10 Hal yang Menunjukkan Kualitas Karyawan di Tempat Kerja – Setiap pebisnis pasti ingin memiliki karyawan yang berkualitas. Karyawan yang kompeten dan dapat bekerja secara profesional dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas perusahaan.

Apapun bidang usaha Anda, karyawan berkualitas sangat penting agar setiap pekerjaan dapat terselesaikan dengan baik. Tidak hanya soal kemampuan kerja, tapi juga soal kemampuan bersosialiasi yang baik.

Baca Juga: 7 Perilaku Karyawan yang Perlu Diperhatikan Para Pebisnis

Nah, bagi para pebisnis, penting untuk menilai kompetensi karyawan Anda. Berikut beberapa hal yang perlu Anda perhatikan terkait ciri-ciri karyawan yang berkualitas.

10 Hal Ini Tunjukkan Kualitas Karyawan di Kantor

1Menunjukkan Passion Terhadap Pekerjaannya

Karyawan yang berkualitas akan menunjukkan passion terhadap pekerjaannya. Meskipun posisi yang dipegangnya mungkin belum sesuai harapannya, dia akan tetap bersemangat untuk bekerja. Dia memiliki motivasi yang tinggi untuk belajar hal-hal baru dan bangga dengan pekerjaannya.

Baca Juga: Jangan Asal Terima Tawaran Kerja! Ini 7 Karier yang Cocok untuk Ambivert

2Memiliki Integritas yang Tinggi

Sulit untuk menemukan orang yang berintegritas. Karyawan yang memiliki integritas tinggi akan bersikap baik di depan Anda maupun di belakang Anda. Dia tetap memberikan pekerjaan yang terbaik saat bersama Anda maupun saat tidak bersama Anda. Anda tidak perlu ragu dengan kewibawaan dan kejujurannya dalam bekerja.

3Berani Mengambil Inisiatif

Karyawan yang berkualitas tidak selalu bergantung pada Anda atau orang lain. Dia berani mengambil inisiatif pada hal-hal tertentu. Dia tahu apa yang harus dilakukannya tanpa harus disuruh terlebih dahulu. Bahkan dia bisa mengambil keputusan sendiri yang dianggap baik tanpa bantuan Anda.

Baca Juga: 5 Tips Mengatasi Karyawan Agar Mau Disiplin Dalam Bekerja

4Menjalankan Tugas dengan Baik

Kualitas karyawan dapat dilihat dari hasil kerjanya. Karyawan yang berkualitas tahu apa saja tanggung jawabnya dan berusaha memberikan yang terbaik. Dia tidak ingin mengecewakan Anda dan merugikan perusahaan, sehingga segala tugas akan dijalankan dengan baik dan selesai tepat waktu.

5Berwawasan Luas

Karyawan yang memiliki wawasan luas sangat diperlukan dalam perusahaan. Kecerdasannya menghasilkan ide-ide kreatif dan inovatif bagi kemajuan bisnis perusahaan. Dia punya pandangan yang jauh ke depan dan bisa mencari solusi yang tepat atas berbagai masalah.

Baca Juga: Ayo Tertawa, Ini 5 Manfaat Humor di Lingkungan Kerja

6Pandai Berkomunikasi

Kemampuan komunikasi itu penting dalam menjalin hubungan apapun, termasuk hubungan kerja. Karyawan yang pandai berkomunikasi tahu kapan harus berbicara dan kapan harus diam. Dia pandai menggunakan kata-kata yang tepat dan komunikatif dalam menyampaikan gagasan-gagasannya.

7Bisa Menjaga Hubungan Sosial

Karyawan yang berkualitas jarang mengalami masalah dengan orang lain. Jika ada konflik pun, dia akan segera mengatasinya. Hal ini penting karena karyawan akan bekerja dalam tim. Setiap orang di kantor akan saling membutuhkan dan melengkapi, sehingga hubungan sosial harus terus terjaga dengan baik.

Baca Juga: 6 Sikap Seorang Pemimpin Perusahaan yang Diharapkan Karyawan

8Bekerja Secara Produktif

Karyawan yang bekerja secara produktif bisa mengatur waktunya dengan baik. Dia pandai menentukan prioritas pekerjaan dan memprioritaskan hal yang penting. Dia tahu kapan harus mengerjakan sebuah tugas dan tidak menundanya. Waktu di tempat kerja akan digunakan secara bijaksana.

9Berorientasi pada Target

Perusahaan Anda pasti memiliki target dalam jangka pendek maupun panjang. Karyawan yang berkualitas akan bekerja dengan tujuan pribadi maupun perusahaan. Dia ingin mendapatkan hasil yang sesuai dengan target, sehingga akan terus meningkatkan kinerja agar dapat mencapai hasil yang optimal.

Baca Juga: 7 Ciri-Ciri Pemimpin yang Terampil Dalam Bisnis

10Loyalitas Terhadap Perusahaan

Kualitas karyawan dapat dinilai dengan melihat loyalitasnya. Anda jangan menyia-nyiakan karyawan yang setia pada perusahaan. Tidak hanya soal berapa lama dia bekerja dengan Anda, tapi juga bagaimana cara dia bekerja. Untuk itu, berdayakan karyawan di tempat kerja dengan baik agar dia merasa diperhatikan dan diperlukan dalam perusahaan.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.