Wow! Ini 5 Manfaat Mengucapkan Terima Kasih yang Luar Biasa di Tempat Kerja – Saking sibuknya bekerja, Anda lupa satu hal penting yang seharusnya Anda lakukan setiap hari. Apakah hal itu? Ya, berterima kasih.

Tahukah Anda, sudah banyak studi yang menunjukan bagaimana efek dari mengucapkan rasa terima kasih di tempat kerja. Hasilnya ungkapan syukur memiliki dampak yang luar biasa baik untuk bisnis.

Baca juga: Ayo Tertawa, Ini 5 Manfaat Humor di Lingkungan Kerja

Oleh karena itu, jangan pernah merasa sungkan. Ajaklah diri Anda dan rekan-rekan kerja Anda untuk membiasakan diri mengucapkan syukur setiap hari. Meski untuk hal-hal kecil sekalipun. Sebab, Anda bisa mendapatkan 5 manfaat di bawah ini.


Jangan Malas, Ini 5 Manfaat Mengucapkan Terima Kasih yang Luar Biasa

1Ucapan syukur meningkatkan performa karyawan

Manfaat mengucapkan terima kasih yang pertama adalah adanya keeratan hubungan antar-tim. Mengucapkan syukur menjadi cara paling efektif untuk mempertahankan tim dengan performa terbaik, agar tetap bekerja dengan maksimal dalam mengembangkan bisnis.

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan oleh Journal of Psychological Science, ungkapan syukur memiliki pengaruh positif dalam hubungan antara para karyawan.

Baca juga: 6 Topik Pembicaraan yang Harus Dihindari di Tempat Kerja

Ketika karyawan merasa pekerjaan mereka dihargai dan mereka dipercaya oleh atasan, mereka akan menjadi lebih setia pada perusahaan. Mereka juga akan lebih termotivasi untuk bekerja dan melakukan tanggung jawab sebisa mungkin.

2Menambah empati dan kemampuan menyelesaikan masalah

Empati dan kerja sama mungkin terdengar seperti dua poin berbeda, padahal keduanya serupa dan saling berkaitan.

Sebuah studi yang dilakukan Social Psychological and Personality Science menemukan bahwa ungkapan syukur adalah sesuatu yang menular.

Baca juga: 10 Contoh Bos yang Dibenci Karyawan di Kantor

Ketika Anda mengucapkan terima kasih kepada karyawan, mereka akan merasa bahwa Anda adalah orang yang responsif dan perhatian. Hal tersebut akan mendorong mereka untuk lebih concern terhadap Anda dan perusahaan.

Baca juga: 6 Tanda Bahwa Anda Punya Bakat Menjadi Entrepreneur Sukses

Begitu juga ketika karyawan terjerumus ke dalam kebiasaan baik untuk mengucapkan terima kasih satu sama lain, perilaku tidak menyenangkan atau percekcokan di dalam tim pun dapat terhindari.

Sebaliknya, karyawan tidak akan membalas ketika mereka mendapat umpan balik yang kurang menyenangkan. Malah, mereka bekerja sama untuk memecahkan suatu masalah.

3Meningkatkan harga diri

Berdasarkan sebuah studi di Journal of Applied Sport Psychology, dapat diketahui bahwa para atlet yang mengungkapkan rasa syukur mendalam kepada pelatih mereka mampu meningkatkan harga diri.

Baca juga: 7 Cara Memperkuat Branding Bisnis Anda pada Tahun 2018

Sama halnya ketika berada di dalam perusahaan. Saat Anda berterima kasih kepada para karyawan setiap hari, mereka akan menjadi lebih bersyukur atas kesempatan untuk bekerja di perusahaan yang mengapresiasi dan menghargai pekerjaan mereka.

Hal tersebut pun akan meninggikan harga diri dan meningkatkan performa secara keseluruhan.

Baca Juga: 7 Tips Kepemimpinan yang Baik Dalam Lingkungan Bisnis

Karyawan Anda pun akan menghadapi klien dengan perilaku yang lebih positif. Alhasil, mereka pun bisa menyelesaikan masalah dengan baik di pekerjaan mereka.

4Mengurangi stres

Anda pasti setuju, bekerja adalah salah satu penyebab utama stres, meski Anda mencintai pekerjaan Anda. Kelihatannya, selalu ada tantangan dan masalah baru yang harus diselesaikan.

Stres bisa memengaruhi kinerja Anda di kantor dan pastinya Anda tetap ingin bekerja secara efektif, kan?

Baca juga: Meski Penuh Tekanan, Ini 4 Tips Agar Berbisnis Lebih Menyenangkan

Faktanya, ungkapan syukur adalah alat terbaik untuk menghadapi stres. Ketika merasa bahwa Anda adalah karyawan yang berharga di suatu perusahan, Anda akan bisa menyelesaikan tanggung jawab atau membuat keputusan lebih bijaksana.

5Membuat Anda tetap sehat

Kesehatan menjadi isu penting yang perlu diperhatikan. Namanya juga manusia, pasti bisa terserang sakit kapan saja. Untuk pulih dari sakit dan kembali ke kantor, pastinya butuh waktu, bukan?

Namun, pikirkanlah, bagaimana bila Anda mampu menciptakan lingkungan kerja yang mengkedepankan kesehatan? Caranya murah, kok. Ekspresikan saja rasa syukur Anda setiap hari.

Baca juga: Ternyata 6 Hal Ini yang Paling Ditakutkan Para Founder Startup

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan Personality and Individual Differences, salah satu manfaat mengucapkan terima kasih yang luar biasa adalah karena bisa membuat seseorang tetap sehat.

Alasannya, orang yang bersyukur akan lebih banyak berolahraga, makan makanan sehat, juga senantiasa memerhatikan kesehatan.

Wah, menarik, ya! Sudahkah Anda bersyukur hari ini?


6Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (APR - %)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Total Bunga
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks


TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here