6 Penyebab Konflik di Tempat Kerja yang Perlu Diwaspadai – Konflik dapat terjadi di mana pun, termasuk di lingkungan kerja. Meskipun hal yang wajar, sebagai pemimpin bisnis Anda perlu mewaspadai terjadinya konflik di kantor atau tempat usaha Anda.

Alasannya, konflik dapat menghambat kinerja bisnis. Anda dan karyawan akan terpengaruh dengan suasana kerja yang menjadi tidak kondusif gara-gara ada masalah internal antara yang satu dengan lainnya.

Baca Juga: Hal-Hal yang Perlu Dilakukan untuk Atasi Konflik Antar Karyawan

Maka dari itu, sudah semestinya Anda menghindari penyebab konflik yang mungkin terjadi di tempat kerja. Berikut beberapa penyebab konflik yang perlu dihindari.


6 Macam Penyebab Konflik di Tempat Kerja

1Kepribadian yang Berbeda-beda

perilaku karyawan yang perlu diperhatikan para pebisnis

Setiap orang punya kepribadian yang tidak sama. Latar belakang budaya, pendidikan, dan sosial membentuk kepribadian setiap orang menjadi berbeda-beda.

Contohnya, ada yang introvert dan ada yang ekstrovert. Walaupun misalnya sama-sama introvert, tapi pengalaman hidup yang dialami itu tak sama, sehingga menyebabkan perbedaan kepribadian pada setiap orang.

Itulah sebabnya, saat Anda tidak bisa memahami kepribadian orang lain, atau saat orang lain tidak bisa memahami kepribadian Anda, maka berisiko terjadi konflik karena setiap pihak malah saling menghakimi.

Baca Juga: 9 Keterampilan Komunikasi yang Harus Dikuasai Pebisnis

2Komunikasi yang Buruk

keterampilan komunikasi yang harus dikuasai pebisnis

Menciptakan hubungan kerja yang baik memerlukan komunikasi yang baik. Komunikasi berperan sangat penting dalam mempererat hubungan dengan rekan bisnis, rekan kerja, pelanggan, klien, dan siapa saja.

Maka dari itu, berhati-hatilah saat berkomunikasi. Pelajari cara berbicara yang baik, cara mengirimkan pesan yang baik, dan cara mendengarkan yang baik, agar proses komunikasi dapat berjalan secara efektif.

Namun, jika komunikasi yang buruk terjadi, maka konflik di tempat kerja akan sulit dihindari. Kesalahpahaman akan timbul dan akhirnya membuat suatu masalah dalam bisnis Anda.

Baca Juga: 6 Topik Pembicaraan yang Harus Dihindari di Tempat Kerja

3Kompetisi yang Tidak Sehat

cara pemimpin mengatasi konflik antar karyawan

Pada umumnya, setiap orang senang ketika dipuji dan menghasilkan pencapaian. Makanya, hal yang wajar jika para karyawan akan berusaha menjadi yang terbaik demi profesionalitas dan meningkatkan jenjang kariernya.

Namun, terkadang hal tersebut dapat menimbulkan kompetisi yang tidak sehat. Misalnya, ada karyawan yang menjelek-jelekkan karyawan lainnya agar dia terlihat lebih baik demi mendapatkan simpati dari atasan.

Jika hal itu terjadi, pasti suasana kerja akan menjadi tegang. Kerja sama tim bisa terganggu karena masing-masing pihak lebih mementingkan diri sendiri, bukan kepentingan bersama.

Baca Juga: 4 Kesalahan dalam Pelatihan Karyawan yang Harus Dihindari

4Hubungan yang Tidak Dekat

cara menghadapi orang iri hati di lingkungan bisnis
gambar: theconversation.com

Di luar hubungan profesional, penting untuk membangun hubungan pertemanan dengan orang-orang di tempat kerja. Sebagai pemimpin, jangan bersikap terlalu menjaga jarak.

Setiap karyawan juga mesti menciptakan rasa persaudaraan, karena tempat kerja ibarat rumah kedua. Sebagian besar waktu akan banyak dihabiskan untuk bekerja bersama-sama.

Maka dari itu, ciptakan lingkungan kerja yang nyaman untuk semuanya. Sehingga tidak ada yang merasa terasingkan, tapi merasa memiliki agar kenyamanan kerja bisa lebih terjaga.

Baca Juga: Tak Hanya Gaji, 5 Hal Ini Juga Pengaruhi Kenyamanan Karyawan

5Tekanan Pekerjaan

hal yang tanpa disadari menimbulkan masalah dalam bisnis

Saat orang memiliki banyak hal yang harus dikerjakan, maka tingkat stres akan meningkat. Orang cenderung lebih cepat emosi saat menghadapi sesuatu yang tidak disukainya.

Misalnya, Anda menjadi cepat marah saat diberikan kritikan, meskipun Anda diberikan masukan yang bersifat membangun. Namun, Anda malah langsung tersinggung dan tidak dapat menerimanya.

Begitu juga dengan karyawan Anda. Mereka akan lebih cepat emosi ketika tekanan kerja bertambah. Konflik cenderung sering terjadi karena sedang sulit mengontrol diri.

Baca Juga: 6 Cara Sederhana Menghilangkan Rasa Bosan Saat Bekerja

6Sedang Ada Masalah Personal

hal yang menyebabkan kegagalan pebisnis pemula

Masalah yang bersifat pribadi akan membuat hati dan pikiran tidak tenang. Walaupun telah berusaha tetap profesional saat bekerja, masalah personal bisa membuat kinerja menurun.

Biasanya, orang yang sedang ada masalah personal semangat kerjanya akan kendor. Jadi sering terlambat masuk kerja, wajahnya murung, dan tidak dapat konsentrasi saat bekerja.

Hal ini tentu akan berdampak pada tim. Jika rekan tidak dapat mengerti kondisi, masalah akan muncul. Yang tadinya cuma masalah pribadi, akhirnya pekerjaan pun malah ikut bermasalah.

Baca Juga: Pemimpin Bisnis yang Berkualitas Memiliki 5 Hal Ini


Nah, itulah beberapa penyebab konflik di tempat kerja yang perlu diwaspadai. Jika terjadi konflik, pastikan Anda segera mencari solusi, sehingga permasalahan bisa cepat terselesaikan dan tidak menghambat kinerja bisnis Anda.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.