3 Manfaat Kritik dan Saran dari Pelanggan untuk Kemajuan Bisnis Anda – Menerima kritikan dengan lapang dada bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Tidak ada orang yang suka jika kesalahan dan kekurangannya diungkapkan.

Namun, dalam berbisnis Anda akan berhadapan dengan konsumen yang bersikap kritis. Mereka tidak akan diam saja jika produk dan pelayanan Anda mengecewakan.

Baca Juga: 5 Cara Jitu Mendapatkan Feedback Online dari Pelanggan

Apabila kritikan disampaikan secara baik-baik, tentu Anda akan lebih mengapresiasinya. Hanya saja, terkadang Anda akan bertemu dengan pelanggan yang emosional saat memberikan masukan sehingga membuat Anda sulit mengontrol diri.

Bagaimana pun cara pelanggan menyampaikan feedback atau umpan balik, Anda mesti sabar dan menyikapinya dengan bijaksana. Karena masukan dari pelanggan itu bermanfaat bagi kemajuan bisnis Anda, meskipun Anda mungkin akan tersinggung.

Baca Juga: 7 Cara Menyelesaikan Masalah dengan Pelanggan yang Sulit

Nah, berikut beberapa alasan kenapa saran dan kritik dari pelanggan itu dapat menguntungkan bagi kemajuan bisnis Anda.


3 Manfaat Kritik dan Saran dari Pelanggan

1Menyadari Masalah Lebih Cepat

cara menerima kritik dari orang lain
gambar: communitycare.co.uk

Pelanggan adalah kritikus yang jeli dalam melihat kekurangan. Mereka tak segan mengkritisi kesalahan sepele, apalagi kesalahan besar yang merugikan pasti akan mereka perkarakan.

Makanya, tidak mudah menerima komplain dari pelanggan yang beragam. Sekalipun itu hanya masalah kecil, tetap saja itu adalah sebuah masalah yang mesti dipertanggungjawabkan oleh Anda.

Namun, umpan balik negatif dari pelanggan tersebut, akan berguna untuk mendeteksi masalah lebih awal. Anda jadi tahu apa saja kekurangan produk atau pelayanan Anda yang mungkin tidak disadari oleh Anda dan tim Anda.

Oleh sebab itu, belajarlah berlapang dada dan terbuka dalam menerima masukan. Segera respons keluhan pelanggan dan carikan solusi terbaik untuk memperbaiki masalah.

Baca Juga: 8 Syarat Menjadi Wirausaha yang Wajib Dimiliki Agar Bisa Sukses

2Memperbaiki Kualitas Bisnis Anda

langkah mengatasi keluhan konsumen atau pelanggan
gambar: affirmx.com

Mungkin Anda menganggap produk Anda sudah berkualitas. Nyatanya, masih ada saja pelanggan yang tidak puas dan menyampaikan kekecewaannya.

Memang menangani pelanggan yang bersikap kritis itu merepotkan dan terkadang bisa membuat Anda merasa down. Namun, selalu ada hal positif di balik masalah pelanggan.

Anda akan lebih menyadari apa saja kekurangan dan kesalahan bisnis Anda. Anda akan lebih memahami sudut pandang pelanggan dan apa yang sebenarnya mereka butuhkan.

Maka dari itu, anggaplah kritikan sebagai pengingat untuk segera mengevalusi bisnis Anda. Perhatikan penyebab masalah dan carilah solusi yang tepat untuk memperbaiki kualitas bisnis Anda.

Baca Juga: 8 Cara Berkomunikasi yang Baik di Lingkungan Bisnis

3Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan

cara mendapatkan feedback online dari pelanggan

Kredibilitas bisnis tidak hanya dibangun dengan kualitas, tetapi juga dengan cara Anda mengatasi kekurangan dalam bisnis Anda. Niscaya, jika Anda dapat mengatasi kritik dan saran dari pelanggan dengan benar, kepercayaan pelanggan bisa meningkat.

Sebaliknya, jika Anda tidak menanggapi masalah dengan baik, pelanggan akan tetap marah dan tidak segan untuk memperbesar masalah. Akibatnya, banyak orang akan tahu permasalahannya dan membuat citra bisnis Anda tercoreng.

Maka dari itu, jangan anggap remeh setiap komplain dari pelanggan. Layanilah pelanggan secara profesional dalam kondisi rumit sekalipun, sehingga pelanggan yang kecewa tidak lagi marah dan tetap menaruh kepercayaan terhadap bisnis Anda.

Jadi, mari ciptakan pengalaman pelanggan yang berkesan untuk menjaga kepuasan pelanggan. Dengan begitu, pelanggan akan mengetahui bahwa Anda benar-benar serius dalam melayani mereka.

Baca Juga: 5 Alasan Program Loyalitas Mampu Meningkatkan Penjualan Anda


Nah, itulah manfaat kritik dan saran dari pelanggan yang bisa dirasakan jika Anda mampu menyikapi setiap umpan balik dengan baik dan benar.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.