8 Kutipan Kartini yang Bermakna Mendalam Bagi Pebisnis Wanita – Raden Adjeng Kartini atau Raden Ayu Kartini (R.A. Kartini) dikenal sebagai tokoh emansipasi wanita. Setiap tanggal 21 April, Indonesia memperingati jasanya dalam memperjuangkan kesetaraan gender bagi kaum perempuan.

Semasa hidupnya (21 April 1879 – 17 September 1904), Kartini yang berasal dari kalangan priyayi atau bangsawan Jawa ini, adalah sosok yang tegas dan mempunyai tekad yang kuat untuk mencapai keinginannya.

Melihat perempuan pribumi memiliki status sosial yang rendah di masyarakat, membuat wanita kelahiran Jepara ini berniat untuk memajukan derajat mereka melalui pendidikan. Beliau pun sempat mendirikan sekolah wanita di Rembang pada 1903.

Baca Juga: Para Pebisnis Wanita Bisa Lebih Sukses Jika Memiliki 5 Sifat Kartini Ini

Namun, usianya tak panjang. Beberapa hari setelah melahirkan Soesalit Djojoadhiningrat, anak dari hasil pernikahannya dengan Bupati Rembang, K.R.M. Adipati Ario Singgih Djojo Adhiningrat, Kartini akhirnya meninggal dunia.

Namun, surat-surat yang pernah ditulisnya kepada teman-temannya di Belanda, menjadi inspirasi hingga saat ini dan diterbitkan menjadi buku berjudul Habis Gelap Terbitlah Terang: Boeah Pikiran dan Habis Gelap Terbitlah Terang.

Nah, berikut kata-kata mutiara yang ditulis R.A Kartini yang dapat menjadi inspirasi bagi semua orang, termasuk bagi Anda wanita yang menjalani karier atau profesi di dunia bisnis.

Baca Juga: Mengenal Kartini Muljadi, Wanita Terkaya Kedua di Indonesia

8 Kutipan Kartini yang Menginspirasi Pebisnis Wanita

1“Kita harus membuat sejarah. Kita mesti menentukan masa depan yang sesuai dengan keperluan sebagai kaum perempuan dan harus mendapatkan pendidikan yang cukup seperti kaum laki-laki.”

gambar: intisari.grid.id

Wanita punya hak yang sama dengan pria untuk merencanakan masa depannya. Sekarang sudah bukan zamannya lagi jika hak kaum wanita untuk belajar dan mengejar tujuan hidupnya dibatasi. Jadi, buatlah sejarah hidup Anda sendiri dan jangan biarkan orang lain mengatur Anda harus menjadi apa.

Baca Juga: 6 Cara Berubah Menjadi Lebih Baik dalam Bisnis dan Kehidupan

2“Teruslah bermimpi, teruslah bermimpi, bermimpilah selama engkau dapat bermimpi. Bila tiada bermimpi, apakah jadinya hidup? Kehidupan yang sebenarnya kejam.”

gambar: kumparan.com

Hidup ini memang kejam. Dengan adanya mimpi, kekejaman dapat diredam. Sehingga bermimpilah untuk memiliki hidup yang lebih baik. Jika Anda ingin memulai bisnis, maka mulailah. Jangan takut bermimpi.

Baca Juga: Fakta Menarik Arini Saraswaty Subianto, Wanita Terkaya di Indonesia

3“Banyak hal yang bisa menjatuhkanmu. Tapi satu-satunya hal yang benar – benar dapat menjatuhkanmu adalah sikapmu sendiri.”

Twitter/@agnezmo

Ada berbagai faktor yang bisa membuat Anda jatuh. Namun, sikap buruk Anda yang paling berperan besar dalam kejatuhan hidup Anda sendiri. Untuk itu, jagalah sikap yang baik dalam kehidupan sehari-hari.

Baca Juga: Daftar Bisnis Online Milik Agnez Mo di Indonesia

4“Saat membicarakan orang lain Anda boleh saja menambahkan bumbu, tapi pastikan bumbu yg baik.”

Wanita kerap dianggap sebagai kaum yang suka bergosip, terutama saat sedang berkumpul. Namun, Kartini mengingatkan bahwa boleh saja membicarakan seseorang, tapi jangan menjelek-jelekkannya. Lebih baik Anda membicarakan hal yang positif pada diri orang lain.

Baca Juga: 6 Topik Pembicaraan yang Harus Dihindari di Tempat Kerja

5“Terkadang, kesulitan harus kamu rasakan terlebih dulu sebelum kebahagiaan yang sempurna datang kepadamu.”

gambar: forbes.com

Jangan patah semangat saat Anda menghadapi masa-masa sulit dalam kehidupan bisnis dan pribadi. Karena tidak ada kesusahan yang tak berakhir, dan terkadang masalah dalam hidup memang harus terjadi sebelum Anda merasakan kebahagiaan yang seutuhnya.

Baca Juga: Mau Sukses? Berhentilah Melakukan 5 Kesalahan Ini

6“Jangan pernah menyerah jika kamu masih ingin mencoba. Jangan biarkan penyesalan datang karena kamu selangkah lagi untuk menang.”

Kutipan Kartini ini mengajarkan bahwa apapun impian Anda, cobalah untuk mewujudkannya. Jangan pernah berhenti untuk berusaha, sekalipun Anda sempat gagal. Jangan sampai Anda malah menyesal di kemudian hari, padahal sebenarnya Anda sudah hampir dekat dengan kesuksesan.

Baca Juga: 3 Hal Penting Agar Anda Bisa Sukses dan Juga Bahagia

7“Tidak ada sesuatu yang lebih menyenangkan, selain menimbulkan senyum di wajah orang lain, terutama wajah yang kita cintai.”

Sebagai pebisnis, wanita menjalankan peran ganda di dalam rumah maupun di tempat kerja. Namun, kebahagiaan yang paling terasa ialah saat Anda dapat membuat orang-orang yang Anda sayangi tersenyum. Untuk itu, tetaplah memprioritaskan keluarga yang mengasihi Anda.

Baca Juga: Anak Anda Masih Kecil Tapi Mau Berbisnis? Coba Saja 5 Ide Bisnis untuk Anak Ini

8“Tetapi sekarang ini, kami tiada mencari penglipur hati pada manusia, kami berpegangan teguh-teguh pada tangan-Nya. Maka hari gelap gulita pun menjadi terang, dan angin ribut pun menjadi sepoi-sepoi.”

gambar: tribunnews.com

Kartini juga mengajarkan bahwa iman kepada Tuhan itu sangat penting. Untuk itu, tetaplah meminta pertolongan-Nya dalam hidup Anda. Niscaya, Tuhan akan membantu Anda untuk mengubah situasi yang buruk menjadi lebih baik.

Baca Juga: Anda Tidak Akan Sukses Jika Masih Melakukan 11 Hal Ini


Nah, itulah sejumlah quotes atau kutipan Kartini yang menjadi inspirasi bagi banyak orang. Terutama kaum wanita modern saat ini, Anda bisa menggunakan kata-kata bijak Kartini sebagai motivasi dalam memperjuangkan tujuan hidup Anda.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.