4 Kriteria Barang yang Paling Cocok Dijual Online – Banyak sekali ide bisnis online yang bisa Anda temukan di internet. Namun, terkadang Anda tetap bingung saat menentukan produk atau barang yang akan dijual. Untuk mempermudahnya, Anda harus terlebih dahulu menilai kriteria barang yang kira-kira paling cocok jika dijual online.

Memang segala keperluan manusia tampaknya sudah bisa ditemukan di internet. Ingin membeli barang apapun bisa dilakukan secara online. Meski demikian, pebisnis online sebaiknya jangan asal memilih barang yang akan dipasarkan.

Baca Juga: Jangan Ragu Jualan Online, Ada 5 Keuntungan yang Bisa Anda Dapatkan

Terutama bagi pebisnis pemula, tidak semua barang pasti akan laku jika dijual online. Strategi pemasaran memang berpengaruh terhadap tingkat penjualan, tetapi jenis barang juga akan menjadi pertimbangan konsumen dalam membeli.

Tidak hanya itu, jenis barang juga akan menentukan cara Anda mengelola dan mengembangkan bisnis online Anda. Nah, bagi Anda yang sedang mencari ide bisnis, empat kriteria barang berikut ini bisa jadi inspirasi dalam menentukan produk yang akan dijual melalui media sosial ataupun website toko online Anda.

Baca Juga: Tingkatkan Penjualan, Ikuti 5 Tips Menarik Minat Pembeli Online

4 Kriteria Barang yang Paling Cocok untuk Bisnis Online

1Barang Tidak Mudah Pecah

gambar: citipostmail.co.uk

Setelah konsumen memesan dan membayar, barang akan segera dikirim ke alamat rumahnya. Entah itu menggunakan kurir, tukang ojek, atau jasa pengiriman seperti JNE. Sebagai pebisnis, tanggung jawab Anda baru akan selesai setelah barang sampai ke tangan konsumen dan mereka merasa puas.

Alasan kenapa sebaiknya Anda menjual barang yang tidak mudah pecah ialah agar tidak repot saat pengiriman. Barang yang mudah pecah berisiko sekali rusak saat jatuh, tersenggol, dan tertimpa barang lain. Untuk itu, hindari menjual barang yang mudah pecah seperti yang terbuat dari material kaca.

Baca Juga: 8 Tips Membuat Konsumen Terkesan dengan Bisnis Online Anda

2Barang Tidak Memakan Banyak Tempat

gambar: west-coast-aesthetic.com

Pertimbangkan ukuran barang yang akan dijual. Jika Anda bisa menjual barang berukuran kecil, kenapa harus menjual barang yang besar? Alasannya karena barang yang memakan tempat akan mempersulit saat penyimpanan.

Tidak hanya itu, barang yang berukuran besar juga akan sulit saat pengiriman. Daripada Anda repot, lebih baik Anda mempermudah bisnis Anda dengan memasarkan barang yang tidak memakan tempat. Cari barang yang berukuran kecil atau sedang, tetapi banyak dicari orang dan menguntungkan.

Baca Juga: 6 Kesalahan Dalam Memulai Bisnis di Media Sosial

3Bukan Barang Musiman

Hindari menjual barang yang hanya akan laku di waktu tertentu. Kecuali Anda hanya menjalankan bisnis online sebagai usaha sampingan dan memanfaatkan kesempatan. Misalnya, menjual pernak-pernik pohon Natal di bulan Desember, menjual dekorasi imlek menjelang Tahun Baru Tionghoa, dan sebagainya.

Namun, jika Anda ingin membangun brand dengan identitas bisnis yang jelas, maka sebaiknya Anda fokus memasarkan jenis produk yang sama sepanjang tahun dan tidak musiman. Seperti barang kebutuhan pokok manusia yang pastinya akan dicari setiap hari oleh konsumen.

Baca Juga: Pastikan Hal Ini Ada Pada Website Bisnis Online Anda

4Barang Bersifat Tahan Lama

Sebaiknya Anda memasarkan produk yang ”abadi” atau sifatnya tahan lama. Nilai produk tidak akan berkurang walau sudah lama disimpan dan tidak laku. Seperti baju, aksesoris, buku, boneka, dan lain-lain.

Ini bisa jadi pilihan yang cocok bagi Anda yang ingin mengurangi risiko berbisnis. Jika bulan ini tidak laku, Anda masih bisa menjualnya di bulan-bulan berikutnya. Kapan saja Anda bisa terus memasarkannya, karena kondisi barang masih baik dan dapat digunakan oleh konsumen.

Baca Juga: 9 Bisnis Seleb Indonesia yang Bisa Anda Curi Idenya

Nah, itulah beberapa kriteria atau ciri-ciri produk yang bisa jadi referensi untuk Anda memulai bisnis online. Mulai pikirkan kira-kira barang apa yang cepat laku, tetapi tidak mudah pecah, tidak memakan banyak tempat, bukan barang musiman, dan bertahan lama.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (APR - %)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Total Bunga
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks


TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here