5 Alasan Kenapa Konsumen Tidak Membeli Produk Anda – Anda telah menghabiskan banyak waktu, tenaga, pikiran, dan biaya untuk melakukan promosi dan pemasaran. Produk Anda memiliki kualitas yang baik dan harga yang masuk akal. Namun, produk Anda tetap sepi peminat. Jumlah pembeli masih sedikit dan tidak memenuhi target penjualan bisnis Anda.

Produk yang kurang laku memang menyedihkan bagi pebisnis. Kerja keras dalam mempromosikan dan memasarkan produk ternyata tidak membuahkan hasil yang memuaskan. Lantas, apakah penyebab konsumen tidak tertarik membeli produk Anda? Apa yang salah dengan bisnis Anda?

Baca Juga: 8 Kesalahan Dalam Pemasaran Produk yang Harus Dihindari

Jika Anda merasa kesulitan dalam menjual produk Anda, berarti ada hal yang harus dievaluasi. Nah, guna membantu Anda mempertimbangkan penyebab produk Anda tidak terjual, berikut perhatikan lima alasan konsumen tidak membeli produk Anda.

5 Penyebab Konsumen Tidak Mau Membeli Produk Anda

1Konsumen Tidak Mengetahui Produk Anda

Konsumen tidak akan membeli produk yang tidak dia pahami. Mereka mungkin pernah mendengar nama brand Anda. Mereka mungkin pernah melihat iklan produk Anda di berbagai media. Namun, jika mereka tetap tidak membeli, mungkin ada yang salah dalam cara pemasaran.

Baca Juga: Hati-Hati, Ini 10 Penyebab Bisnis Gagal di Tengah Jalan

Coba evaluasi, apakah Anda telah memasarkan produk Anda di lingkungan yang tepat? Apakah Anda memasarkan produk kepada konsumen potensial yang menjadi target pasar Anda? Apakah pesan dalam iklan produk Anda jelas dan mudah dipahami? Lakukan evaluasi dan perbaiki strategi pemasaran Anda.

2Konsumen Tidak Mengerti Manfaat Produk Anda

Konsumen tidak hanya membeli berdasarkan faktor harga yang murah dan terjangkau. Mereka juga memperhatikan manfaat yang didapatkan jika menggunakan produk Anda. Untuk itu, Anda harus memberitahukan mereka beberapa manfaat produk Anda.

Baca Juga: Jika Usaha Sedang Sepi, Lakukan 5 Hal Ini Sekarang Juga

Misalnya, Anda menjual produk makanan sehat. Penting untuk menjelaskan kepada konsumen tentang manfaat dari makanan sehat tersebut, seperti untuk diet atau menurunkan berat badan, melancarkan peredaran darah, dan menyehatkan kulit. Sehingga mereka akhirnya mengerti dan tertarik mengonsumsinya.

3Konsumen Tidak Merasa Membutuhkan Produk Anda

Konsumen akan mengutamakan untuk membeli barang atau jasa yang merupakan kebutuhan baginya. Untuk itu, pastikan produk Anda bisa menjawab permasalahan konsumen dan memenuhi kebutuhan hidup mereka. Anda harus meyakinkan mereka bahwa produk Anda itu penting.

Baca Juga: Perhatikan 7 Hal Ini Agar Anda Bisa Sukses Merebut Hati Konsumen

Misalnya, produk Anda membuat hidup konsumen jadi lebih mudah, membuat mereka jadi lebih baik, dan mereka akan hemat waktu jika membeli dari Anda. Dengan meyakinkan bahwa konsumen membutuhkannya, mereka akan tertarik untuk membelinya.

4Konsumen Merasa Produk Anda Tidak Memiliki Nilai Lebih

Kini konsumen sudah semakin kritis saat berbelanja. Mereka tidak mudah tergiur promosi dan kata-kata mutiara yang membujuk mereka untuk membeli. Mereka sangat memperhatikan nilai lebih yang ditawarkan oleh produk Anda. Jika menurut mereka produk Anda tidak bernilai, maka mereka akan mengabaikannya. Untuk itu, jelaskan berbagai manfaat dan keunggulan produk Anda yang tidak dimiliki oleh produk kompetitor.

Baca Juga: 5 Hal Soal Bisnis yang Dapat Dipelajari dari The Greatest Showman

5Konsumen Sulit Membeli Produk Anda

Konsumen mungkin sudah mengetahui produk Anda. Mereka tertarik dengan keunggulan produk Anda. Namun, disaat mereka membutuhkannya, ternyata mereka kesulitan untuk membelinya. Ini bisa jadi alasan kenapa mereka akhirnya tidak jadi membeli.

Untuk itu, perhatikan sistem pemasaran dan distribusi produk Anda. Pada zaman modern saat ini, Anda bisa mempertimbangkan cara penjualan online untuk memudahkan akses jual-beli kepada konsumen dari mana saja. Pastikan juga pelayanan bisnis Anda dapat diandalkan, sehingga mereka tidak kesulitan untuk memesan produk Anda.

Baca Juga: 5 Tips Menjaga Loyalitas Pelanggan Anda

Nah, itulah lima alasan kenapa produk Anda tidak terjual. Semoga setelah membacanya, Anda dapat memperbaiki cara promosi dan pemasaran Anda, sehingga konsumen tertarik untuk membeli produk Anda.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.