5 Masalah Wanita dalam Berbisnis yang Kerap Jadi Penghambat untuk Sukses – Wanita memiliki kemampuan alami yang berguna dalam menjalankan bisnis. Wanita cenderung lebih hebat dalam membangun koneksi, pandai melakukan negosiasi, dan bisa melakukan pekerjaan secara multitasking.

Namun, pebisnis wanita menghadapi tantangan tertentu yang tidak dialami oleh pebisnis pria. Mulai dari masalah mental hingga isu gender yang kerap membuat wanita sulit untuk mengembangkan karir sebagai pengusaha sukses.

Baca Juga: Jangan Mau Kalah dari Pria, Ini 5 Alasan Penting Kenapa Wanita Harus Berbisnis

Perjuangan wanita dalam berbisnis memang berat. Akan tetapi, selalu ada cara untuk mengatasi setiap masalah yang menghalangi kesuksesan bisnis Anda.

5 Masalah Wanita dalam Berbisnis dan Cara Menghadapinya

1Terlalu Memakai Perasaan

Wanita cenderung bersikap emosional. Perasaan yang berlebihan dapat membuat wanita menjadi labil dalam menjalankan pekerjaan. Apalagi jika bisnis sedang bermasalah, wanita akan lebih mudah goyah.

Solusinya, wanita harus belajar mengendalikan diri saat menghadapi masalah. Coba tenang dan berpikir dengan matang sebelum mengambil keputusan dan bertindak. Jagalah mood Anda dan kuatkan mental entrepreneur Anda.

Baca Juga: Ingin Menjadi Wanita Sukses dalam Bisnis? Ikuti 7 Tips Berikut Ini

2Lebih Takut Gagal

foto: linkedin.com

Masyarakat masih banyak yang belum memberikan kebebasan bagi wanita untuk menjalankan kehidupannya. Tuntutan sosial kerap membuat wanita penuh dengan kekhawatiran. Seperti tuntutan untuk cepat menikah dan memiliki anak, serta menjadi ibu rumah tangga.

Akibatnya, wanita menjadi lebih takut gagal jika memulai bisnis. Namun, jangan dengarkan semua omongan orang lain. Abaikan saja tudingan negatif dan tetaplah bekerja keras untuk membuktikan kemampuan Anda.

Baca Juga: Mau Sukses? Berhentilah Melakukan 5 Kesalahan dalam Bisnis Ini

3Sulit Bagi Waktu antara Bisnis dengan Keluarga

Bagi wanita yang telah menikah dan memiliki anak, Anda akan kesulitan membagi waktu antara bisnis dengan keluarga. Menjalani banyak peran sekaligus sebagai istri, ibu, dan pebisnis membuat Anda sangat sibuk.

Jika terlalu fokus di bisnis, hubungan keluarga bisa jadi tidak harmonis. Keluarga adalah prioritas utama Anda, tapi bisnis Anda sangat penting untuk diperhatikan. Untuk itu, aturlah waktu Anda dan disiplin supaya Anda dapat menjalankan semua tanggung jawab dengan baik.

Baca Juga: 12 Ide Bisnis untuk Ibu Rumah Tangga dengan Modal Kecil dan Menjanjikan

4Merasa Tidak Sekuat Pria

Masalah wanita dalam berbisnis adalah kurang percaya diri. Wanita terkadang menganggap dirinya lebih lemah daripada pria. Secara fisik, mungkin benar. Namun, kemampuan berbisnis belum tentu.

Apapun bisnis Anda, sebagai wanita Anda harus meningkatkan kepercayaan diri. Belajarlah dari para pebisnis dan pemimpin wanita dunia yang telah membuktikan bahwa wanita tidak kalah tangguh dari pria.

Baca Juga: 4 Strategi Menjalankan Bisnis Cerdas ala Kylie Jenner

5Kurang Mendapatkan Respek dari Pria

gambar: theconversation.com

Masih ada sejumlah pria yang masih memandang wanita sebelah mata dan sulit memberikan respek. Diskriminasi gender membuat wanita terkadang diperlakukan berbeda dalam pekerjaan dan hal lainnya.

Solusinya, hindari untuk bekerja sama dengan orang-orang yang memandang rendah Anda karena masalah jenis kelamin. Bergabunglah dengan komunitas bisnis dan lembaga wanita untuk mendapatkan dukungan.

Baca Juga: 4 Alasan Pebisnis Muda Membutuhkan Mentor Bisnis


Nah, itulah masalah-masalah wanita dalam berbisnis yang kerap menghambatnya untuk sukses. Namun, ingatlah bahwa perempuan dan lak-laki memiliki derajat yang sama di dunia bisnis. Sudah banyak wanita yang menjadi pengusaha atau memiliki jabatan tinggi di perusahaan. Jadi, optimislah bahwa Anda juga bisa sukses seperti mereka.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.