4 Alasan Pentingnya Manajemen Keuangan untuk Bisnis Anda – Finansial atau keuangan merupakan salah satu unsur penting dalam mencapai tujuan bisnis. Tanpa pengelolaan keuangan yang baik dan benar, suatu bisnis dapat mengalami kekacauan dan akhirnya bangkrut. Itulah sebabnya setiap pengusaha harus memperhatikan manajemen keuangan perusahaannya.

Manajemen keuangan adalah pengelolaan fungsi-fungsi keuangan untuk mencapai tujuan bisnis perusahaan. Sejumlah kegiatan dalam manajemen keuangan secara garis besar berhubungan dengan aktivitas penggunaan dana, perolehan dana, dan pengelolaan aset.

Baca Juga: 3 Hal Penting Agar Anda Bisa Sukses dan Bahagia

Adapun fungsi utama manajemen keuangan meliputi perencanaan arus kas, penganggaran pendapatan dan belanja, pengendalian sistem keuangan, pemeriksaan keuangan agar tidak terjadi penyimpangan, dan juga pelaporan analisa keuangan.

Manajemen keuangan membantu Anda untuk mengukur dan menjaga agar kondisi keuangan perusahaan tetap sehat. Baik itu bisnis skala besar maupun skala kecil, semuanya perlu menerapkan manajemen keuangan secara baik sesuai kaidah standar akuntansi yang berlaku.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Buruk Pengusaha Dalam Mengelola Uang

Sebab manajemen keuangan punya peran yang besar dalam mempengaruhi semua aspek bisnis. Sekalipun perusahaan Anda dapat menjual dengan baik dan meraih banyak keuntungan, namun jika manajemen keuangannya buruk, maka ke depannya perusahaan Anda bisa berpotensi mengalami kegagalan.

Untuk itu, setiap pengusaha harus memperhatikan pengelolaan keuangan bisnisnya agar tidak mengalami masalah finansial yang berarti. Setidaknya, berikut ini ada 4 alasan penting mengapa Anda perlu memperhatikan penerapan manajemen keuangan dalam bisnis Anda.

4 Alasan Anda Perlu Menerapkan Manajemen Keuangan untuk Bisnis Anda

11. Mencermati Pengeluaran Modal

Ketika Anda ingin membeli aset yang menurut Anda akan berkontribusi dalam meningkatkan pendapatan, pastikan aset tersebut memang akan membawa keberuntungan. Jangan sampai Anda memaksakan untuk membeli aset bahkan sampai berutang, demi sesuatu yang nantinya tidak menghasilkan pendapatan yang berarti.

Baca Juga: 7 Cara Memasarkan Bisnis Anda Tanpa Perlu Modal Besar

Untuk itu, Anda perlu manajemen keuangan yang baik untuk mencermati setiap pengeluaran modal. Anda harus mempertimbangkan apakah modal yang dikeluarkan untuk membeli aset tersebut sebanding dengan apa yang akan dihasilkannya.

22. Mengatur Arus Kas

Manajemen keuangan membantu Anda dalam mengatur arus kas operasional bisnis Anda. Anda dapat membandingkan utang dan piutang yang akan jatuh tempo. Anda dapat mengatur kelancaran arus kas masuk dan keluar. Hal ini akan membuat Anda tetap memiliki kas yang cukup untuk menjalankan operasional bisnis.

Baca Juga: Bisnis Lebih Terarah, Pengusaha Harus Selalu Memperhatikan 4 Hal Ini

Dengan manajemen keuangan yang  baik, Anda akan selalu punya kas yang cukup untuk membayar biaya sewa kantor, membeli peralatan kerja, membayar internet, telepon, dan tagihan lainnya, serta menggaji karyawan setiap bulan. Semua biaya dapat dibayar tepat waktu, karena Anda tidak mengalami kesulitas keuangan.

33. Menekan Biaya

Manajemen keuangan dapat membantu Anda menekan biaya pengeluaran. Anda dapat menghemat tagihan listrik dengan mengurangi penggunaannya, Anda mungkin akan mengurangi jumlah karyawan demi efisiensi, Anda juga dapat bernegosiasi dengan vendor untuk meminta harga yang lebih rendah, dan sebagainya. Dengan demikian, Anda bisa menghemat pengeluaran untuk kepentingan lainnya.

44. Menghitung Pajak

Pembayaran pajak butuh perencanaan dan perhitungan yang baik. Sebagai pengusaha yang taat regulasi, pastinya Anda wajib membayar pajak secara rutin kepada pemerintah. Manajemen keuangan akan membantu Anda menghitung estimasi perpajakan sehingga Anda akan selalu punya dana yang dapat dialokasikan untuk membayar pajak tepat waktu. Hal ini akan mencegah pembayaran pajak yang telat dan sanksi berupa denda yang merugikan bisnis Anda.

Baca Juga: Tingkatkan Penjualan, Ikuti 5 Tips Menarik Minat Pembeli Online

Jadi, selalu pastikan bahwa Anda dan juga manager keuangan perusahaan Anda dapat menerapkan manajemen keuangan sebaik mungkin setiap saat. Dengan pengelolaan keuangan yang tepat, maka bisnis Anda pasti akan dapat terus beroperasi mengembangkan usahanya.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Total Bunga
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat & Ketentuan


TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here