8 Masalah dalam Kepemimpinan yang Kerap Terjadi – Sebagai pemimpin, Anda mengemban tanggung jawab yang besar untuk mengelola dan mengembangkan bisnis.

Namun, seorang pemimpin adalah manusia biasa yang tidak luput dari kesalahan. Anda memiliki sejumlah kekurangan yang dapat menjadi penyebab masalah dalam berbisnis.

Baca Juga: Begini Cara Mengukur Kesuksesan Perusahaan Anda

Maka dari itu, supaya Anda bisa lebih baik dalam memimpin, Anda harus selalu memperbaiki diri. Dengan begitu, kemampuan kepemimpinan Anda bisa terus mengalami peningkatan.

Nah, berikut beberapa masalah kepemimpinan yang perlu Anda perhatikan.


8 Masalah dalam Kepemimpinan Bisnis

1Visi yang Kurang Jelas

Apa visi bisnis Anda? Anda harus menetapkan visi jangka panjang dan memastikan tim Anda juga memegang visi yang sama.

Dengan adanya visi yang sudah jelas, Anda bisa merencanakan langkah-langkah ke depan dengan penuh pertimbangan yang tepat. Tujuan bisnis bisa tercapai dengan baik, sehingga bisnis bisa mengalami kemajuan secara berkelanjutan.

Baca Juga: 9 Keuntungan Menjadi Wirausaha yang Perlu Diketahui

2Takut Gagal

gambar: acumen.sg

Seorang pemimpin harus berani mengambil keputusan dan menanggung risikonya. Butuh tekad yang bulat untuk memulai sesuatu dan mengakhirinya dengan baik.

Namun, jika Anda takut dengan kegagalan, Anda akan terus berada dalam zona nyaman. Bisnis Anda tidak akan bisa mengalami kemajuan yang berarti, karena kekhawatiran tidak akan memaksimalkan usaha Anda.

Baca Juga: 6 Tips Mengatasi Sikap Pesimistis dalam Berbisnis

3Eksekusi yang Buruk

Percuma punya strategi-strategi bisnis yang sudah terencana dengan baik, tapi eksekusinya buruk. Sebab, hasil yang dicapai tidak akan bisa sesuai dengan target yang diharapkan.

Maka dari itu, Anda perlu cermat dalam melakukan setiap pekerjaan. Terus tingkatkan kemampuan Anda dan juga tim Anda dalam bekerja, sehingga setiap rencana bisa dijalankan dengan benar.

Baca Juga: Kiat-Kiat untuk Mempertahankan Pertumbuhan Bisnis

4Manajemen Waktu yang Buruk

Tanda-tanda Anda memiliki manajemen waktu yang buruk adalah Anda kerap terlambat, menunda-nunda pekerjaan, dan tidak dapat menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan deadline.

Jika Anda mengalaminya, Anda perlu memperbaiki cara Anda dalam menggunakan waktu. Ingat, waktu itu sangat berharga. Uang yang hilang bisa dicari lagi, tapi detik yang telah berlalu, tidak akan pernah dapat kembali.

Baca Juga: 4 Hal yang Bisa Menimbulkan Kebosanan dalam Bekerja

5Kurang Pandai Berkomunikasi

Sekalipun Anda adalah seorang introvert, Anda dituntut untuk dapat membangun komunikasi yang baik di lingkungan bisnis. Anda tidak boleh berdiam diri saja dan tidak mau bersosialisasi.

Sebab, akan ada banyak masalah jika Anda kurang pandai berkomunikasi. Contohnya, bisa terjadi miss communication dengan tim Anda sendiri, dan Anda kesulitan dalam membujuk konsumen untuk membeli produk Anda.

Baca Juga: 5 Keterampilan Komunikasi yang Perlu Dipahami Setiap Pembicara

6Menghindari Konflik

gambar: theconversation.com

Menghindari konflik bisa menjadi suatu masalah dalam kepemimpinan. Misalnya, Anda enggan menegur kesalahan karyawan dan tidak mau memarahi karyawan yang bermasalah gara-gara dia adalah orang yang cukup dekat dengan Anda.

Memang benar bahwa Anda tidak perlu membesarkan masalah, tapi bukan berarti Anda malah lari dari masalah. Anda tidak boleh membiarkan masalah, sekecil apapun itu. Namun, segera bereskan agar tidak semakin menjadi-jadi.

Baca Juga: Tips Agar Hubungan Anda dengan Partner Bisnis Tetap Terjaga

7Kesalahan Kaderisasi

Anda harus dapat membentuk pemimpin-pemimpin baru atau melakukan kaderisasi. Misalnya, Anda tentu membutuhkan sejumlah supervisor atau manajer. Mereka perlu Anda latih agar mampu membantu Anda dalam memimpin anak buah.

Maka dari itu, pastikan Anda memilih orang yang tepat saat melakukan promosi jabatan. Pilihlah orang yang memiliki kompetensi dan karakter yang lebih baik dari karyawan lain.

Baca Juga: 4 Langkah Menjadi Bos yang Baik Agar Karyawan Betah Bekerja

8Tidak Rendah hati

gambar: pravsinfotech.com

Ketika Anda berada pada level yang tinggi, apalagi saat bisnis Anda sedang sukses, ego terkadang bisa muncul dan membuat Anda menjadi sombong. Anda malas mendengarkan masukan, meremehkan orang lain, dan selalu merasa yang paling benar.

Padahal, tidak selamanya Anda bisa berada dalam kondisi yang baik. Kesombongan akan membuat Anda lupa mengevaluasi diri dan hal tersebut bisa menjatuhkan Anda sewaktu-waktu.

Baca Juga: 10 Faktor yang Bisa Menyebabkan Perusahaan Bangkrut


Nah, itulah sejumlah masalah dalam kepemimpinan yang kerap terjadi. Semoga dapat menjadi perhatian Anda, sehingga Anda dapat terus memperbaiki cara Anda dalam memimpin dan mengelola bisnis Anda.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.