Kisah Liliane Bettencourt, Wanita Terkaya di Dunia dengan Harta Rp 500 Triliun – Liliane Bettencourt adalah perempuan paling kaya sedunia dengan harta mencapai USD 44 miliar atau sekitar lebih dari Rp 500 triliun.

Pewaris perusahaan kosmetik L’Oreal ini berada pada peringkat 14 dalam daftar orang terkaya di dunia pada tahun 2017 versi Forbes. Tak heran jika Liliane merupakan salah satu wanita paling berpengaruh di dunia.

Baca Juga: Fakta Menarik Tentang Arini Saraswaty Subianto, Wanita Terkaya di Indonesia

Namun, Liliane kurang mendapatkan sorotan oleh media sehingga sosoknya kurang terkenal. Jika Anda belum mengenalnya, berikut ini silakan simak sejumlah kisah Liliane semasa hidupnya.

Baca Juga: Jangan Mau Kalah dari Pria, Ini 5 Alasan Penting Kenapa Wanita Harus Berbisnis

Mengenal Liliane Bettencourt, Wanita Terkaya di Dunia

1Meninggal pada 2017

gambar: wsbuzz.com

Liliane Henriette Charlotte Bettencourt wafat pada tanggal 21 September 2017 di usia 94 tahun. Ia meninggal di kediaman pribadinya di Paris, Perancis.

Kabarnya, Liliane meninggal akibat penyakit demensia dan alzheimer yang sudah dideritanya sejak 2006. Itulah sebabnya ia meninggalkan jabatan direksi L’Oreal pada 2012 dan jarang terlihat di hadapan publik setelah itu.

Baca Juga: Ingin Menjadi Wanita Sukses dalam Bisnis? Ikuti 7 Tips Berikut Ini

2Kehidupan Pribadi

gambar: nytimes.com

Liliane Henriette Charlotte Bettencourt lahir pada tanggal 21 Oktober 1922 di Paris. Ia adalah anak tunggal dari pasangan Louise Madeleine Berthe dan Eugene Schueller, pendiri L’Oreal.

Ketika Liliane berusia 5 tahun, ibunya meninggal dunia. Sementara ayahnya meninggal pada 23 Agustus 1957, dan kemudian mewarisi perusahaan L’oreal kepadanya.

Baca Juga: 12 Ide Bisnis untuk Ibu Rumah Tangga dengan Modal Kecil dan Menjanjikan

Pada 1950, ia menikah dengan politisi bernama Andre Bettencourt, yang menjabat sebagai menteri kabinet di pemerintahan Perancis pada 1960-an dan 1970-an. Mereka memiliki seorang putri bernama Françoise Bettencourt Meyers.

Andre wafat pada 19 November 2007 di usia ke-88. Hingga akhir hayatnya, Liliane tidak menikah lagi dan tetap setia dengan janji pada suaminya.

Baca Juga: 4 Tips Sukses Berkarier di Industri Fashion dan Kecantikan ala Gigi Hadid

3Kepemimpinan di L’Oreal

gambar: fatherly.com

Pada umur 15 tahun, Liliane Bettencourt sudah magang di L’Oreal. Ia belajar mencampurkan kosmetik dan melabeli botol-botol sampo.

Setelah sang ayah meninggal, ia meneruskan kepemimpinan di L’Oreal dan menjadi pemegang saham utama. L’Oreal kemudian menjadi perusahaan go public dan menjual 50 persen sahamnya pada Nestle pada 1974.

Sejak saat itu perusahaan yang berdiri pada 1909 ini semakin dikenal oleh publik. Bahkan kini L’Oreal menjadi perusahaan terbesar ke-4 di Perancis dan salah satu perusahaan kosmetik terbesar di dunia.

Baca Juga: 5 Masalah Wanita dalam Berbisnis yang Kerap Jadi Penghambat untuk Sukses

Liliane memberikan kontribusi yang nyata bagi perkembangan L’Oreal hingga memiliki gerai di 130 negara. Perusahaan terus berinovasi dan memiliki lebih dari 500 hak paten terhadap produknya.

Sepeninggal Liliane, putrinya Francoise Bettencourt Meyers mewarisi 33 persen saham di L’Oreal. Keluarga pun menyatakan akan tetap berkomitmen untuk L’Oreal dan tim manajemennya di seluruh dunia.

Baca Juga: Begini Cara Pebisnis Pemula Menghilangkan Keraguan dalam Berbisnis

4Sosok yang Dermawan

gambar: clase.in

Semasa hidupnya, Liliane dikenal sebagai sosok yang dermawan. Melalui yayasan amal Bettencourt Schueller Foundation, Liliane dikabarkan menyumbangkan hampir separuh gajinya.

Yayasan ini membantu biaya pendidikan anak-anak yang kurang mampu, memberikan beasiswa bagi pengrajin berprestasi, mendorong wanita untuk mengejar ilmu pengetahuan, dan juga penelitian untuk pengembangan obat anti HIV/Aids.

Baca Juga: 6 Kebiasaan di Malam Hari yang Sebaiknya Dilakukan Pebisnis

Ternyata dibalik kekayaan dan kesuksesannya, Liliane Bettencourt peduli terhadap hidup orang lain. Tidak heran jika Liliane menjadi inspirasi bagi banyak pengusaha wanita di seluruh dunia.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Total Bunga
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.