tidak salah paham.

Namun, berikan umpan balik berupa pertanyaan kepada lawan bicara Anda. Sehingga Anda akan langsung diberikan penjelasan yang benar dan proses komunikasi yang baik dapat terus berjalan.

Baca Juga: 6 Topik Pembicaraan yang Harus Dihindari di Tempat Kerja

5Berikan Kritik dan Saran

gambar: moneycrashers.com

Kritik dan saran adalah bagian dari komunikasi. Mungkin akan sulit diterima oleh orang lain, tapi Anda perlu menyampaikan tanggapan yang dapat membangun orang lain.

Begitu juga saat Anda dikritik, Anda harus belajar berbesar hati. Sebab kritik dan saran akan diperlukan untuk memperbaiki kekurangan yang ada pada diri Anda sendiri maupun di dalam bisnis Anda.

Baca Juga: 6 Cara Ampuh Menghilangkan Pikiran Negatif yang Membuat Stres

6Jangan Gunakan Kata-kata Kasar

gambar: bizjournals.com

Sekalipun pesan yang ingin disampaikan itu baik, tapi jika disampaikan dengan cara yang salah, maka pesan akan sulit untuk diterima. Malahan dapat menimbulkan perselisihan yang panjang.

Maka dari itu, saat berkomunikasi dengan siapa pun, janganlah menggunakan kata-kata kasar. Walaupun Anda sedang marah, berhati-hatilah. Karena kata-kata kasar hanya akan menambah masalah.

Baca Juga: Ciri-ciri Pemimpin Bisnis yang Berintegritas

7Perhatikan Intonasi

Supaya lawan bicara Anda nyaman, Anda harus menggunakan intonasi yang sesuai. Jangan tiba-tiba meninggi atau merendah, karena akan membingungkan.

Lalu perhatikan juga volume suara. Jika berbicara dengan seseorang, volume tidak perlu besar. Namun, jika di depan banyak orang dan di ruangan yang besar, maka tentunya volume harus dibesarkan agar semuanya mendengar dengan jelas.

Baca Juga: 7 Cara Menjadi Pemimpin Perusahaan yang Dicintai Karyawannya

8Perhatikan Gaya Bahasa

Jangan lupa, perhatikan gaya bahasa yang digunakan. Pada umumnya, orang-orang di lingkungan bisnis kerap menggunakan bahasa formal dan mudah dipahami oleh semua orang.

Kecuali, jika Anda berhadapan dengan lingkungan yang berbeda atau berbicara dengan orang yang sudah akrab, mungkin gaya bahasa gaul atau non-formal bisa digunakan.

Baca Juga: 4 Langkah Menjadi Bos yang Baik Agar Karyawan Betah Bekerja


Nah, itulah tips membangun komunikasi yang baik di lingkungan bisnis. Semoga dapat bermanfaat bagi para pebisnis dalam berkomunikasi dengan orang lain di mana pun Anda berada.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.