7 Tips Melupakan Masa Lalu yang Buruk dan Penuh Kegagalan – Semua orang yang menjalankan bisnis pernah mengalami kegagalan, tetapi tidak semuanya bisa cepat “move on” dan melupakannya.

Jika Anda ingin sukses dalam berbisnis, Anda pasti akan melalui banyak tantangan. Tidak mungkin perjalanan bisnis Anda mulus-mulus saja tanpa rintangan sama sekali.

Masalahnya, jika bisnis Anda sampai gagal, bisakah Anda menerimanya? Terutama jika Anda pernah gagal berkali-kali, pasti akan ada trauma yang membuat Anda terpuruk hingga menjadi sangat takut untuk mencoba berbisnis lagi.

Baca Juga: 6 Tanda Anda Punya Bakat Menjadi Entrepreneur Sukses

Memang tidak mudah untuk melepaskan diri dari bayangan kegagalan masa lalu. Hal-hal buruk yang pernah terjadi pada Anda pasti akan sangat membekas dalam ingatan.

Namun, sesulit apapun masalah hidup Anda, percayalah Anda bisa kembali bangkit. Hanya saja, itu tergantung bagaimana cara Anda dalam menyikapi setiap masalah yang ada.

Baca Juga: Cara Mengatasi Sikap Pesimistis dalam Berbisnis

Nah, berikut hal-hal yang sebaiknya dilakukan agar Anda dapat menata masa depan setelah mengalami kegagalan.


7 Tips Melupakan Masa Lalu Bisnis yang Gagal

1Menerima Masa Lalu yang Tidak Bisa Diubah

tips agar anda bisa bangkit dari kegagalan bisnis

Anda tidak bisa memutar kembali waktu dan mengubah segala hal buruk yang sudah terjadi. Kesalahan atau kekurangan di masa lalu tidak bisa diperbaiki lagi.

Namun, Anda masih bisa mengubah cara pandang Anda terhadap masa lalu. Coba ambil hikmah dari kegagalan, walaupun mungkin sulit bagi Anda untuk berpikiran positif.

Akan tetapi, hanya itu yang sebaiknya Anda lakukan untuk dapat berdamai dengan masa lalu, sehingga Anda bisa terus melanjutkan hidup dengan pengharapan yang baru.

Baca Juga: 8 Syarat Menjadi Wirausaha yang Wajib Dimiliki

2Jangan Malu dan Selalu Menyendiri di Rumah

cara anda menyikapi kegagalan bisnis akan menentukan kesuksesan

Saat bisnis Anda gagal, Anda tidak punya kesibukan seperti biasanya. Tidak ada lagi pekerjaan yang harus dikerjakan, karena usaha Anda sudah berhenti.

Hal ini tidak hanya membuat Anda sedih, tapi juga minder. Seolah-olah Anda adalah orang yang paling gagal di dunia ini, apalagi saat Anda melihat orang-orang di sekitar Anda memiliki hidup yang lebih baik.

Namun, pikiran negatif itu tidak benar. Anda memang gagal, tapi Anda jangan mengasihani diri secara berlebihan. Semua orang pernah mengalaminya, jadi jangan menyendiri terus di rumah karena merasa malu.

Baca Juga: Setelah Pulang Kerja, Lakukan 7 Aktivitas Ini di Rumah

3Lakukan Kegiatan untuk Menenangkan Diri

berdoa pada tuhan

Setiap orang punya cara masing-masing untuk menenangkan diri. Temukan cara yang paling bikin Anda nyaman dan lakukan itu saat Anda sedang stres akibat memikirkan kegagalan.

Misalnya, jika Anda orangnya religius, Anda bisa mengambil waktu untuk lebih banyak berdoa dan menjalankan ibadah sesuai agama Anda. Atau, jika Anda tertarik untuk yoga atau meditasi, lakukanlah itu untuk menenangkan diri.

Apapun aktivitas yang dapat membuat Anda merasa lebih baik, maka itu perlu dilakukan secara berkala. Dengan begitu, pikiran dan perasaan Anda yang kacau bisa berangsur pulih.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Buruk Pengusaha dalam Mengelola Uang

4Ceritakan Masalah pada Orang yang Dipercaya

cara menjadi pendengar yang baik untuk karyawan

Jangan menyimpan masalah sendirian. Manusia adalah makhluk yang membutuhkan orang lain agar dapat bertahan.

Memiliki teman berbagi dapat membuat Anda merasa lebih baik. Perhatian dari orang lain itu akan membuat hati menjadi lebih tenang.

Terkadang, orang lain pun bisa memberikan solusi yang selama ini tidak terpikirkan oleh Anda. Maka dari itu, ceritakan masalah Anda pada orang yang Anda percaya, seperti keluarga dan sahabat terdekat.

Baca Juga: Cara Jitu Menghadapi Situasi Keuangan yang Memburuk

5Evaluasi Diri dan Belajar dari Kegagalan

hal yang menyebabkan kegagalan pebisnis pemula

Apa saja yang menyebabkan bisnis Anda gagal? Anda harus menguliknya agar Anda tahu semua kesalahan dan kekurangan yang terdapat dalam bisnis Anda.

Mungkin penyebab kegagalan adalah produk Anda yang tidak unik, sehingga sulit bersaing bersaing dengan bisnis lain yang telah hadir lebih dulu. Evaluasilah setiap kelemahan agar Anda bisa belajar dari kegagalan.

Dengan begitu, Anda bisa menjadikan kegagalan sebagai pengalaman paling berharga untuk membantu Anda memperbaiki diri, sehingga ke depannya Anda bisa memulai bisnis baru yang jauh lebih baik.

Baca Juga: 7 Kesalahan Bisnis Online dalam Menggunakan Instagram

6Rencanakan Masa Depan yang Baru

tak ada bakat berbisnis bukan alasan untuk tidak sukses

Untuk melupakan masa lalu, Anda harus merencanakan masa depan yang baru. Bisnis lama yang gagal ditinggalkan dan siapkanlah bisnis yang baru.

Pikirkan baik-baik setiap hal yang direncanakan. Pastikan persiapan bisnis benar-benar lebih matang daripada sebelumnya, karena Anda tentu tidak akan mau mengalami kegagalan lagi.

Tak masalah jika harus mengambil waktu yang lebih panjang untuk menyiapkan bisnis baru Anda. Sebab yang terpenting, Anda serius untuk memulai berbisnis kembali.

Baca Juga: 4 Tips Menjalin Cinta Ini Bisa Diterapkan dalam Memulai Usaha

7Jalankan Apa yang Sudah Direncanakan

tips sukses merintis bisnis bagi pemula - menunda pekerjaan

Percuma jika Anda sudah punya rencana, tapi tidak diwujudkan karena merasa ragu. Ketakutan untuk gagal lagi pasti masih ada, tapi satu-satunya cara untuk melawannya ialah dengan memulai bisnis Anda.

Oleh sebab itu, jalankan setiap rencana bisnis Anda. Singkirkan ketidakpercayaan diri karena pengalaman buruk di masa lalu.

Sebab, jika kemarin Anda gagal, bukan berarti hari ini dan esok Anda akan terus gagal. Masih ada kesempatan untuk menata masa depan dan meraih kesuksesan yang diimpikan.

Baca Juga: 10 Jurus Sukses dalam Menjalankan Bisnis


Nah, itulah tips melupakan masa lalu yang buruk dan penuh kegagalan. Semoga dapat memotivasi Anda yang sedang berjuang untuk menjadi pengusaha sukses.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.