Berlibur Itu Penting, Ini 7 Manfaat Liburan Bagi Pebisnis –¬†Kapan terakhir kali Anda berlibur? Apakah Anda terlalu sibuk untuk berlibur?

Terkadang, pebisnis tidak memanfaatkan hari libur dengan baik. Ada yang tetap bekerja dari rumah, karena masih ada pekerjaan yang harus diurus.

Baca Juga: Jangan Dilakukan! 5 Kegiatan Saat Weekend yang Tidak Baik Bagi Pebisnis

Bahkan ada yang pergi jalan-jalan, tapi masih membawa laptop untuk bekerja dari kamar hotel. Sehingga masa liburannya tidak dimanfaatkan dengan leluasa.

Jika Anda jarang berlibur, maka mulailah merencanakan liburan Anda. Sebab ada berbagai manfaat berlibur yang bisa Anda rasakan, seperti 7 hal berikut ini.

Baca Juga: 5 Tips Agar Aktivitas Kerja di Hari Jumat Tetap Produktif dan Menyenangkan


7 Manfaat Liburan Bagi Pebisnis

1Mengisi Ulang Energi

gambar: kashmirreader.com

Bekerja itu menguras tenaga. Walau mungkin sebagian besar waktu Anda dihabiskan di kantor dan duduk di meja kerja, tetap saja Anda akan merasa letih.

Dengan berlibur, Anda bisa memiliki banyak waktu untuk beristirahat. Anda berhenti sejenak dari rutinitas dan lebih banyak bersantai.

Energi Anda akan terisi kembali. Kesehatan fisik Anda pun akan lebih dapat terjaga.

Baca Juga: Anda Bosan di Kantor? Ini 5 Cara Mengatasi Kejenuhan dalam Bekerja

2Menyegarkan Pikiran

Pebisnis bekerja lebih lama dari kebanyakan orang. Memang bekerja keras itu penting, tapi produktivitas dalam jangka panjang dapat menyebabkan stres yang menumpuk.

Untuk itu, segarkan pikiran Anda. Hilangkan beban pikiran dengan berlibur ke tempat yang nyaman dan melakukan hal-hal yang menyenangkan.

Sehingga sehabis liburan pikiran Anda akan lebih jernih. Anda pun dapat lebih fokus untuk kembali bekerja.

Baca Juga: 6 Cara Ampuh Menghilangkan Pikiran Negatif yang Membuat Stres

3Waktu Terbaik untuk Orang Tercinta

Kesibukan membuat Anda tak punya banyak waktu untuk berkumpul dengan orang-orang tercinta. Anda pergi pagi dan pulang malam hampir setiap hari.

Saat weekend atau akhir pekan pun, Anda terkadang masih sering bekerja. Sehingga waktu berkualitas untuk keluarga atau pasangan menjadi berkurang.

Maka dari itu, hari libur adalah waktu terbaik untuk bersama orang-orang yang Anda cintai. Berliburlah dengan mereka untuk menciptakan memori indah bersama dan menjaga keharmonisan hubungan.

Baca Juga: Tips Mengurus Keluarga Sambil Menjalankan Usaha

4Merenungkan Hidup Anda

gambar: harvestraleigh.org

Saat libur panjang, Anda pasti punya waktu luang. Setelah pergi jalan-jalan atau bermain bersama keluarga, sediakan juga waktu untuk merenung.

Waktu liburan sangat baik untuk merenungkan hidup Anda. Anda bisa melakukan introspeksi, mencari solusi atas suatu masalah, merencanakan sesuatu, dan memikirkan masa depan Anda.

Pikiran Anda yang tenang ketika liburan akan sangat membantu untuk Anda merenung. Anda akan lebih mudah menemukan inspirasi-inspirasi baru dan memikirkan hal-hal yang positif untuk diri Anda.

Baca Juga: 9 Pertanyaan Penting Saat Melakukan Refleksi Diri

5Mengamati Dunia Luar

Manfaat liburan ke suatu tempat adalah untuk membuka wawasan Anda tentang dunia luar. Anda dapat melihat dunia yang berbeda dari yang selama ini Anda temui di lingkungan tempat tinggal dan bisnis Anda.

Untuk itu, pergilah ke daerah yang baru, entah itu di dalam negeri maupun di luar negeri. Lihatlah keindahan alam, budaya, dan penduduk lokal. Hidup Anda akan jadi lebih berwarna dan Anda akan memiliki banyak cerita menarik di hidup Anda.

Baca Juga: Mencari Rumah Sewa Saat Berlibur Itu Gampang, Ini 8 Tips yang Bisa Diterapkan

6Bertemu dengan Orang-orang Baru

Ketika liburan, Anda bisa bertemu dengan orang-orang baru dan berteman dengan mereka. Mungkin akan terasa canggung di awal, tapi suasana akan lebih mencair saat Anda mau memulai percakapan.

Anda tidak akan pernah tahu kapan Anda membutuhkan mereka. Mungkin suatu hari, kenalan baru Anda bisa menjadi orang yang penting dalam hidup Anda.

Baca Juga: 7 Contoh Pemimpin yang Memiliki Sikap Empati di Lingkungan Kerja

7Menjadi Contoh untuk Karyawan

gambar: holidify.com

Dengan pergi berlibur, Anda secara tidak langsung sedang menjadi contoh bagi karyawan tentang bagaimana caranya menjaga work-life balance.

Anda tidak membangun budaya kerja yang terlalu workaholic. Anda membiarkan karyawan untuk sama-sama menikmati liburannya di saat ada tanggal merah.

Karyawan Anda senang. Anda pun juga senang. Sehingga ketika hari libur telah usai, semuanya dapat kembali bekerja dengan semangat yang baru.

Baca Juga: 10 Kegiatan yang Berguna untuk Mengisi Waktu Luang Setelah Bekerja


Nah, itulah manfaat liburan bagi pebisnis. Anda pasti akan merasa lebih bahagia jika Anda bisa bersenang-senang setelah bekerja keras.

Jadi, ayo cek kalender dan atur jadwal liburan Anda. Nikmati kerja keras Anda dan sisihkan sebagian uang maupun waktu berharga Anda untuk pergi berlibur.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.