7 Cara Melatih Kedisiplinan Diri dalam Bekerja – Anda dan setiap orang dalam tim Anda harus memiliki disiplin diri.

Sikap disiplin akan mempengaruhi kesuksesan dalam berbisnis. Kedisiplinan yang Anda terapkan akan membuat Anda memiliki pola kerja yang teratur, sehingga dapat memberikan hasil kerja yang positif.

Baca Juga: 8 Masalah dalam Kepemimpinan yang Kerap Terjadi

Namun, Anda perlu melatih diri supaya bisa menjadi orang yang disiplin setiap saat. Kebiasaan disiplin dalam bekerja perlu terus dibentuk karena kedisiplinan berperan penting dalam menciptakan masa depan yang gemilang.

Nah, supaya Anda bisa menerapkan kedisplinan diri, cobalah terapkan hal-hal berikut ini setiap hari.


7 Cara Melatih Kedisiplinan Diri dalam Bekerja

1Membuat Jadwal Harian

Buatlah jadwal kerja dan juga jadwal aktivitas Anda lainnya. Jadwal kegiatan sehari-hari akan membantu Anda untuk hidup secara teratur dan mengutamakan hal-hal yang penting.

Anda bisa membuat jadwal harian mulai dari merencanakan jam bangun pagi sampai jam tidur di malam hari. Pastikan Anda menyusun jadwal sesuai prioritas agar semua pekerjaan dapat terselesaikan dengan baik dan tidak ada waktu yang terbuang percuma.

Baca Juga: Kiat-Kiat untuk Mempertahankan Pertumbuhan Bisnis

2Menetapkan Target Kerja

tujuan bisnis

Anda harus menentukan target yang ingin dicapai. Tetapkan target jangka pendek dan juga jangka panjang agar fokus Anda selalu mengarah ke masa depan.

Dengan memiliki target kerja, Anda tahu apa yang harus Anda kerjakan. Anda bisa termotivasi untuk terus berusaha sepenuh hati, karena selalu ada tujuan di balik setiap hal yang dikerjakan.

Baca Juga: 9 Keuntungan Menjadi Wirausaha yang Perlu Diketahui

3Tahan Godaan dan Tetap Fokus

media sosial twitter

Ada banyak hal yang dapat membuat pikiran Anda tidak dapat fokus bekerja. Jika ada hal yang mudah mengganggu perhatian Anda, sebaiknya Anda mengabaikannya selama jam kerja.

Misalnya, Anda log-out semua akun media sosial saat di kantor agar Anda tidak tergoda bermain media sosial saat bekerja. Jauhkan segala godaan yang akan membuat Anda menunda atau lambat dalam menyelesaikan pekerjaan.

Baca Juga: Anda Bisa Melawan Rasa Malam Bekerja dengan 5 Cara Ini

4Bangkit dari Keterpurukan

Masalah dapat membuat Anda terpuruk dan malas untuk melakukan apapun. Namun, Anda tidak bisa kompromi dalam menjalankan tanggung jawab dan harus tetap profesional di tempat kerja.

Maka dari itu, jika Anda sedang memiliki masalah yang membuat mental Anda down, segeralah bangkit. Anda harus move on, sehingga Anda bisa kembali produktif dan hidup secara teratur.

Baca Juga: 5 Tips Supaya Anda Bisa Lebih Sabar dalam Bekerja

5Miliki Rekan yang Mengingatkan Anda

manfaat semangat dalam bekerja

Jika Anda menanggung beban kerja seorang diri, ada kalanya Anda akan sangat kesulitan untuk disiplin. Makanya, Anda perlu menceritakan masalah pekerjaan kepada rekan kerja Anda.

Keberadaan tim Anda sangat penting untuk mengingatkan Anda untuk tetap fokus terhadap prioritas dan target kerja. Mereka dapat membantu Anda untuk dapat bekerja dengan baik dan menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan tenggat waktu.

Baca Juga: Lakukan 6 Hal Ini untuk Memuaskan Pelanggan Bisnis Anda

6Berpikir Positif Setiap Saat

cara membangun pikiran positif
gambar: smallbiztrends.com

Saat melatih kedisiplinan diri, Anda sedang membangun kebiasaan baik dalam hidup Anda. Kebiasaan yang baik bisa dibentuk jika Anda selalu belajar berpikir positif, termasuk saat kondisi sedang tidak baik.

Dengan berpikir positif setiap saat, Anda akan lebih mampu menyemangati diri untuk terus percaya dengan mimpi Anda. Sehingga Anda pun akan termotivasi untuk tetap disiplin dan menikmati proses dalam berbisnis.

Baca Juga: 6 Tips Mengatasi Sikap Pesimistis dalam Berbisnis

7Jaga Kesehatan Diri

ayo berolahraga, ini manfaat olahraga bagi pebisnis

Percuma jika Anda punya niat yang besar untuk selalu produktif, tapi Anda sering sakit-sakitan. Hal tersebut malah membuat Anda tidak dapat bekerja secara maksimal dan menghasilkan pencapaian.

Maka dari itu, jagalah kesehatan diri setiap hari. Miliki pola hidup yang sehat dengan mengonsumsi makanan yang bergizi dan rajin berolahraga.

Baca Juga: 5 Cara Mengukur Kesuksesan Perusahaan Anda


Nah, itulah cara melatih kedisiplinan diri dalam bekerja. Semoga tips di atas dapat diterapkan untuk membangun sikap disiplin dalam diri Anda dan juga tim Anda.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.